Tangga Selaron, Inspirasi Desain Interior dari Brasil

Boy Leonard23 Des 2016

escadaria selaron

RumahCom – Tahukah Anda bahwa di sudut Kota Rio de Janeiro, Brasil terdapat sebuah tangga cantik dengan desain yang sangat menarik.

Tangga Selaron dibuat oleh seorang seniman ternama Brasil bernama Jorge Selaron. Karena itulah, tangga ini dinamakan Escadaria Selaron.

Tangga sepanjang 125 meter ini dibalut dengan warna-warna cerah. Jika dilihat sangat menginspirasi dan penuh kreativitas.

Tangga ini dilapisi dengan 2.000 keramik dengan beragam motif. Keramik-keramik itu ditempelkan secara tak beraturan namun tampak indah saat dipandang.

Awalnya Selaron tidak sengaja menciptakan karya ini, yang ternyata menjadi sebuah ikon tersendiri bagi orang yang mengunjunginya.

Selaron tinggal dekat dengan lokasi tangga itu berada. Pada tahun 1990, Selaron mengubah tangga yang ada menjadi unik dengan balutan warna-warna cerah. Sayangnya sebelum tangga ini selesai dibuat, Selaron meninggal dunia.

Menariknya karya Selaron ini ternyata membuat kawasan Lapa menjadi terkenal. Bahkan menjadi destinasi wisata wajib untuk wisatawan lokal maupun mancanegara.

Secara tak langsung Selaron telah mengubah kondisi ekonomi penduduk di sekitar tangga Selaron, yang semula berpendapatan rendah, menjadi berpenghasilan mencukupi.

Tak berlebihan kalau tangga ini masuk ke dalam majalah internasional seperti National Geographic dan Time, membuat Selaron mendapat gelar Carioca, gelar khusus penduduk Rio de Janeiro yang banyak mendedikasikan diri untuk kota.

Desain cantik ala Escadaria Selaron ini pun sangat memungkinkan untuk diterapkan pada hunian Anda. Cukup mudah kok membuatnya. Anda bisa menggunakan pecahan keramik dengan berbagai warna cerah seperti merah, biru, kuning, hijau, putih, dan sebagainya.

Tempelkan secara tak beraturan pada anak tangga tersebut. Saat menempelkan keramik-keramik tetap perhatikan nilai estetika, ya, sehingga hasil akhir memuaskan.

Pada beberapa bagian Anda bisa menempelkan keramik dengan motif tegel kunci. Ini akan semakin membuat suasana berbeda. Sementara pegangan tangga bisa dicat dengan warna-warna cerah seperti hijau toska, biru, atau kuning.

Desain ala Escadaria Selaron ini akan akan membawa nuansa tropis pada rumah Anda. Cocok diaplikasikan pada rumah bergaya bohemian, tropical, coastal, eklektik, Maroko, atau vintage.

Foto: Pixabay

Rina Susanto

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Warna-warna Ini Bisa Menambah Nafsu Makan

RumahCom - Warna dalam ruangan dapat memengaruhi mood dan menjadi elemen penting dalam menentukan suasana ruangan. Warna juga dapat digunakan untuk menciptakan nuansa ruang yang merangsang penghuni

Lanjutkan membaca15 Jan 2015

5 Langkah Mudah Betah Tinggal di Rumah Mungil

RumahCom - Rumah nyaman yang luas adalah idaman setiap orang. Selain ruang gerak bebas, pikiran pun akan terasa terbuka. Kadang, Anda merasa rumah Anda sudah terlalu sesak dan mengidamkan rumah bar

Lanjutkan membaca8 Nov 2016

Tips Menerapkan Desain Interior Bohemian pada Rumah

RumahCom - Selain urban, minimalis, dan skandinavian, saat ini gaya interior bohemian juga sedang menjadi tren. Bertolak belakang dengan gaya minimalis yang terlihat rapi dan tertata, desain interi

Lanjutkan membaca10 Nov 2016

Hasil Riset: Bohlam Kuning Baik untuk Kamar Tidur

RumahCom - Anda mungkin kurang menyukai bohlam kuning dengan alasan memberikan kesan mengantuk. Lampu bohlam kuning memang kurang nyaman jika digunakan untuk membaca atau bekerja. Di luar segala ke

Lanjutkan membaca15 Des 2016

Masukan