Trik Siasati Sempitnya Apartemen Studio

Fathia Azkia28 Des 2016

RumahCom – Apartemen tipe studio hingga kini masih menjadi pilihan favorit masyarakat yang membutuhkan hunian di tengah kota. Selain karena harganya yang terjangkau, tipe studio dinilai cocok bagi pekerja kreatif maupun profesional yang mengutamakan gaya hidup praktis.

Tak pelak desain apartemen studio rata-rata mengusung konsep yang sama, yakni dengan satu ruang besar yang memadukan antara kamar tidur, dapur, kamar mandi dan ruang santai sekaligus. Luasan ruangnya berkisar mulai 20m2 hingga 26m2.

Karena luasan yang terbatas ini, banyak penghuninya berpikir sangat tidak memungkinkan untuk mendekorasi apartemen tipe studio layaknya rumah tapak.

Padahal, memiliki ruang apartemen yang sempit bukan berarti Anda harus berpikir sempit juga. Sebaliknya, Anda mesti berpikir luas dalam menghias apartemen yang kecil dengan mengikuti aturan berikut ini.

Gunakan Furnitur Multifungsi

Menggunakan furnitur multifungsi tidak hanya bersifat lebih praktis, namun juga menghemat banyak ruang di apartemen Anda.

Dari mulai penggunaan meja dan tempat tidur yang memiliki rak penyimpanan barang dibawahnya, atau sofa dengan space untuk rak buku. Cara ini pun dinilai sangat berhasil membuat apartemen menjadi lebih luas.

Nah, untuk dekorasi multifungsi seperti ini, Anda dapat menconteknya dari unit apartemen yang ada di Dave Apartment.

Selain multifungsi, Anda juga perlu mencari furnitur yang bisa dilipat (foldable). Salah satunya kursi lipat.

Furnitur ini ideal bagi Anda yang tinggal sendiri atau berdua, karena hanya digunakan saat ada tamu berkunjung. Selain itu, kursi lipat juga bersifat fleksibel sehingga bisa disimpan dan diletakkan di ruang manapun.

Tirai Sebagai Pembatas

Penggunaan tirai sebagai pembatas merupakan cara mudah untuk memisahkan -bukan membagi- ruang di apartemen Anda.

Kehadiran tirai sangat membantu untuk memisahkan antar ruang tamu dan kamar tidur. Tirai juga dapat digunakan untuk membatasi dapur, ruang makan, serta ruangan lainnya.

Sementara jika melihat contoh unit studio di Apartemen Titanium Square, untuk memisahkan ruang privasi dengan ruang beraktivitas dipergunakan partisi kaca bermaterial sandblast.

Untuk Dapur Anda

Untuk membuat dapur apartemen memiliki kesan luas, Anda dapat menggunakan jendela lama sebagai pembatas ruangan dan gerobak bergulir untuk memaksimalkan tempat penyimpanan.

Untuk mengaplikasikan jendela, hubungi profesional terlebih dahulu. Penggunaan jendela kaca dirasa mampu memberikan batasan antara dapur dengan ruangan lain, namun tidak membatasi pandangan Anda sehingga apartemen tetap terlihat lapang.

Sedangkan untuk rak dengan roda, Anda bisa membelinya di toko perabotan rumah atau membuatnya sendiri.

Penggunaan rak beroda ini efektif dalam memaksimalkan dapur yang kecil karena selain dapat memberikan tempat penyimpanan ekstra, gerobak ini juga dapat dipindahkan sesuai keinginan dan ringan.

Jaga Agar Tetap Terorganisir

Apartemen yang terorganisir tentu saja akan memberikan banyak ruang dan membuatnya tetap bersih. Pintarlah memilah barang mana saja yang harus disimpan, dan yang harus dibuang.

Tetapi kesalahan yang sering dilakukan ketika ingin mengorganisir apartemen, adalah dengan membeli tempat penyimpanan yang dianggap sebagai solusi cepat dan mudah. Ternyata hal ini bukan jawaban tepat. Karena terkadang ukuran tempat penyimpanan justru memakan lebih banyak ruang.

Ilusi Mata dengan Cermin

Memasang cermin di apartemen merupakan solusi pintar untuk memberikan ilusi ruangan yang lebih besar. Selain itu, penggunaan cermin juga membawa manfaat lainnya, yaitu membuat ruangan lebih cerah dan hidup dengan adanya pantulan cahaya.

Anda bisa menggunakan cermin berukuran besar yang ditempel di dinding. Secara instan, hal ini memberikan ilusi bahwa ruangan tersebut adalah ruangan yang besar. Inilah yang diaplikasikan unit studio di apartemen Tamansari Mahogany.

Jika tak menyukai penggunaan cermin besar, Anda dapat memasang banyak cermin kecil untuk memberikan ilusi yang maksimal.

Fathia Azkia
Penulis adalah content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: Fathiaazkia@rumah.com atau melalui Twitter: @fathianyaaa

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Cara Menyulap Apartemen Studio Jadi One Bedroom

RumahCom - Apartemen tipe studio hingga kini masih cukup banyak diminati masyarakat, khususnya yang tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta. Biasanya, kategori penghuni tipe studio merupakan mahasi

Lanjutkan membaca1 Mar 2016

Contek 5 Layout Ringkas Untuk Apartemen Studio

RumahCom – Menata perabot pada apartemen studio yang terbatas merupakan tantangan tersendiri. Apalagi jika Anda terbiasa tinggal di rumah tapak dengan luas bangunan di atas 70 meter persegi. Pa

Lanjutkan membaca6 Jul 2016

Tiga Apartemen di Bawah Rp300 Jutaan di Tangerang

RumahCom – Apartemen dewasa ini tidak hanya diperuntukkan sebagai tempat tinggal saja, melainkan juga sarana berinvestasi yang prospektif. Bagaimana tidak, dibanding rumah tapak, apartemen dinilai l

Lanjutkan membaca1 Des 2016

Penghuni Apartemen di Depok Dapatkan Berbagai Kesenangan!

RumahCom - Menempati apartemen di Depok sebenarnya memiliki keuntungan, terutama bagi Anda yang memiliki rutinitas tinggi seperti di Jakarta dan sejumlah wilayah lainnya. Ditinjau dari segi lokasi,

Lanjutkan membaca6 Des 2016

Cosmas: Generasi Muda Harus Siap Tinggal di Apartemen

RumahCom – Peremajaan kota (urban renewal) merupakan salah satu solusi demi mengatasi masalah keterbatasan lahan perkotaan untuk perumahan. Demikian hal tersebut diungkapkan Direktur Utama PT Agung

Lanjutkan membaca28 Des 2016

Masukan