Mengalokasikan THR Menjadi DP Rumah, Begini Caranya!

Anto ErawanJuni 24, 2015

RumahCom – Rumah merupakan kebutuhan primer bagi setiap manusia, menjelang lebaran biasanya seorang pekerja diberikan THR (Tunjangan Hari Raya) setiap tahunnya dengan minimum masa kerja tiga bulan atau lebih secara terus menerus.

Mungkinkah THR ini dapat dijadikan down payment (DP) sebuah rumah? Berikut penuturan dari Irvan Ariesdhana, General Manager Business Development Progress Group mengenai cara-cara mengalokasikan THR menjadi DP Rumah:

Pertama, perhatikan apakah ada kebutuhan ekstra menjelang hari raya, jika ada sisihkan dahulu THR Anda untuk kebutuhan tersebut.

Dalam transaksi rumah, konsumen tidak harus langsung membayar uang muka (DP) dalam jumlah besar, bisa hanya dengan memberikan tanda jadi, misalnya sebesar Rp5 juta.

Bahkan, beberapa developer memiliki program angsuran DP yang bisa dicicil tiga hingga 6 kali,  tergantung kebijakan dari developer dan tipe rumah yang dipilih.

Untuk menghemat waktu, sebelum THR turun sebaiknya kita mencari dulu rumah yang dijadikan target. Buat beberapa pilihan, ketika THR turun dan sudah dikurangi dengan kebutuhan-kebutuhan lain, ambil pilihan yang down payment atau tanda jadi sesuai dengan budget yang ada.

Perhatikan juga kemampuan Anda dalam mencicil sebuah rumah. Bila menggunakan KPR, biasanya sebesar 30% dari penghasilan bulanan Anda akan digunakan untuk membayar angsuran.

Mau tahu tips lengkapnya? Simak video berikut ini:

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Tips Berburu Rumah Idaman

RumahCom - Membeli rumah mungkin mudah, tetapi mendapatkan rumah di lokasi terbaik, dengan harga terbaik, dan sesuai ekspektasi mungkin sulit. Saat rumah idaman sudah didapatkan, panjangnya proses KPR

Lanjutkan membacaMei 26, 2014

Tips Sukses Menjadi Spekulan Properti

RumahCom – Investasi properti yang menawarkan keuntungan besar, membuat banyak orang menjadi investor, bahkan spekulan—yang membeli properti untuk dijual kembali saat harga sudah naik. Memang,

Lanjutkan membacaApril 6, 2015

Tips Membeli Rumah Kedua saat KPR Pertama Belum Lunas

RumahCom – Investasi properti yang ranum membuat banyak orang menjadi investor bahkan spekulan properti. Salah satu efek buruknya adalah kenaikan harga yang tak terkendali—sehingga tak terjangkau

Lanjutkan membacaApril 7, 2015

Pasar Lesu, Ini Saatnya Membeli Properti!

RumahCom – Bisnis properti Tanah Air memang sedikit terseok mulai 2014 lalu. Penjualan properti hunian pun terpantau statis. Namun, bagi konsultan properti  Lily Tjahnadi, hal ini justru merupak

Lanjutkan membacaMei 6, 2015

Masukan