Bangun Rumah Murah, Pengembang Dapat Kemudahan

Anto Erawan18 Jun 2015

RumahCom – Guna mendorong pengembang berpastisipasi aktif dalam menyukseskan program sejuta rumah, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan memberikan beberapa insentif kepada para pengembang.

Insentif tersebut diberikan melalui kemudahan perizinan, serta bantuan sarana, prasarana, dan utilitas, seperti jalan, saluran air, dan listrik sehingga harga jual rumah tidak terlalu tinggi.

Dalam siaran pers yang diterima Rumah.com, Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin menerangkan, pihaknya menyadari bahwa pengembang perlu keuntungan dalam menjalankan usahanya.

“Namun demikian, apabila pengembang tidak dapat memenuhi pasokan rumah, sedangkan kebutuhan rumah semakin meningkat, tentunya hal itu juga akan menambah persoalan di sektor perumahan,” jelasnya.

Dia menguraikan, saat ini backlog (kekurangan kebutuhan) rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) berdasarkan data dari BPS berjumlah 13,5 juta unit dan meningkat 800 ribu unit setiap tahunnya.

Terkait pelaksanaan program sejuta rumah yang telah dicanangkan Presiden beberapa waktu lalu, Syarif menjelaskan, program tersebut masih berjalan dengan baik.

“Pembangunan sejuta rumah ini tersebar di seluruh wilayah Indonesia namun disesuaikan dengan kebutuhan rumah masyarakat yang ada di masing-masing daerah. Kami berharap dukungan dari semua pihak baik Pemda, pengembang dan masyarakat untuk ikut mensukseskan Program Sejuta Rumah Untuk Rakyat ini,” harapnya.

Anto Erawan
Penulis adalah editor Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke:antoerawan@rumah.com atau melalui Twitter: @AntoSeorang

Foto: Anto Erawan

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Sukseskan Program Sejuta Rumah, Pemda Wajib Beri Keringanan IMB

RumahCom – Guna menyukseskan Program Satu Juta Rumah, pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) akan merevisi beberapa peraturan. Salah satunya Peratur

Lanjutkan membaca23 Apr 2015

Di China, Rumah Tipe 36 Dibangun Hanya Satu Hari!

RumahCom – Program sejuta rumah yang dimulai akhir April lalu menarik minat investor China untuk menjajaki potensi bisnisnya. Salah satunya adalah Beijing Set Force Technology Development Co Ltd.

Lanjutkan membaca12 Mei 2015

Cicilan Rumah Subsidi Hanya Rp500 Ribu per Bulan!

RumahCom - Program sejuta rumah yang diluncurkan pemerintah akhir April lalu, menawarkan beragam kemudahan. Selain uang muka yang hanya 1%, cicilan rumah pun sangat terjangkau, yaitu Rp500 ribu - Rp60

Lanjutkan membaca25 Mei 2015

Banten Pasok 12.000 Rumah Subsidi Seharga Rp100 Jutaan

RumahCom - Provinsi Banten menjadi daerah pertama yang mengimplementasikan secara nyata program Satu Juta Rumah melalui pencanangan pembangunan yang dilakukan Plt Gubernur Banten Rano Karno di Tangera

Lanjutkan membaca10 Jun 2015

Masukan