Saat Hujan, Berada di Rumah Juga Bisa Menyenangkan!

Kantri MaharaniFebruari 15, 2016

RumahCom – Hujan yang nyaris terjadi setiap hari di musim hujan kerap membuat penghuni rumah membatalkan kegiatan dan tinggal di rumah saja. Rasa bosan pun melanda. Meski demikian, banyak hal sebenarnya yang masih bisa Anda lakukan di rumah.

Hujan sejatinya adalah berkah dari Tuhan. Banyak manfaat air hujan untuk kebaikan di Bumi, terutama menjaga ekosistem alam agar tetap seimbang. Namun ada kalanya kita kesal dengan hujan yang turun. Sebabnya, hujan membuat Anda harus berdiam diri di rumah.

Alih-alih hanya berdiam diri dan menggerutu, situasi ini justru menjadi kesempatan untuk melakukan hal-hal yang sebelumnya jarang Anda lakukan, yakni bersantai. Seperti dikatakan seorang Kartunis asal Amerika Serikat, Bill Waterson mengatakan:

“Rainy days should be spent at home with a cup of tea and a good book”

Menikmati rintikan hujan sembari menyeruput secangkir teh hangat dan lembaran buku, adalah hal menarik yang kerap dilakukan oleh banyak orang.

Untuk mendukung aktivitas tersebut, ada baiknya Anda membuat spot bersantai di rumah. Misalnya seperti tips-tips di bawah ini.

1. Ayunan Teras Rumah

Ayunan teras rumah yang bisa dinikmati pada saat hujan.

Ayunan teras rumah yang bisa dinikmati pada saat hujan (source: pinterest)

Salah satu area favorit penulis serial Harry Potter, JK Rowling dan anaknya, Mackenzie (7 tahun) di rumah adalah ayunan yang berada di sekitar taman rumah berkayu mereka.

Ayunan memang menyenangkan bagi siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Sensasi duduk sambil diayun dan bergoyang ternyata bisa membuat nyaman pikiran, apalagi sembari menikmati gemericik hujan. Hembusan angin dan udara sejuk kian menambah ketenangan hati.

Anda bisa menikmati ayunan ini seraya membaca buku kesukaan atau juga bisa sambil berbincang dengan keluarga. Suasana ini akan menciptakan kedekatan yang sederhana tetapi akan mengesankan. Tumbuhan hijau yang rindang juga akan menambah kesejukan pandangan, bila dilihat dari sudut teras.

Untuk itu, rumah dengan konsep hijau di sekitar rumah ternyata memberikan efek yang positif bagi penghuni. Tidak perlu dengan lahan yang super luas, Anda bisa memanfaatkan sedikit lahan hijau dengan rerumputan dan tanaman di dalam pot.

2. Ranjang Tidur Dekat Jendela

Ranjang tidur dekat dengan jendela.

Ranjang tidur dekat dengan jendela (source: pinterest)

Bagi Anda yang introvert berdiam diri lama-lama di kamar sudah pasti tidak akan membuat bosan. Banyak hal yang bisa dilakukan seperti membaca novel kisah romantis atau hanya menulis diary merupakan agenda wajib untuk Anda yang introvert.

Secara dekorasi interior, ranjang tidur memang disarankan untuk tidak berdekatan dengan jendela. Hal itu, dikarenakan akan menggangu sirkulasi udara dan debu yang masuk melalui jendela akan membahayakan pernapasan Anda.

Tetapi, ide memindahkan ranjang dekat jendela bisa Anda lakukan bila pada saat hujan saja. Sesekali saja dibolehkan, namun setelah itu Anda bisa mengembalikan kembali posisi ranjang semula.

3. Sofa dekat jendela

Posisi sofa dekat dengan jendela akan memberikan kenyamanan Anda dalam menekspresikan dalam tulisan.

Posisi sofa dekat dengan jendela akan memberikan kenyamanan Anda dalam menekspresikan dalam tulisan (source:pinterest)

Menikmati titik-titik hujan dari dalam rumah memang bisa dilakukan melalui salah satunya dengan jendela. Sama halnya dengan ide memindahkan ranjang tidur dekat jendela, kali ini Anda bisa menggunakan sofa nyaman. Ide ini bisa menjadi pengganti ranjang tidur bila dirasa sangat sulit untuk memindahkannya.

4. Penghangat dari meja ala Jepang

Meja makan ala Jepan yang bisa menjadi alternatif penghangat tubuh pada saat musim hujan.

Meja makan ala Jepan yang bisa menjadi alternatif penghangat tubuh pada saat musim hujan (source: pinterest)

Pada saat hujan, suhu udara akan menurun. Untuk menghangatkan diri, biasanya kita menggunakan jaket, mantel, dan kaos kaki. Tidak sedikit juga yang hanya berdiam diri di balik selimut ranjang tempat tidur.

Tetapi tidak ada salahnya Anda mencoba cara orang Jepang menjaga badannya tetap hangat di cuaca dingin. Yakni dengan menempatkan bed cover ukuran besar di atas meja lesehan yang sebelumnya dialasi karpet.

Dengan begini, Anda bisa menunggu hujan reda sembari bercengkerama bersama keluarga. Anak-anak biasanya menyukai hal seperti ini. Karena selain menghangatkan tubuh, mereka senang dengan hal-hal menarik seperti bercerita atau bahkan bersenda gurau.

5. Kemah buatan di dalam rumah

Membangun tenda buata di dalam rumah yang bisa memberikan jiwa petualang sang anak meningkat.

Membangun tenda buata di dalam rumah yang bisa memberikan jiwa petualang sang anak meningkat (source: pinterest)

Satu lagi cara untuk menunggu hujan bersama keluarga. Anak-anak biasanya mudah bosan saat tidak bisa berkegiatan di luar rumah. Nah, untuk menghadirkan suasana outdoor, Anda bisa membuat kemah di dalam rumah.

Kemah dadakan ini bisa menggunakan bahan-bahan seperti kain atau sarung yang dikaitkan menggunakan kayu atau tali tambang. Agar lebih terkesan hidup, bisa ditambahkan lampu tempel atau lampu kerlap-kerlip yang menjuntai di sepanjang kayu penyangga.

Tambahkan juga matras atau kasur lipat yang bisa Anda kondisikan layaknya rumah mungil yang nyaman. Ikut sertakan anak-anak Anda dalam membangun kemah ini. Biarkan mereka berkreasi semau mereka.

Ketika kemah sudah selesai dibangun, Anda bisa mengasah imajinasi anak Anda dalam sebuah cerita unik yang diadopsi dari dongeng-dongeng rakyat. Jadikan Anda dan anak-anak sebagai lakonnya. Pasti menyenangkan.

Feature picture: pixabay.com

Kantri Maharani

Penulis adalah Content Writer: Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan Penulis, Anda bisa mengirim email ke:kantrimaharani@rumah.com atau twitter @jeungkant

 

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Mengenal 4 Syarat Rumah Ideal

RumahCom - Memilih rumah yang berkualitas bagi pemula mungkin gampang-gampang susah. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Dalam bukunya "Konstruksi Bangunan Gedung Tidak Bertingkat" , Benny Pusp

Lanjutkan membacaJanuari 27, 2016

4 Trik Membuat Langit-langit Tampak Tinggi

RumahCom - Langit-langit rumah yang tinggi tidak hanya membuat sirkulasi udara menjadi lebih lancar, tetapi juga membuat rumah terlihat lebih luas. Secara psikologis, langit-langit rumah yang tinggi

Lanjutkan membacaFebruari 1, 2016

Rumah Unik Tahan Gempa

RumahCom - Indonesia merupakan satu dari negara di dunia yang rentan mengalami gempa bumi. Jika dilihat dari jalur cincin lempengan bumi, letak geografis Indonesia berada pada jalur bertemunya tiga le

Lanjutkan membacaFebruari 4, 2016

Tips Praktis Bersihkan Kipas Angin Plafon

RumahCom - Bila Anda memiliki rumah bergaya klasik dan menggunakan kipas angin yang dipasang pada langit-langit rumah (ceiling fan), masalah utama yang muncul adalah debu yang menempel di bilah-bilah

Lanjutkan membacaFebruari 12, 2016

Masukan