Penyebab Anda Gemuk Saat di Rumah

Boy LeonardOktober 31, 2016

Penyebab Anda kegemukan di rumah.

RumahCom – “Iya, nih, banyak kerjaan. Jadinya tak sempat olahraga,” itu biasanya alasan Anda saat ada yang mengatakan tubuh Anda semakin gemuk.

Padahal, jika Anda dapat mengatur waktu kerja dengan efisien, olahraga dua kali seminggu masih bisa dilakukan.

Sebenarnya, penyebab Anda gemuk bukan selalu akibat kurang gerak. Salah satu penyebabnya adalah kondisi rumah Anda, pasalnya hal inilah yang membuat tubuh Anda berisiko melar.

Kurangnya sirkulasi udara

Jangan puas dengan jendela kecil di rumah lalu Anda berpendapat jika sirkulasi udara di dalam ruangan baik-baik saja.

Ruangan yang minim sirkulasi udara akan membuat suasana di dalamnya menjadi lembap, sehingga Anda sebenarnya kekurangan oksigen saat berada di ruangan tersebut.

Kurangnya oksigen ini akan membuat Anda mudah mengantuk atau timbul keinginan untuk selalu ngemil demi mengurangi kantuk.

Terlalu lama menggunakan AC

AC memang membuat ruangan menjadi sejuk dan nyaman. Masalahnya suasana yang dingin dan sejuk ini berisiko membuat Anda malas bergerak, bahkan Anda tak ingin mengubah posisi duduk.

Padahal kurang gerak tak hanya berisiko membuat asupan makanan Anda tak terbakar, tapi juga membuat otot di area pinggul dan bokong menjadi kaku. Akibatnya, Anda malah merasa pegal dan tak nyaman saat bergerak.

Kondisi sofa

Saat memilih sofa atau kursi untuk rumah Anda, sah-sah saja jika Anda memilih kursi yang nyaman. Tapi sebisa mungkin tetap memilih kursi yang mampu menopang tubuh Anda secara ideal, bukan yang saat diduduki, posisi Anda justru melesak ke dalam.

Mungkin awalnya Anda nyaman dengan sofa yang sangat empuk, tapi terlalu lama duduk dalam posisi tersebut berisiko menyebabkan nyeri punggung.

Saat punggung, pinggang, dan bokong nyeri, Anda jadi malas bergerak, kan. Ujung-ujungnya tubuh pun mudah menggemuk.

Warna ruangan

Warna-warna cerah seperti oranye, kuning, atau hijau muda memang menarik dan menambah semangat Anda. Tapi tanpa disadari, warna-warna ini meningkatkan nafsu makan Anda.

Lebih baik hanya gunakan warna-warna tersebut di ruang makan, sementara ruangan lainnya seperti kamar atau ruang tengah gunakan warna lain. Warna biru contohnya, justru mengurangi nafsu makan Anda.

Foto: Pixabay

Rina Susanto

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Ingin Punya Rumah Sehat? Ikuti 6 Langkah Berikut!

RumahCom - Jika selama ini kita berpikir bahwa rumah sebagai tempat bernaung, maka pikirkan kembali. Karena terdapat salah satu aspek yang tidak boleh dilewatkan oleh para tiap pemilik rumah, yakni

Lanjutkan membacaDesember 21, 2015

Perhatikan Postur Tubuh Saat Bersihkan Rumah

RumahCom - Pernahkah saat membersihkan rumah, Anda malah mengalami sakit pinggang? Atau ada bagian tubuh yang keseleo ketika Anda tengah menggosok lantai kamar mandi? Jangan dikira membersihkan rum

Lanjutkan membacaOktober 17, 2016

4 Kegiatan Bersih Rumah yang Bisa Diselingi Olahraga

RumahCom - Seminggu ini tak sempat berolahraga? Jangan khawatir, lebih baik gunakan waktu membereskan rumah dengan maksimal. Sambil membersihkan rumah, Anda bisa mengeksplorasi setiap gerakan tubuh

Lanjutkan membacaOktober 20, 2016

Masukan