Cosmas: Generasi Muda Harus Siap Tinggal di Apartemen

Fathia Azkia28 Des 2016

RumahCom – Peremajaan kota (urban renewal) merupakan salah satu solusi demi mengatasi masalah keterbatasan lahan perkotaan untuk perumahan. Demikian hal tersebut diungkapkan Direktur Utama PT Agung Podomoro Land Tbk, Dr. Cosmas Batubara.

“Peremajaan kota adalah suatu upaya mengganti sebagian atau seluruh unsur-unsur lama dengan unsur-unsur baru, dengan tujuan untuk meningkatkan vitalitas dan kualitas lingkungan. Nantinya, kawasan tersebut akan memberikan kontribusi yang lebih baik bagi kota secara keseluruhan. Ini merupakan solusi untuk mengatasi kekurangan lahan di perkotaan,” ujarnya.

Menurutnya, salah satu bentuk implementasi konsep peremajaan kota dalam mengatasi sulitnya pengadaan lahan guna mencukupi kebutuhan perumahan kota yaitu dengan membangun rumah susun atau apartemen.

Ia menambahkan, “Karena terbatasnya lahan di kota-kota besar, pemerintah daerah harus membangun rumah susun atau apartemen.”

Namun, karena kultur sebagian besar masyarakat Indonesia hidup di rumah tapak, ia mengusulkan pemerintah dan pengembang untuk melakukan edukasi kepada generasi muda agar siap hidup di lingkungan apartemen.

Sejarah Penyediaan Perumahan Rakyat

Cosmas Batubara yang juga dikenal sebagai mantan menteri negara perumahan rakyat, kemudian menguraikan sejarah perjalanan program pengadaan perumahan rakyat sejak Indonesia merdeka hingga saat ini.

Pengadaan perumahan rakyat merupakan salah satu amanat utama yang tercantum dalam Undang-undang Dasar 1945. Dari sejak kabinet pertama republik hingga Kabinet Kerja dibawah Presiden Joko Widodo saat ini, sektor perumahan menjadi prioritas.

Di era Presiden Joko Widodo program pengadaan perumahan dilakukan dengan menggabungkan Kementrian Pekerjaan Umum dengan Kementrian Perumahan Rakyat (PUPR).

Program pengadaan Satu Juta Rumah juga telah diluncurkan pada 2015 untuk memenuhi program nasional pengadaan kebutuhan 15 juta rumah. Presiden Joko Widodo, menurut Cosmas, juga telah mengeluarkan sejumlah kebijakan untuk mendukung program pengadaan perumahan.

Diantaranya yang terbaru adalah Paket Kebijakan Ekonomi (PKE) XIII. Seperti diberitakan sebelumnya, lewat PKE XIII ini Pemerintah akan menyederhanakan regulasi sekaligus menekan pajak yang dikenakan bagi pengembang kawasan perumahan.

Artinya, jika sebelumnya ada 33 izin dan tahapan, kini pengembang hanya perlu melewati 11 izin dan rekomendasi.

Dengan pengurangan izin dan tahapan ini pula, maka waktu pembangunan MBR yang selama ini mencapai 769 – 981 hari, bisa dipercepat menjadi hanya 44 hari saja.

Sejak isi Paket Kebijakan Ekonomi ke-13 dipublikasikan, hampir seluruh pengembang memang berharap banyak agar PP ini segera turun karena menyangkut penyederhanaan perizinan bagi rumah masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang dinilai sangat mendesak.

Sebab hal ini turut berdampak pada tantangan keterbatasan daya beli masyarakat. Dengan perizinan yang lebih ramping dan waktu yang lebih pasti, biaya produksi rumah diyakini dapat lebih murah dan harga jual pun lebih terjangkau bagi MBR.

Fathia Azkia
Penulis adalah content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: Fathiaazkia@rumah.com atau melalui Twitter: @fathianyaaa

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Ketahui Biaya Ekstra Tinggal di Apartemen

RumahCom – Apartemen kini mulai menjadi pilihan tempat tinggal kaum urban. Selain lokasinya yang strategis dan mudah menjangkau pusat aktivitas sehari-hari, perawatan bangunannya juga terbilang lebi

Lanjutkan membaca25 Nov 2016

6 Jurus Selamat dari Kebakaran Apartemen

RumahCom - Foto-foto peristiwa kebakaran yang terjadi pada sejumlah hunian vertikal atau apartemen di Jakarta dalam sebulan terakhir ini rupanya sempat menjadi sorotan banyak media. Bahkan banyak jug

Lanjutkan membaca7 Des 2016

Lokasi Strategis, Apartemen di Tangerang Hanya Rp200 Jutaan

RumahCom - Tangerang sebagai kota penyangga Jakarta nampaknya akan terus berkembang seiring majunya infrastruktur di sana. Bahkan, tidak sedikit opini masyarakat yang beredar bahwa perkembangan Tanger

Lanjutkan membaca13 Des 2016

Jelang Akhir Tahun, Pengembang Apartemen Gencarkan Promo

RumahCom – Sudah hal yang lumrah jika menghadapi akhir tahun sejumlah pengembang berani memberikan promo menarik kepada konsumen. Tujuannya tak lain adalah untuk meraih target penjualan agar mampu m

Lanjutkan membaca14 Des 2016

Om Telolet Om! Ini Dia Apartemen Murah Jabodetabek Dekat Terminal Bus

RumahCom – Fenomena “Om Telolet Om” tengah merasuki banyak pengguna jagat media sosial di Indonesia. Popularitasnya pun tidak hanya sebatas Tanah Air, melainkan juga mewabah ke berbagai belahan

Lanjutkan membaca22 Des 2016

Masukan