Cara Ampuh Usir Semut di Dapur

Kantri Maharani30 Des 2016

RumahCom – Semut merupakan jenis serangga yang hidup di kawasan tropis. Karakteristik mereka yang berkoloni menjadikan semut dikenal sebagai serangga sosial. Sarang-sarang yang sudah dibuat oleh mereka cukup teratur dan mampu menampung hingga ribuan semut per koloni.

Karena semut menyukai daerah tropis. tidak heran jika rumah-rumah di Indonesia kerap disarangi koloni semut, mulai dari jenis semut besar, semut hitam, semut api, semut merah, atau semut rangrang.

Jika dahulu semut lebih identik sebagai pemburu makanan dan minuman manis, nampaknya saat ini semut tidak hanya menyukai unsur manis saja. Bahkan, terkadang semut rumahan mulai berkerumun pada sudut-sudut bagian rumah seperti dinding, teras, ruang tamu, kamar tidur dan dapur.

Di antara bagian rumah yang sudah disebutkan, dapur adalah bagian yang kerap disambangi semut. Tentu saja, hal tersebut dikarenakan dapur merupakan ‘gudang makanan’.

Nah, agar dapur atau area lain di rumah Anda terbebas dari kerumunan semut, berikut adalah cara ampuh untuk mengusirnya, seperti dilansir dari laman wikihow.com:

1. Identifikasi semut terlebih dahulu

Seperti Anda ketahui, bahwa semut memiliki jumlah spesies yang banyak. Masing-masing spesies memiliki cara penanggulangan yang berbeda. Agar efektif, sebaiknya lakukan identifikasi jenis semut yang ada di dapur Anda.

Beberapa yang diidentifikasi antara lain, bentuk tubuh, warna, dan ukuran semut. Kemudian, cobalah untuk mencari informasi melalui internet terkait hasil identifikasi yang sudah dilakukan.

2. Cari jalan atau pintu utama rombongan semut

Beberapa pintu utama sebagai jalan masuk rombongan semut biasanya terletak di jendela, pintu, lampu, hingga retakan pada dinding. Dengan mengetahui pintu utama semut merupakan cara ampuh untuk memutus mata rantai pengintaian semut terhadap makanan.

Apabila Anda sudah mengetahui lokasi pintu utama yang dilalui semut, Anda bisa segera membersihkannya. Upaya yang bisa Anda terapkan dengan meletakan lada hitam, cabe rawit, cabai
cengkeh, bawang putih, daun salam, daun mint, daun kemangi.

(Simak juga: Bahan Alami Pengusir Semut di Rumah)

Sedangkan upaya untuk mengatasi pintu utama pada sebuah retakan dinding atau kayu, bisa menggunakan larutan cuka yang disemprotkan ke secara merata.

3. Membersihkan lantai menggunakan campuran air lemon

Salah satu indikasi semut menyambangi rumah Anda, bisa dikarenakan faktor kebersihan lingkungan rumah. Untuk itu, pastikan rumah Anda bersih. Salah satu cara membersihkan rumah adalah dengan mengepel lantai.

Selain menggunakan cairan pembersih lantai, cobalah untuk menambahkan larutan air lemon. Khasiat Air lemon dipercaya sebagian orang mampu menghalau semut agar tidak masuk ke dapur Anda kembali.

Kantri Maharani
Penulis adalah Content Writer: Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan Penulis, Anda bisa mengirim email ke:kantrimaharani@rumah.com atau twitter @jeungkant

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

4 Tips Atasi Hawa Panas di Dalam Rumah

RumahCom - Indonesia memiliki musim panas yang terik. Saat musim panas udara di sekitar dan di dalam rumah cenderung ikut panas. Menurut seorang pakar Tri Harso Karyono, umumnya jika suhu udara di

Lanjutkan membaca29 Des 2016

Begini Cara Agar Rumah Aman dari Perampok

RumahCom – Kasus perampokan disertai tindak kekerasan yang terjadi di rumah milik Dodi Triono di Pulomas, Jakarta Timur, seolah menjadi pelajaran bagi masyarakat luas untuk lebih ekstra siaga dalam

Lanjutkan membaca30 Des 2016

Kurang Sosialisasi, BPJS Ketenagakerjaan Hapus Program DP Rumah

RumahCom - Fasilitas Pemberian Uang Muka Perumahan (PUMP) dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan sudah dihentikan sejak hampir dua tahun lalu. Keputusan untuk dihentikannya fa

Lanjutkan membaca30 Des 2016

Masukan