Di Tigaraksa Investor Properti Melabuhkan Asa

Anto ErawanSeptember 23, 2015

RumahCom – Tigaraksa digadang bakal menjadi magnet baru investor properti di Tangerang. Sebagai pusat pemerintahan Kabupaten Tangerang, Tigaraksa digadang menjadi lokasi emas properti. Apalagi mengingat kawasan ini akan dilalui ruas tol BSD – Tigaraksa yang akan menjadi pintu masuk menuju mega proyek Citra Maja Raya.

Tulus Hutahuruk, Marketing Manager Mega Property Group (MPG) menjelaskan, Tigaraksa sangat prospektif. Sebagai pusat pemerintahan, Tigaraksa memiliki daya tarik.

“Misalnya, ada pegawai Pemda dari Serang yang datang ke kantor Pemda Kabupaten Tangerang, mereka biasanya akan melihat-lihat perumahan di sekitar, terutama perumahan yang ada di sekitar kantor Kabupaten,” kata Tulus kepada Rumah.com.

Potensi ini ternyata tak hanya terendus investor perorangan, tetapi juga developer besar. “Beberapa developer besar telah mengincar Tigaraksa, di antaranya adalah Alam Sutera dan Summarecon,” ujar Tulus.

Sementara itu, Abdul Hamid, CEO Mika Group menuturkan, potensi properti kawasan Tigaraksa terutama didukung oleh menjamurnya perusahaan yang mengoperasikan pabrik. Diperkirakan, jumlah karyawan pabrik yang bekerja di Tigaraksa mencapai 70 ribu.

“Melihat potensi ini, tentu saja pasokan kami sangat kurang,” katanya.

Selain itu, imbuh Hamid, akses Tigaraksa juga akan dipermudah dengan dibangunnya tol BSD – Tigaraksa yang menurut rencana akan dimulai pada 2016.

“Dengan demikian, akses ke Tigaraksa bisa menggunakan jalur kereta api dan jalan tol,” kata Hamid.

MPG - tigaraksa - dok MPG

Rumah Menengah Diincar Investor
Tulus menjelaskan, MPG saat ini tengah mengembangkan perumahan Green Park Residence dan Ruko Emerald di Jalan Raya Takara Golf Sodong, Tigaraksa

Di tahap pertama, MPG membangun 400 unit rumah dari sekitar seribu unit yang direncanakan.

“Kami memasarkan tipe 30/90 hingga 40/90 dengan kisaran harga Rp300 jutaan hingga Rp400 jutaan. Saat ini rumah di Green Park Residence telah terjual sekitar 30%,” kata Tulus kepada Rumah.com, Rabu (23/9).

Pembeli hunian, imbuhnya, sebagian merupakan investor dari Jakarta Barat, Cileduk, Cipondoh, serta masyarakat sekitar yang berprofesi sebagai pebisnis, karyawan Pemda, dan manajemen pabrik yang berlokasi di Tigaraksa.

Dia menuturkan, di atas total lahan 9 hektar tersebut, MPG akan mengembangkan hunian untuk kelas middle-up dengan harga di atas Rp1 miliar.

Selain itu, lanjutnya, MPG juga akan meluncurkan produk perumahan baru, yakni Bougenville Park Residence, Jumat (25/9) mendatang.

Perumahan di Jalan Raya Munjul ini menawarkan 50 unit rumah tipe 40/90 dengan harga Rp300 jutaan, serta 30 unit ruko dua lantai tipe 120/75 dengan harga Rp850 juta.

savana residence - tigaraksa - tangerang - mika land - anto erawan

Rumah Laris Manis, Ini Rahasianya!
Di lain pihak, Mika Group, melalui anak usahanya PT Mida Karya Abadi Land (Mika Land) terbilang sukses memasarkan perumahan Savana Residence. Hanya dalam waktu tujuh bulan, perumahan di Jalan Raya Munjul Tigaraksa, Tangerang, ini mampu memasarkan 900 unit rumah.

Abdul Hamid, CEO Mika Group menuturkan, 900 unit rumah tersebut dipasarkan dalam tiga tahap.

“Total rumah yang kami pasarkan ada 1.200 unit, namun sengaja kami tahan karena tingginya minat calon konsumen,” kata Hamid.

Menurutnya, hampir 100% pembeli rumah di Savana Residence adalah karyawan pabrik yang berlokasi di kawasan Tigaraksa, sementara seluruh konsumen membeli rumah menggunakan fasilitas KPR FLPP.

“Rumah yang kami pasarkan ini adalah tipe 30/60 dengan harga Rp120 juta—atau masih lebih rendah dibanding harga standar rumah subsidi di Tangerang yang mencapai Rp126 juta,” kata Hamid.

Menurutnya, agar konsumen berminat membeli, pihaknya tak hanya menawarkan brosur tanpa membangun apa-apa di atas lahan. “Kami meluncurkan Savana Residence setelah membangun gerbang dan unit contoh, sehingga calon konsumen tidak ragu untuk membeli,” urainya.

Mencermati penjualan Savana Residence yang laris manis, Hamid mengaku mulai berfikir untuk menjual rumah non-subsidi (komersial).

“Kami akan melakukan tes pasar untuk menjual rumah tipe 36/72 dengan harga Rp260 juta. Untuk tahap pertama kami akan membangun 100 unit,” pungkasnya.

Anto Erawan
Penulis adalah editor Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke:antoerawan@rumah.com atau melalui Twitter: @AntoSeorang

Foto: Anto Erawan/Dok. MPG

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Prioritas Land Pasarkan 1.800 Rumah di Airia Residence

RumahCom – Menyasar kelas menengah di Tangerang, PT Prioritas Land Indonesia (PLI) berencana meluncurkan perumahan Airia Residence, September mendatang. Perumahan di kawasan Tigaraksa, Tangerang ini

Lanjutkan membacaJuli 3, 2014

Citra Maja Raya Unggulkan Transportasi Berbasis Rel

RumahCom - PT Ciputra Residence menghadirkan proyek hunian seluas 2.000 hektar, Citra Maja Raya yang berlokasi di Serang, Banten. Untuk tahap pertama, Citra Maja Raya berhasil memasarkan lebih dari 60

Lanjutkan membacaMei 13, 2015

CitraRaya Tangerang Perkenalkan Kawasan Hunian GardenVille

RumahCom - PT Ciputra Residence memperkenalkan GardenVille, kawasan residensial terbaru yang menjadi bagian pengembangan CitraRaya Tangerang. Menempati lahan 20 hektar, menurut rencana GardenVille

Lanjutkan membacaMei 26, 2015

Savana Residence Pasarkan 1.200 Rumah Seharga Rp120 Juta

RumahCom – Rumah subsidi memang menjadi incaran konsumen, terutama masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Hal ini dibuktikan PT Mida Karya Abadi Land (Mika Land) yang memasarkan perumahan Savana Re

Lanjutkan membacaJuni 1, 2015

Citra Maja Raya Tahap 2 Kebanjiran Peminat

RumahCom – Lebih dari 3.000 konsumen mendaftarkan diri untuk memperebutkan 1.300 unit rumah di Citra Maja Raya tahap kedua yang akan dipasarkan pada 5 dan 6 September 2015. Yance Onggo, General M

Lanjutkan membacaSeptember 3, 2015

Masukan