Mengenal Roster dan Fungsinya

Boy LeonardDesember 30, 2016

tips mengenal roster

RumahCom – Mungkin belum banyak yang mengenal elemen roster. Roster merupakan inovasi desain rumah yang terbilang modern dan artistik.

Roster bukan merupakan elemen desain baru, tetapi tengah menjadi tren. Dengan elemen ini tampilan ruangan bisa menjadi lebih indah dan menarik.

Roster merupakan partisi atau penyekat antarruang yang memiliki fungsi utama sebagai lubang sirkulasi udara dan pencahayaan di siang hari pada sebuah ruang. Di luar negeri roster dikenal dengan istilah ventilation block.

Dalam perkembangannya, penggunaan roster kini tak hanya untuk luar ruangan, tapi merambah ke interior ruangan. Roster dapat digunakan sebagai pagar rumah, tempat menaruhpot, atau secondary skin untuk fasad rumah.

Ukuran roster bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Roster bisa terbuat dari beragam jenis material. Untuk Anda yang belum mengetahui jenis-jenis roster, berikut ini empat jenis roster beserta kelebihan dan kekurangannya.

Roster Batako
roster batako

Contoh roster batako.

Roster ini mudah dijumpai di banyak hunian. Karena terbuat dari batako, biasanya memiliki warna abu-abu. Roster jenis ini lebih sering digunakan untuk di bagian luar rumah.

Namun jika Anda dapat mendesainnya dengan baik, roster jenis ini dapat memberi kesan unfinished pada bangunan. Cocok untuk bangunan bergaya industrial atau urban. Harganya pun cukup murah dan tahan lama.

Roster Keramik
roster keramik

Roster keramik memiliki banyak pilihan. Permukaannya yang mengilap membuatnya terlihat elegan.

Roster jenis keramik memiliki harga yang relatif mahal dibandingkan bahan material lainnya. Keunggulannya, material ini memiliki banyak pilihan motif, pola dan warna.

Roster keramik dapat membuat tampilan rumah sangat cantik. Bisa diaplikasikan untuk partisi dalam rumah. Cocok untuk rumah bergaya klasik. Kekurangannya roster ini rentan pecah jika tersenggol.

Roster Kayu
roster kayu

Roster kayu sangat cocok untuk memperkuat kesan etnik dalam rumah Anda.

Roster bermaterial kayu akan membuat tampilan rumah lebih modern dan minimalis. Roster kayu juga membuat suasana rumah lebih menyatu dengan alam dan sejuk.

Roster jenis ini bisa Anda aplikasikan di dalam ruang sebagai partisi antarruang. Cocok untuk gaya rumah modern. Kekurangannya roster jenis ini rawan terserang rayap. Pastikan Anda benar-benar merawatnya.

Roster Tanah Liat
roster tanah liat

Roster tanah liat adalah salah satu bahan roster yang sudah digunakan sejak lama. Sama seperti kayu, roster ini bisa menambah kesan etnik.

Biasanya memiliki warna merah kecoklatan seperti batu bata pada umumnya. Bisa diaplikasikan di bagian luar rumah, seperti halaman depan, garasi. Namun jenis roster ini mudah rapuh.

Foto: Spacehistories.com

Rina Susanto

Arsitek Indo Kontraktor
Aug 29, 2019
terima kasih atas informasinya, bahasa mudah dipahami boleh untuk kunjung website kami di https://jasaarsitekmalang.net
KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Mengenal Ragam Kusen dan Kelebihannya

RumahCom - Keindahan rumah tak hanya dilihat dari warna cat dinding atau tanaman yang ada di halamannya. Kusen di jendela pun ikut memengaruhi keindahannya. Tampilan kusen yang bersih dan modern ju

Lanjutkan membacaSeptember 30, 2016

Tangga Selaron, Inspirasi Desain Interior dari Brasil

RumahCom - Tahukah Anda bahwa di sudut Kota Rio de Janeiro, Brasil terdapat sebuah tangga cantik dengan desain yang sangat menarik. Tangga Selaron dibuat oleh seorang seniman ternama Brasil bernama

Lanjutkan membacaDesember 23, 2016

Yuk, Desain Rumah Lewat Aplikasi Digital

RumahCom - Setelah mengumpulkan uang selama bertahun-tahun, akhirnya bujet untuk mendirikan rumah pun tersedia. Apalagi Anda memang sudah memiliki tanah yang cukup luas untuk membangun rumah impian.

Lanjutkan membacaDesember 26, 2016

Masukan