Ragam Tanaman Rambat untuk Rumah Minimalis

Fathia Azkia2 Des 2016

RumahCom – Ada banyak cara yang bisa dikerjakan untuk membuat rumah minimalis Anda semakin menawan. Salah satunya dengan menggunakan tanaman rambat sebagai penghias eksterior, baik itu di pagar rumah, dinding, maupun kanopi.

Tanaman rambat sendiri merupakan jenis tanaman dengan akar yang tumbuh di dalam tanah, sementara batangnya tumbuh diatas permukaan tanah. Jenis tanaman ini punya sifat percabangan, alias adanya organ tertentu yang memungkinkan tanaman menjalar di media tertentu.

Seiring berkembangnya ide, tanaman rambat kini tak hanya digunakan untuk dekorasi outdoor, tetapi juga indoor. Bentuknya yang kecil memang sangat cocok untuk hunian mungil. Contohnya bisa ditiru seperti potret berikut.

tanaman rambat 1

Sumber: studiohopscotch.blogspot.com.au

Tidak hanya menghasilkan keindahan alam, dekorasi tanaman rambat (asli) juga mampu menyuplai oksigen bagi penghuni rumah.

Bila dilihat dari karakteristik dan tempat tumbuh yang sesuai, tanaman rambat dapat dibagi menjadi empat: tanaman yang merambat di dinding, air, pergola, dan di dalam ruangan.

Untuk tanaman yang menempel di dinding, sebaiknya memiliki akar yang kuat seperti:

  • Tanaman dolar atau daun jawa
    Tanaman satu ini mudah ditemui di toko tanaman, dan ternyata memiliki banyak manfaat. Mulai dari obat untuk ambeien, diare, hingga mampu menetralisir radikal bebas karena memiliki kandungan flavonoid dan juga polyphenol.
  • Sirih (Piper betle)
    Tanaman asli Indonesia ini tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Menurut wikipedia, sirih berguna untuk menyembuhkan batuk, sariawan, jerawat, keputihan, sakit gigi karena berlubang, demam berdarah, hingga asma.
  • Ivy (Hedera helix)
    Tanaman Ivy adalah tanaman perennial yang tumbuh merambat dengan proses pertumbuhan yang cepat. Layak digunakan di mana saja, entah itu dinding rumah, batang pohon, atau penutup tanah kosong di taman.

tanaman rambat 2

(Simak juga: Indoor Garden Bikin Rumah Lebih Cantik Nan Menawan)

Sementara jika pemilik rumah menginginkan tanaman yang merambat dipergola, ada dua jenis yang mesti diketahui. Pertama, tanaman bersulur seperti anggur atau pare. Kedua, tanaman yang merambat ke atas bila memiliki penopang batang antara lain:

  • Bugenvil/kembang kertas (Bougainvillea sp)
  • Alamanda (Allamanda cathartica)
  • Singonium (Syngonium sp)
  • Bohemia
  • Daun pilo (Philodendron sp)
  • Pandorea
  • Ceguk/wundani (Quisqualis indica)
  • Melati (Jasminum Sambac)

Sementara itu, bila mendambakan nuansa hijau di kolam ikan, ada empat tanaman air merambat yang bisa dipilih, diantaranya:

  • Teratai (Nymphaea sp)
  • Eceng gondok (Eichornia crassipes)
  • Kangkung (Ipomea aquatica)
  • Ganggang (Gidrilla sp)

Terakhir, untuk pemakaian indoor, jenis tanaman disarankan sirih gading (Epipremnum) dan daun sirih (Piper betle). Mengapa demikian?

Tidak hanya cantik dan sedap dipandang, rupanya tanaman sirih dinilai efektif membasmi racun seperti gas karbon monoksida dan formaldehid. Terutama bila asap rokok kerap menyebar di dalam rumah.

Foto: Pinterest

Fathia Azkia
Penulis adalah content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: Fathiaazkia@rumah.com atau melalui Twitter: @fathianyaaa

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Bila Tanaman Bisa Bicara

Halaman impian semua orang idealnya dihiasi tanaman dengan bunga-bunga yang cantik yang memanjakan mata. Selain sedap dipandang, halaman yang indah juga membantu mengurangi penat sekaligus menyumba

Lanjutkan membaca4 Agu 2016

Jenis Tanaman ini Bisa Jadi Pagar untuk Rumah Anda

RumahCom - Rumah dengan lahan yang terbatas, terkadang mendorong penghuninya untuk pintar-pintar 'memutar otak' untuk tetap menjaga fungsi sekaligus mempercantik estetika rumah. Terlebih area ekste

Lanjutkan membaca26 Agu 2016

Khasiat Tanaman 'Apotek Hidup' yang Wajib Anda Ketahui

RumahCom – Menjalankan pola hidup sehat di rumah, bisa dimulai dengan membuat taman yang bertemakan ‘Apotek Hidup’. ‘Apotek Hidup’ merupakan istilah untuk taman atau kebun yang menyediak

Lanjutkan membaca13 Sep 2016

Tanaman ini Dapat Tingkatkan Kualitas Tidur Anda

RumahCom – Apakah Anda sering merasa kesulitan tidur di malam hari? Lalu pernah mencoba berbagai metode seperti menggunakan obat-obatan, teknik relaksasi, kasur yang lebih empuk, minum teh di malam

Lanjutkan membaca26 Sep 2016

Tips Merawat Tanaman di Dalam Ruangan

RumahCom - Untuk menciptakan ruangan yang segar dan lapang, sekaligus mengatasi halaman rumah yang terbatas, Anda meletakkan tanaman di dalam ruangan. Pot tanaman hias juga akan mempercantik ruanga

Lanjutkan membaca25 Okt 2016

Masukan