Inilah 7 Tanaman Outdoor Terpopuler

Fathia AzkiaAgustus 31, 2015

RumahCom – Kehadiran taman sebagai salah satu pelengkap eksterior rumah memiliki banyak keuntungan bagi pemiliknya. Selain mampu memperindah keseluruhan rumah Anda, taman juga menghadirkan kesejukan dan asupan udara segar bagi kesehatan. Karena manfaat dan fungsinya yang beragam, maka tak heran bila keberadaan taman selalu diutamakan di hampir perumahan. Salah satunya di cluster Jayana Villas dan Greenland Forest Hill Residence, Jawa Barat.

Kedua perumahan dengan harga terjangkau ini menghadirkan taman yang terletak di teras dan area belakang rumah. Namun taman tanpa tanaman tentu tidak lengkap. Untuk itu Balkonie.com memaparkan beragam jenis tanaman outdoor terpopuler yang bisa Anda pilih.

  1. Cemara kipas
    Dengan nama latin thuja occidentalis, tanaman ini memiliki bentuk yang menyerupai piramida dan bisa tumbuh hingga 20 m. Cemara kipas sangat mudah ditemukan dimana saja, dan cukup fleksibel untuk dikreasikan sesuai keinginan Anda. Tipsnya, letakkan cemara kipas secara berbaris atau berjajar antar satu sama lain, hingga menyerupai pembatas jalan. Jika Anda meletakkan deretan cemara kipas di depan pintu masuk, tanaman ini dapat berfungsi sebagai petunjuk arah serta menjadi pusat perhatian. Selain itu, wangi cemara yang khas pun akan tercium dan memunculkan kesegaran tersendiri.
  2. Palem Putri
    Tanaman yang bisa tumbuh hingga 7 meter ini cocok dengan cuaca tropis, sehingga ideal diletakkan pada taman belakang rumah atau sebagai peneduh di pinggir kolam renang Anda. Ukurannya yang pas dapat membuat rumah menjadi lebih rindang, tanpa terlihat janggal atau terlalu besar. Buahnya yang berwarna merah menjadi pemanis dari pohon yang memiliki nama latin Veitchia merrillii.
  3. Anthurium
    Anthurium—atau yang kerap disebut sebagai Kuping Gajah—merupakan tanaman yang hingga kini masih digemari dan ditanam di taman rumah. Anthurium memiliki keunggulannya tersendiri, yaitu daunnya yang indah, bervariasi, dan memiliki tulang daun yang besar dan menonjol sehingga tanaman ini terlihat tebal dan kekar. Selain itu, warna daunnya yang indah juga merupakan daya tarik dari tanaman yang berkisar hingga jutaan rupiah ini. Terdapat banyak jenis Anthurium, namun jenis Jenmanii merupakan jenis yang paling populer.
  4. Aglaonema
    Selain karena bentuknya yang unik, corak dan warnanya yang indah pun menjadi alasan mengapa tanaman yang bernama lain Chinese Evergreen—atau tanaman Sri Rejeki dalam bahasa Indonesia—ini banyak digunakan sebagai tanaman populer penghias taman rumah. Tanaman ini tidak membutuhkan banyak perawatan, sehingga Anda tak perlu repot menjaganya agar tetap terlihat bagus.
  5. Bugenvil
    Jika Anda mencari tanaman yang tahan dengan panas matahari dan minim perawatan, pilihlah Bunga Kertas atau yang lebih dikenal sebagai Bugenvil. Selain dua keunggulan tersebut, Bugenvil juga cocok bagi Anda yang menginginkan taman dengan hiasan bunga-bunga. Bugenvil dapat ditanam sekitar pintu masuk rumah untuk memberikan kesan yang hangat dan mengundang.
  6. Lili Paris
    Berbeda dengan tanaman lainnya, Lili Paris memiliki ukuran yang relatif lebih kecil (sekitar 10 cm). Tanaman yang satu ini sangat serasi dengan taman minimalis maupun tropis, berkat daunnya yang tipis dan tampilannya yang fleksibel. Tanaman yang berasal dari Afrika Selatan dengan nama ilmiah chlorophytum comosum ini merupakan tanaman yang tidak memerlukan perawatan intensif, cukup dengan memberi pupuk per minggu. Lili Paris akan terlihat lebih indah jika bunganya telah tumbuh, yang pada umumnya berwarna putih.
  7. Philodendron
    Philodendron berasal dari bahasa Yunani, yaitu Philo yang berarti “cinta” dan Dendron yang berarti “pohon. Serupa dengan Anthurium dan Aglaonema, Philodendron juga merupakan tanaman dengan karakteristik daun yang lebar dan besar. Diantara jenis-jenis Philodendron yang ada, jenis Cardinal Black merupakan jenis yang paling populer. Cardinal Black memiliki daun yang berwarna merah tua, sehingga akan memberikan sentuhan warna baru pada taman Anda. Namun, jika Anda menginginkan warna hijau yang senada, Anda dapat memilih jenis Philodendron yang lainnya.

Foto: publicdomainpictures.net
Fathia Azkia
Penulis adalah content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: Fathiaazkia@rumah.com atau melalui Twitter: @fathianyaaa

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Tips Cegah Kebakaran Rumah

RumahCom – Di musim kemarau seperti saat ini, kebakaran menjadi momok yang menakutkan. Tak jarang kebakaran juga melalap habis sebuah permukiman—terutama permukiman yang diisi rumah-rumah semi per

Lanjutkan membacaAgustus 13, 2015

Jessica Mila Cinta Modern Minimalis

RumahCom - Salah satu impian Jessica Mila, 22, adalah dapat membeli rumah sendiri dari hasil kerja kerasnya berkarier di kancah sinetron. Rumah itu sedianya akan dipersembahkan kepada sang ibu yang su

Lanjutkan membacaAgustus 18, 2015

Solusi Cerdas Maksimalkan Ruang Sempit

RumahCom - Apakah Anda lebih memilih tinggal di apartemen dibandingkan rumah, namun ragu akan ruangannya yang terbatas? Jangan khawatir! Memiliki ruang apartemen yang sempit bukan berarti Anda harus b

Lanjutkan membacaAgustus 20, 2015

10 Kiat Cermat Sebelum Menjual Rumah

RumahCom - Bertambah dan bertumbuhnya anggota keluarga tentu memaksa Anda untuk memiliki hunian yang lebih lega. Ditambah lagi keinginan anak untuk memiliki kamar tidur sendiri, kebutuhan kamar tidur

Lanjutkan membacaAgustus 27, 2015

Tips Investasi Rumah dari Poppy Bunga dan Suami

RumahCom - Bagi sebagian orang, rumah tidak hanya menjadi tempat tinggal tetapi juga sebagai investasi. Maka, bukan jadi hal yang baru jika seseorang memiliki rumah di beberapa tempat.Selebriti Poppy

Lanjutkan membacaAgustus 31, 2015

Masukan