5 Langkah Bikin Kasur Bebas Tungau

Boy LeonardNovember 11, 2016

Memelihara Kasur dari Tungau

RumahCom – Tungau sulit terlihat mata karena memiliki ukuran mikroskopis, hanya 0,1 – 0,3 milimeter. Tapi, gigitannya bisa menyebabkan rasa gatal yang sangat mengganggu.

Yap, tungau seringkali menjadi penyebab utama gatal-gatal, alergi, atau bahkan asma. Tungau paling sering ditemukan bersarang di sela-sela tempat tidur.

Tungau hidup di antara debu dan cepat berkembang biak di tempat lembap. Untuk menjaga kamar Anda, khususnya kasur, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, sebagai berikut.

Deteksi dengan senter

Tungau tidak suka terkena paparan cahaya karena itu mereka sering kali bersembunyi di sela-sela yang tak terlihat. Untuk mendeteksi keberadaan mereka, Anda bisa mematikan lampu kamar. Usahakan sama sekali tidak ada cahaya masuk.

Lalu sisir kasur menggunakan senter. Dengan cara ini tungau lebih mudah terlihat sehingga lebih mudah untuk membasmi mereka. Namun, waspadai saat terkena senter pergerakan tungau juga menjadi lebih cepat.

Pasang Jebakan

Pasang jebakan sederhana. Anda bisa memasang double tape di sudut-sudut atau celah-celah tempat tidur. Biarkan perekat selama 3-5 hari. Tungau yang melalui akan menempel pada perekat.

Cara ini mungkin tidak akan menghilangkan semua tungau tapi bisa mengurangi jumlah tungau bertahap.

Vacum cleaner

Menggunakan vacum cleaner merupakan cara terbaik untuk membersihkan kasur dari tungau-tungau sekaligus debu. Gunakan daya hisap yang besar, semakin kencang akan semakin bersih.

Gunakan ujung vacuum yang pipih sehingga bisa menjangkau celah-celah kasur. Setelahnya langsung bersihkan alat vacuum, jangan terlalu lama membiarkan sisa kotoran berada di dalam badan vacuum.

Rutin mengganti seprai kasur

Rajin mengganti seprai kasur Anda setidaknya seminggu sekali. Anda juga harus memperhatikan cara mencuci seprai.

Gunakan air panas untuk merendam seprai selama 30 menit sebelum dimasukan ke mesin cuci. Air panas ini berguna untuk mengangkat debu dan mematikn tungau yang menempel di seprai.

Lapisi kasur

Gunakan matras pelapis kasur gunanya agar tungau tidak langsung bersarang di kasur Anda. Dengan begitu memudahkan Anda juga ketika membersihkan.

Anda tak perlu susah payah mencuci kasur, cukup matrasnya saja. Kasur cukup dijemur di bawah sinar matahari.

Gunakan pembersih bakteri

Cara terakhir, gunakan bahan kimia pembasmi kutu dan tungau yang aman bagi Anda. Lap seluruh kerangka tempat tidur menggunakan cairan pembersih.

Lap hingga ke sudut-sudut rangka, termasuk kaki ranjang.

Foto: Pixabay

Rina Susanto

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Perhatikan Postur Tubuh Saat Bersihkan Rumah

RumahCom - Pernahkah saat membersihkan rumah, Anda malah mengalami sakit pinggang? Atau ada bagian tubuh yang keseleo ketika Anda tengah menggosok lantai kamar mandi? Jangan dikira membersihkan rum

Lanjutkan membacaOktober 17, 2016

Penyebab Anda Gemuk Saat di Rumah

RumahCom - “Iya, nih, banyak kerjaan. Jadinya tak sempat olahraga,” itu biasanya alasan Anda saat ada yang mengatakan tubuh Anda semakin gemuk. Padahal, jika Anda dapat mengatur waktu kerja den

Lanjutkan membacaOktober 31, 2016

Mencegah Timbulnya Alergi di Rumah Anda

RumahCom - Anda tak bisa mengatakan Anda bebas alergi. Pasalnya, alergi baru terjadi jika Anda bertemu pemicunya atau melakukan tes alergi. Salah satu jenis alergi yang sering terjadi di rumah adal

Lanjutkan membacaNovember 9, 2016

Masukan