Ingin Nyaman di Kamar? Perhatikan 7 Hal Ini!

Kantri MaharaniOktober 31, 2016

RumahCom – Anda tentu sepakat, bahwa kamar tidur adalah area pribadi. Sebuah ruangan di mana Anda bisa tidur hingga terlelap tidur atau tempat merenung yang paling nyaman atas semua yang pernah terjadi dalam hidup Anda. Karena itu tidak sedikit orang yang serius menata kamar tidurnya agar terasa nyaman.

Seperti dilansir dari elledecor.com, kamar tidur sejatinya memiliki 7 hal yang bisa dikatakan sebagai kebutuhan. Maksudnya, agar kamar tidur Anda terasa nyaman maka Anda harus menerapkan 7 hal berikut ini:

1. Tambakan aksesoris karpet yang nyaman

Karpet adalah aksesoris yang bisa menimbulkan rasa nyaman di kamar tidur (elledecor.com)

Rasa nyaman di kamar tidur tidak hanya karena ruangannya yang luas saja, adanya aksesoris juga dapat mendukung rasa tersebut. Aksesoris pertama yang bisa menambah rasa nyaman adalah karpet atau permadani.

Karpet yang nyaman bisa memberikan sensasi pijakan kaki saat kali pertama bangun tidur. Rasa dingin pada lantai bisa diminimalisasi oleh karpet tersebut. Jadi letakkan karpet di bawah ranjang tidur.

Lihat juga: Ketahui Cara Memilih Karpet

2. Tentukan tema kamar tidur

Tema kamar tidur dengan model stips cocok untuk tema orang dewasa (elledecor.com)

Sedari kecil biasanya seorang anak menginginkan kamar tidur yang tematik. Begitu juga dengan orang dewasa. Jadi tentukan tema kamar sebelum kamar tidur rampung ditata. Percaya atau tidak, kamar tidur yang ditata berdasarkan tematik bisa menimbulkan rasa nyaman saat beristirahat.

Tidak hanya untuk tidur, tetapi juga ketika mengerjakan pekerjaan di dalam ruangan. Tema kamar tidur untuk orang dewasa antara lain shabby chic, stripes desain, vintage, atau klasik.

3. Jumlah bantal dan penataan yang tepat

Menempatkan bantal harus disesuaikan dengan ukuran ranjang tidur (elledecor.com)

Kenyamanan juga dapat Anda rasakan saat Anda menghempaskan tubuh di ranjang tidur. Bantal yang berperan sebagai penyangga kepala Anda, merupakan aksesoris ranjang tidur yang penting untuk diperhatikan.

Artinya, ketika Anda memilih ukuran bantal beserta cara penataannya haruslah sesuai. Sebab, jika tidak sesuai, bukan rasa nyaman yang ada, tetapi hanya rasa sakit.

Jumlah bantal sebanyak 2-6 buah dirasa cukup untuk memberikan rasa nyaman. Namun tentu lagi kembali pada ukuran ranjang tidur Anda. Bila ukuran ranjang tidur single bed (1 kasur) jumlah bantal yang tepat adalah tidak melebihi dari 2 buah.

4. Tambahkan area untuk duduk

Kamar tidur tidak hanya untuk tidur. Ada juga yang menggunakan kamar tidur sebagai area mengerjakan tugas pekerjaan, bersantai sambil membaca, atau berbicara dengan teman ataupun pasangan.

Jadi, agar lebih nyaman dan tidak mengganggu kenyamanan ranjang tidur, sebaiknya Anda menambahkan area untuk duduk. Tidak perlu berukuran besar, yang penting ada spot untuk bersantai untuk mengisi waktu luang.

5. Usahakan agar tidak ada gadget di dalam kamar

Sebisa mungkin untuk mengurangi gadget di kamar tidur (elledecor.com)

Aurelien Gallet, desainer interior mengatakan kamar tidur adalah ruangan untuk beristirahat. Menurutnya, adanya gadget seperti smartphone, televisi, dan jenis gadget lainnya bisa mengganggu kualitas istirahat Anda.

Selain itu, semakin banyak gadget di dalam sebuah kamar tidur akan mengurangi space sehingga akan mengurangi keindahan dari furnitur atau aksesoris yang bernilai. Tapi sekali lagi, semua kembali kepada Anda.

6. Kasur yang nyaman

Kasur yang baik bisa mendukung tidur Anda mejadi nyenyak (elledecor.com)

Tidak lengkap rasanya bila di kamar tidur tidak terdapat ranjang tidur yang nyaman. Jadi sebelum Anda membeli kasur tidur, Anda harus benar-benar merasakannya terlebih dahulu. Karena bahan kasur yang nyaman bisa membantu proses tidur yang nyenyak.

7. Menciptakan kesan suasana dramatik

Contoh kamar tidur yang bisa menimbulkan kesan dramatis (sumber: elledecor.com)

Terakhir, adalah menciptakan kesan suasana dramatik. Caranya dengan mengatur pencahayaan. Sebab, pencahayaan yang terlalu terang juga bisa mengganggu istirahat Anda. Untuk kamar tidur bisa menggunakan jenis lampu yang temaram sehingga bisa memancarkan sinaran yang terkesan seksi.

Selain lampu, unsur lain adalah cat tembok. Pemilihan warna cat yang bisa menimbulkan kesan dramatis adalah warna-warna pastel.

Foto: pixabay.com

Kantri Maharani
Penulis adalah Content Writer: Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan Penulis, Anda bisa mengirim email ke:kantrimaharani@rumah.com atau twitter @jeungkant

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Rumah Terapung ini Dirancang untuk Terbelah Dua Jika Pemiliknya Bercerai

RumahCom – Perusahaan desain dan teknik Belanda, Studio OBA, telah menyusun sebuah rumah terapung yang akan terbelah menjadi dua ketika penghuninya bercerai. Rumah yang diberi nama “prenuptial hou

Lanjutkan membacaOktober 30, 2016

Keindahan Yogyakarta Pikat Investor untuk Beli Rumah

RumahCom - Yogyakarta yang dikenal sebagai salah satu Daerah Istimewa di Indonesia ternyata memang benar-benar punya keistimewaan hingga jadi kota yang paling banyak diburu para investor untuk membel

Lanjutkan membacaOktober 31, 2016

Langkah Mudah Deteksi Rumah Bebas Banjir

RumahCom – Setiap orang pasti sebisa mungkin menghindari rumah di daerah yang kerap dilanda banjir saat musim hujan tiba. Bagi warga Jakarta, banjir merupakan tragedi yang sudah dianggap layakn

Lanjutkan membacaOktober 31, 2016

Masukan