5 Cara Mencegah Rumah Jamuran

Boy Leonard22 Des 2016

5 cara mencegah rumah berjamur

RumahCom – Musim hujan dengan udara dingin kerap membuat suasana di rumah menjadi lembap dan pengap.

Udara yang lembap tak hanya membuat suasana rumah jadi tidak nyaman, tetapi dapat merusak perabot di dalamnya.

Kondisi lembap bisa memicu timbulnya jamur pada barang-barang di rumah. Agar hal ini nggak terjadi pada rumah Anda, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah rumah menjadi sarang jamur.

Banyak ventilasi

Umumnya jamur akan tumbuh dan cepat berkembang biak di daerah yang hangat ataupun lembap. Untuk menghindarinya buat banyak ventilasi di rumah.

Apalagi jika rumah Anda tidak begitu luas. Bisa dengan membuat satu jendela namun dengan ukuran besar sehingga sirkulasi udara lancer.

Tepat meletakkan furnitur

Furnitur kayu dan bahan semi leather rentan berjamur pada kondisi lembap. Jika Anda memiliki perabot dengan bahan tersebut usahakan jangan diletakkan pada posisi menempel ke dinding sehingga perabot mendapatkan sirkulasi udara yang cukup. Aliran udara akan mengurangi kondisi lembap di sekitar perabot.

Perhatikan isi lemari

Jangan mengisi lemari terlalu penuh, baik lemari pakaian maupun lemari penyimpanan barang. Lemari yang terlalu padat dengan barang membuat udara di dalam sulit mengalir sehingga menimbulkan kelembapan. Ini yang dapat menyebabkan udara menjadi lembap.

Bersihkan bekas bocor atau banjir

Jika ada bekas banjir dan bocor pada rumah Anda, segera bersihkan dalam selang waktu 24-28 jam. Bekas bocor/banjir biasanya akan lembap dan menimbulkan jamur.

Jika dibiarkan dapat melebar ke area sekitarnya. Apalagi, saat ini sudah masuk musim penghujan sehingga antisipasi sebaiknya sudah disiapkan.

Penyejuk udara

Kurangi kelembapan udara di dalam ruangan hingga mencapai 30-60 persen untuk mencegah pertumbuhan jamur dengan menggunakan penyejuk ruangan seperti AC, dehumidifiers, atau exhaust fan.

Pemakaian karpet

Jika rumah Anda berada di area dengan kelembapan udara tinggi, sebaiknya hindari menggunakan karpet.

Karpet cepat lembap pada ruang yang memiliki kelembapan tinggi, sehingga bisa menjadi sarang bakteri dan jamur. Jika tetap menggunakan usahakan Anda sering menjemurnya di bawah sinar matahari.3-4 hari sekali.

Foto: Pixabay

Rina Susanto

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Mengusir Lalat Buah dari Dalam Rumah

RumahCom - Hewan ini sering datang tanpa diundang. Akibat ukuran tubuhnya yang kecil, lalat buah sering luput dari perhatian Anda. Lalat buah suka mengerubungi buah atau sayuran lainnya dan membuat

Lanjutkan membaca11 Nov 2016

Ini Caranya Rumah Bebas Virus Zika

RumahCom - Musim hujan telah tiba. Di musim ini, satu hal yang harus selalu diperhatikan adalah mencegah perkembangbiakan nyamuk, terutama nyamuk Aedes aegypti. Nyamuk yang satu ini benar-benar ber

Lanjutkan membaca15 Nov 2016

7 Aplikasi untuk Pekerjaan Rumah Tangga

RumahCom - Pekerjaan kantor dan pekerjaan rumah terkadang sambung-menyambung tak ada habisnya. Waktu istirahat pun menjadi sesuatu yang langka. Setelah seharian sibuk berkutat di kantor, Anda harus

Lanjutkan membaca22 Nov 2016

Mencegah Aroma Apek di Dalam Gudang

RumahCom - Aroma lembap dan apak terkadang membuat Anda malas berkegiatan di dalam gudang. Akibatnya, sejumlah aktivitas rumah tangga yang lain pun jadi ikut tertunda. Begitu tidak nyamannya aroma

Lanjutkan membaca16 Des 2016

Masukan