Tips Menjadi Lebih Bahagia di Rumah

Wahyu ArdiyantoOktober 31, 2016

Tips hidup bahagia

RumahCom – Banyak orang mengatakan bahwa rumah bukan sekedar tempat tetapi juga meliputi perasaan di dalamnya. Perasaan-perasaan sederhana seperti rasa lega ketika memasuki pintu rumah, tempat dimana keluarga tersayang tinggal bersama, dan juga tempat dimana Anda merasakan kedamaian.

Jika setiap berada di rumah Anda kurang merasa bahagia maka berarti ada yang salah dengan rumah Anda. Untuk memperbaikinya,  simak tips dari daringtolivefully.com berikut ini agar menjadi lebih bahagia di rumah.

Simak juga: Ingin Bahagia di Rumah, Cobalah 9 Kebiasaan Ini

Rapikan selalu rumah Anda

Rumah dengan barang yang berserakan akan memberikan perasaan yang tertekan. Kondisi tersebut memberikan stimulus berlebih dan memberikan sinyal kepada otak bahwa ada pekerjaan yang belum selesai.

Hal ini akan menimbulkan rasa cemas dan juga perasaan bersalah. Jadi selalu rapikan rumah dan letakkan barang-barang di tempatnya agar Anda menjadi orang yang lebih bahagia.

Pasang benda yang membangkitkan memori bahagia

Letakkan benda-benda yang dapat membangkitkan kenangan yang bahagia seperti foto masa kecil, foto pernikahan, dan foto liburan. Setiap Anda melihat foto-foto tersebut maka akan memunculkan percikan rasa bahagia ketika mengingat kembali memori tersebut.

Miliki perabotan rumah yang dapat digunakan seluruh anggota keluarga

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, agar menjadi lebih bahagia di rumah Anda membutuhkan sebuah memori bahagia. Ubah ruang keluarga menjadi ruang untuk bermain bersama keluarga.

Beli perabotan seperti meja ping pong, siapkan juga beberapa papan permainan di meja yang bisa dimainkan di akhir pekan. Anda juga bisa menyulap ruang televisi menjadi seperti menonton di bioskop dengan mengganti sofa yang lebih besar dan menambah sebuah home theater.

Isi rumah dengan tanaman

Banyak penelitian yang mengatakan bahwa membawa tanaman ke dalam rumah dapat menurunkan kadar stres, membersihkan udara, menjaga kesehatan sehingga dapat meningkatkan rasa bahagia. Pilih tanaman yang cocok diletakkan di dalam ruangan serta tidak membutuhkan banyak perawatan.

Berikan sambutan yang hangat di rumah

Seperti yang pernah dituliskan oleh Gretchen Rubin, penulis buku “Happier at Home : Kiss More, Jump More, Abandon Self-Control, and My Other Experiments in Everyday Life”, salah satu cara adalah dengan membuat setiap anggota keluarga harus merasa disambut setiap mereka masuk atau keluar rumah.

Hal kecil seperti ini dapat meningkatkan kehangatan di rumah sehingga anggota keluarga menjadi lebih bahagia.

Jadikan kamar tidur tempat yang paling nyaman

Kecukupan tidur selalu dikaitkan dengan kebahagiaan, penelitian di Amerika menunjukkan bahwa orang yang memiliki tidur yang cukup lebih sehat daripada yang kurang tidur. Di kamar tidur, gunakan kasur berkualitas tinggi. Tutup sumber suara di dalam kamar agar Anda bisa beristirahat lebih nyaman.

Buat perpustakaan mini

Beberapa penelitian menyatakan bahwa membaca bisa dapat menurunkan kadar stres. Ketika kita mendapatkan informasi atau pengetahuan baru maka akan ada rasa kepuasan dari terpenuhinya kebutuhan kompetensi.

Dedikasikan sebuah ruangan untuk menjadi ruang membaca, pastikan di area tersebut terdapat kursi dan bantal yang nyaman, serta pencahayaan yang cukup sehingga semua anggota keluarga bisa membaca di ruangan tersebut.

Foto: Pixabay

Mita Agustina

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Desain Rumah Sehat dan Membahagiakan ala Arsitek London

RumahCom – Benarkah paparan sinar matahari langsung dapat memberikan efek kesehatan dan kebahagiaan? Tim arsitek asal London, The Photon Project, mendesain sebuah rumah yang dipercaya menyehatkan da

Lanjutkan membacaDesember 8, 2014

Lima Pewangi Ruangan Ini Bangkitkan Rasa Bahagia

RumahCom – Rumah yang bersih dan wangi tentu akan memberi kenyamanan bagi penghuninya. Wewangian tidak hanya sebagai pelengkap untuk interior, tapi juga dapat menambahkan kesan khusus dalam rumah An

Lanjutkan membacaJanuari 26, 2016

Cara Membuat Rumah Jadi Tempat yang Lebih Bahagia

RumahCom – Ilmu feng shui memiliki tujuan di antaranya menyeimbangkan energi di setiap ruangan untuk memastikan penghuninya memiliki kesehatan dan keberuntungan yang baik. Jika Anda tinggal di ru

Lanjutkan membacaApril 15, 2016

Ragam Aroma Ruangan yang Bikin Hidup Anda Lebih Bahagia

RumahCom – Walau kesannya sepele, aroma ruangan yang tepat tentunya akan membuat orang merasa betah dan ingin berlama-lama saat berada di dalamnya. Ya, pemilihan aroma yang tepat memang dapat membua

Lanjutkan membacaSeptember 19, 2016

Masukan