4 Rumah Pilihan untuk Penggemar Burung Di Jabodetabek

Kantri MaharaniJanuari 29, 2016

RumahCom – Memiliki hobi memelihara burung di rumah bagi beberapa orang adalah hal yang menyenangkan. Kicauan burung yang merdu bisa menenangkan orang yang mendengarnya, sekaligus mendatangkan kesan yang asri dan damai.

Berdasarkan survey yang dilakukan oleh omkicau.com terhadap 1.781 Kicau Mania (panggilan pencinta burung di Indonesia) disebutkan bahwa keuntungan memelihara burung ialah dapat melepas stress dan membuat lebih santai.

Enam alasan mengapa orang memelihara burung (source: omkicau.com)

Enam alasan mengapa orang memelihara burung (source: omkicau.com)

Kegemaran memelihara burung ternyata bisa diturunkan dari kebiasaan orang tua, khususnya ayah, yang juga memelihara burung di rumah.

Saputra Raja (27 tahun), Kicau Mania Kota Depok menuturkan kepada Rumah.com, Kamis (28/1), ia menyukai burung karena sang ayah kerap mengajak dirinya untuk membantu merawat burung-burung. Lambat laun ternyata menimbulkan keasyikan tersendiri, sekaligus mengusir kesendirian.

Uniknya, para Kicau Mania kerap berkumpul dalam satu acara perlombaan atau hanya sekedar berbincang saling bertukar ide untuk tren terbaru seputar perawatan burung. Biasanya, tempat berkumpul para Kicau Mania ini berjarak tidak jauh dari lokasi Pasar Burung. Sehingga, ketika proses jual-beli burung terjadi, mereka bisa saling berbincang.

Sayangnya, menjangkau tempat berkumpulnya para Kicau Mania yang ramai di setiap harinya, terbilang susah-susah gampang.

Bagi Saputra, memiliki rumah yang berdekatan dengan lokasi berkumpulkan Kicau Mania merupakan bonus tersendiri, di samping rumah itu berlokasi strategis dengan tempat-tempat umum lainnya.

Para Kicau Mania bertemu di pasar burung, atau di tempat-tempat perlombaan secara bergilir. Akan tetapi tempat yang kerap dijadikan berkumpulnya para pencinta burung adalah pasar burung yang juga terkadang membuat perlombaan. Berikut referensi rumah pilihan untuk Anda pecinta burung yang ada di kawasan Jabodetabek:

1. Jakarta

Pasar Burung Pramuka Jakarta (source: google maps)

Pasar Burung Pramuka Jakarta (source: google maps)

Pasar burung di Jakarta terbesar dan terlengkap ada di Pal Meriem Matraman, Jakarta Timur. Lokasi ini juga pernah dikunjungi Presiden Joko Widodo untuk inspeksi, sekaligus memborong 200 ekor burung dengan seharga Rp50 ribu per ekor.

Sama halnya dengan pasar burung lainnya, di sini Anda bisa menambah pengetahuan seputar informasi burung, perlombaan burung, dan transaksi jual-beli burung dengan harga miring.

Nah, apabila Anda termasuk pencinta burung, dan ingin berencana membeli rumah baru, Rumah.com memberikan dua rekomendasi rumah terbaik untuk Anda.

Pertama, adalah Perumahan Pasadenia Residence yang berlokasi di Jalan Pacuan Kuda Raya No. 27 Pulomas, Jakarta Timur. Jarak dari perumahan dengan Pal Mariem Matraman adalah 6,8 kilometer dengan estimasi waktu tempuh selama 14 menit.

Pasadenia Residence dekat dengan Pasar Burung

Perumahan Pasadenia Residence merupakahan hunian ekslusif yang menawarkan fasilitas mewah yang bisa Anda gunakan, seperti: sport center, bulgary alarm, dan smart home automation. Adapun harga untuk setiap unit dipatok dengan harga Rp6 miliar.

Kedua, adalah Perumahan Umahan Duren Sawit yang berlokasi di Jalan Masjid Al-Wustho, Pondok Bambu-Jakarta Timur. Jarak dari perumahan dengan Pal Mariem Matraman adalah 9,7 kilometer dengan estimasi waktu tempuh selama 24 menit.

Umahan Duren Sawit bagi penggemar burung di Jakarta

Perumahan Umahan Duren Sawit berbentuk town house dengan karya desain arsitek handal dengan kualitas desain dan konstruksi yang bagus, mempunyai Lingkungan yang asri, aman, nyaman di lengkapi halaman dan taman.

2. Bogor

Pasar Burung Anyer Bogor (source: google maps)

Pasar Burung Anyer Bogor (source: google maps)

Di Bogor, terdapat dua pasar burung yang ramai oleh pengunjung, yaitu pasar burung di sekitar Pemda Cibinong dan Pasar Burung Anyer.

Pasar Burung Cibinong (source: omkicau.com)

Pasar Burung Cibinong (source: omkicau.com)

Pasar burung di dekat Pemda Cibinong sebenarnya pasar untuk hewan peliharaan. Artinya tidak hanya burung tetapi juga jenis hewa lainnya seperti ayam, kelinci, dan ikan. Sedangkan Pasar Burung Anyar hanya menyediakan jenis hewan burung saja. Meskipun tempatnya tidak terlalu luas seperti pasar burung dekat Pemda Cibinong, pasar ini juga kerap dikunjungi pencinta burung di kawasan Bogor.

Adapun referensi perumahan yang dekat dengan pasar burung sekitar Pemda Cibinong adalah Perumahan Griya Pondok Rajeg (berjarak 5,8 kilometer).

Griya Pondok Rajeg dekat dengan pasar burung Bogor

Pilihan lainnya adalah Amaryllis Garden. (berjarak 3,2 kilometer). Harganya dibandrol mulai Rp470 Juta hingga Rp850 Juta.

Amaryllis Garden Bogor

Sedangkan untuk referensi perumahan yang dekat dengan tempat berkumpulnya pencinta burung di Pasar Anyer, adalah perumahan Nusa Indah Residence yang berjarak 8,9 kilometer.

3. Depok

Pasar Plenongan Depok (source: google maps)

Pasar Plenongan Depok (source: google maps)

Tempat berkumpulnya Kicau Mania di kawasan Depok, adalah Pasar Plenongan yang ada di Jalan Dewi Sartika. Di depok Anda bisa memilih empat referensi rumah sekaligus yang berdekatan dengan Pasar Plenongan.

Keempat referensi rumah antara lain: Victoria Hills Residence (berjarak 2,4 kilometer). Seluruh hunian di perumahan ini terdiri dari dua lantai dengan harga mulai Rp1 miliar hingga Rp2,5 miliar.

Victoria Hills

Sedikit lebih jauh ada Cipayung Royal Residence (berjarak 7 kilometer). Di sini terdapat hunian satu lantai maupun dua lantai dengan harga di bawah Rp1 miliar.

Cipayung Royal Residence

Opsi lainnya adalah Perumahan Pondok Nurul Fikri (8,3 kilometer). Hunian bernuansa islami ini menawarkan rumah dua lantai yang dilengkapi dengan beragam fasilitas, seperti clubhouse dan kolam renang. Harganya dibandrol mulai Rp1,6 miliar.

Pondok Nurul Fikri

Jika Anda mencari hunian di bawah Rp500 juta, Green Cibubur Residence (9,5 kilometer) layak Anda pertimbangkan.

Green Cibubur Residence

4. Tangerang

Pasar burung Curug Tangerang (source: omkicau.com)

Pasar burung Curug Tangerang (source: omkicau.com)

Pasar Burung Curug di Jalan Raya Curug, Tangerang, adalah satu-satunya pasar burung di kawasan Kabupaten Tangerang dan Tangerang Kota. Pasar ini awalnya merupakan lapangan olahraga.

Pasar Burung Curug sendiri mulai ramai dengan para penjual diperkirakan karena lapang, sehingga pencinta burung bisa membawa burung mereka untuk berlatih atau hanya sekedar membawa keluar rumah. Jadilah hingga sekarang pasar burung ini dijadikan pasar sekaligus tempat berkumpul pencinta burung.

Adapun referensi rumah yang berdekatan dengan Pasar Burung Curung adalah Perumahan Tropicana Residence (5,3 kilometer). Sesuai namanya, tema yang diusung hunian ini adalah tema tropis. Ini terlihat dari pemasangan aksen-aksen kayu yang mencolok, seolah Anda tinggal di rumah pondok. Harga dibandrol mulai Rp650 Juta.

Tropicana Residence

Jika Anda menginginkan hunian berkelas dengan segala fasilitas umum kelas atas yang tersedia,  Sutera Sitara-Cluster Pelangi dan  Cluster Orlanda di kawasan Alam Sutera (7,5 kilometer) bisa menjadi pilihan Anda. Hunian ini memiliki luas tanah mulai 327m2 dengan harga mulai Rp8 miliar.

Sutera Sitara

5. Bekasi

Pasar

Pasar Pasar Burung Narogong (google maps)

Pasar burung di Bekasi yang paling terkenal adalah Pasar Burung Narogong yang ada di Jalan Pariwisata Rawa Lumbu Utara, Bekasi. Pasar ini sering mengadakan perlombaan dan latihan bersama. Khusus latihan bersama biasa diadakan setiap hari Kamis, dan untuk perlombaan sangat tentatif. Biasanya perlombaan diadakan setiap tahun.

Apabila Anda sedang mencari rumah baru yang memiliki bonus dekat dengan Pasar Burung Narogong Bekasi, Anda bisa memilih  Telaga Nirwana Residence (1,5 kilometer). Perumahan ini dibandrol mulai Rp300 Juta.

telaga nirwana residence

Sedikit lebih jauh terdapat Teras Madani (2,7 kilometer). Hunian ini ditawarkan dengan harga mulai Rp400 jutaan. Tipe rumah yang ditawarkan terdiri dari dua lantai dan satu lantai.

Teras Madani Residencea

Hunian lain yang dibandrol pada kisaran Rp400 juta adalah Mutiara Asgo Residence, yang letaknya sektiar 7,2 kilometer. Hunian ini berada di kawasan Jati Asih, salah satu kawasan di Bekasi yang tengah berkembang.

Mutiara Asgo

D’Green Village (8,2 kilometer) adalah pilihan lain yang layak dipertimbangkan untuk hunian di bawah Rp500 juta. Sederet fasilitas umum mulai dari rumah sakit, sekolah, hingga pasar tradisional terletak di sekitar hunian ini.

D'Green Village

Jika yang Anda cari adalah hunian elit dengan lingkungan perumahan yang nyaman, Ellyana Residence (10,5 kilometer) layak dipertimbangkan. Hunian ini memiliki luas bangunan minimal 92m2 dengan kisaran harga Rp900 juta hingga Rp1,2 miliar.

Ellyana Residence

 

Kantri Maharani

Penulis adalah Content Writer: Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan Penulis, Anda bisa mengirim email ke:kantrimaharani@rumah.com atau twitter @jeungkant

 

 

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Inilah Dua Tipe Konsumen KPR Bank Syariah

RumahCom – Produk-produk bank syariah semakin diminati masyarakat Indonesia. Riset yang dilakukan MARS Indonesia pada 2012 lalu menyebutkan, rata-rata pertumbuhan total aset perbankan syariah da

Lanjutkan membacaOktober 25, 2013

Pondok Nurul Fikri, Hunian Islami di Selatan Jakarta

RumahCom – Mengedepankan konsep hunian bernuansa Islam, PT Nurul Fikri Bina Usaha Bersama mengembangkan perumahan Pondok Nurul Fikri. Perumahan yang menyasar kalangan menengah-atas ini berdiri di at

Lanjutkan membacaAgustus 15, 2014

3 Hunian Islami Referensi Terbaik Anda

RumahCom – Memilih hunian yang memberikan pilihan lingkungan yang lebih kondusif dan homogen di kota besar tentu tidak mudah. Karena tidak selalu hunian homogen memberikan fasilitas menarik, lengkap

Lanjutkan membacaDesember 24, 2015

Potensi Hunian Berbasis Islami di Indonesia

RumahCom – Setelah dikeluarkan rilis dari Center for Middle - Class Consumer Studies (CMS), pusat kajian kelas menengah yang didirikan oleh Majalah SWA dan Inventure tahun lalu, yang menyatakan bahw

Lanjutkan membacaDesember 29, 2016

Masukan