Tips Dekorasi: Menata Ruangan Kecil ala Kamar Hotel

Wahyu ArdiyantoOktober 1, 2016

Tips dekorasi ruangan kecil

RumahCom – Hotel biasanya paling piawai sekaligus inspiratif dalam memanfaatkan ruangan yang kecil. Sebagai contoh, kamar hotel bisa dibilang sebagai wujud nyata dari sebuah desain ruangan kecil yang  konsisten dalam mengedepankan efisiensi serta kenyamanan bagi penggunanya.

Ya, pihak hotel bukan hanya mampu memanfaatkan ruangan kecil secara efisien dengan mempertimbangkan kenyamanan semata, tapi juga membuat dekorasi ruangannya jadi indah.

Karena itu simak beberapa ide kamar hotel berikut ini, seperti yang dirangkum oleh mydomaine.com untuk diterapkan di rumah Anda.

1. Buat kamar menjadi multifungsi

Tips dekorasi ruangan kecil

Anda juga bisa membeli pemisah ruangan untuk membatasi fungsi ruangan.

Menggabungkan beberapa fungsi ruangan adalah hal yang biasa dilakukan oleh sebuah kamar hotel. Tidak hanya untuk beristirahat sebuah kamar bisa juga digunakan sebagai tempat untuk membaca buku atau menonton televisi.

Selain tempat tidur, tambahkan dua buah kursi di ujung tempat tidur untuk memberikan kesan estetika yang modern. Anda juga bisa beli pemisah ruangan untuk membatasi fungsi ruangan. Perabotan seperti ini penting dimiliki oleh ruangan yang kecil.

2. Bangun suasana kamar

Dekorasi ruangan kecil

Gunakan warna-warna yang lebih gelap guna menciptakan suasana yang lebih dramatis.

Cara mudah membuat kamar tampak bersih dan terang adalah dengan mengecat dinding kamar dengan warna putih.

Namun sebenarnya juga bukan hal yang tabu jika Anda ingin menggunakan warna-warna yang lebih gelap guna menciptakan suasana yang lebih dramatis, bahkan bisa membuat tidur Anda jadi lebih nyenyak.

3. Letakkan tempat tidur di tengah ruangan

Dekorasi ruangan kecil

Tambahkan lemari untuk menyimpan dan menaruh barang-barang pribadi di bagian sisi atau ujung tempat tidur.

Seperti penataan di kamar hotel pada umumnya, sebuah tempat tidur biasanya di letakkan di bagian tengah dan menjadi pusat perhatian sebuah ruangan. Anda bisa menambahkan lemari untuk menyimpan dan menaruh barang-barang pribadi di bagian sisi atau ujung tempat tidur (headboard).

4. Gunakan tirai dengan motif unik

Dekorasi ruangan kecil

Pilih tirai dengan motif modern dan unik untuk menguatkan karakter kamar.

Salah satu cara lain untuk menguatkan karakter kamar hotel adalah menggunakan jendela yang tinggi dan memilih tirai dengan motif yang selaras dengan warna dinding kamar.

Anda bisa aplikasikan cara ini di kamar tidur rumah Anda. Pilih tirai dengan motif modern dan unik untuk menguatkan karakter kamar.

5. Buat kamar tidur yang mewah

Dekorasi ruangan kecil

Tambahkan beberapa perabotan yang biasa digunakan di dalam suite room seperti lampu kristal yang mewah, perabotan antik seperti lemari, atau ranjang dengan ukiran.

Ketika kita menginap di sebuah hotel, suite room selalu menjadi pilihan untuk merasakan kamar yang luas dan mewah.

Jika Anda ingin membuat kamar tidur jadi terasa mewah, tambahkan beberapa perabotan yang biasa digunakan di dalam suite room seperti lampu kristal yang mewah, perabotan antik seperti lemari atau ranjang dengan ukiran.

6. Aplikasikan Motif Geometri

Dekorasi ruangan kecil

Pilihan kombinasi warna hitam dan putih dapat memberikan kesan yang modern serta dramatis dalam waktu yang bersamaan.

Motif geometri selalu memberikan efek visual yang menarik di dalam ruangan yang kecil. Anda bisa mengaplikasikan motif ini di lantai kamar tidur, bahkan kamar mandi. Pilihan kombinasi warna hitam dan putih dapat memberikan kesan yang modern serta dramatis dalam waktu yang bersamaan.

7. Hidupkan Teknologi

Dekorasi ruangan kecil.

Sebuah teknologi selalu bisa menjadi fokus utama ketika kita memasuki sebuah kamar.

Terakhir, seperti di dalam sebuah hotel tambahkan sebuah televisi di dinding kamar dengan ukuran yang sesuai. Sebuah teknologi selalu bisa menjadi fokus utama ketika kita memasuki sebuah kamar. Tidak hanya televisi, Anda juga bisa memasang pemutar musik seperti iPod di dalam kamar.

Foto: Mydomaine.com

Mita Agustina

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Lima Kamar Hotel dengan Tarif Termahal di Dunia

RumahCom – Bagi sebagian orang, hotel hanya dijadikan tempat persinggahan sementara, sehingga kebanyakan dari mereka akan mencari hotel dengan tarif yang lebih murah. Tetapi, hotel-hotel di beri

Lanjutkan membacaJuni 4, 2013

3 Tips Penting Mendekorasi Ruangan Kecil Rumah Anda

RumahCom – Ukuran rumah yang kecil tidak perlu membatasi kreativitas Anda dalam mendekorasi. Berikut ini adalah sejumlah tips dekorasi yang bisa Anda lakukan pada rumah berukuran mungil. Keinda

Lanjutkan membacaMaret 23, 2016

Membuat Kamar Senyaman Kamar Hotel

RumahCom - Tidur di kamar hotel kadang membuat Anda lebih nyenyak dibandingkan di kamar sendiri. Padahal, kamar Anda pun bisa disulap senyaman kamar hotel. Jika menjadikan kamar seindah kamar hotel

Lanjutkan membacaApril 20, 2016

Kreatif Membuat Tempat Bermain di Ruangan Kecil

RumahCom - Tinggal di rumah atau apartemen dengan lahan yang terbatas, membuat Anda harus selalu kreatif dalam memanfaatkan setiap sudutnya. Ruang terbatas membuat Anda kesulitan untuk menyiapkan sebu

Lanjutkan membacaJuni 21, 2016

Masukan