Membersihkan Kamar dalam Beberapa Menit, Bisa!

Anto ErawanFebruari 24, 2016

RumahCom – Suasana kamar yang berantakan dapat memengaruhi kualitas tidur Anda. Kamar tidur yang rapi dipercaya dapat membuat tidur lebih nyaman dan bangun dengan keadaan segar bugar serta meningkatkan mood.

Ada cara mudah membenahi kamar tidur dalam waktu singkat, mulai dari 1, 5, 10, hingga 15 menit. Berikut ini tips yang dilansir dari laman HuffingtonPost berikut:

1 Menit: Bersihkan Debu di Penutup Lampu
Anda bisa membersihkan debu di penutup lampu menggunakan penghisap debu, karena aman digunakan untuk semua permukaan datar dengan bahan kain, kertas, atau kulit. Jika Anda tidak memiliki penghisap debu, gunakan kuas kering besar dengan bahan lembut untuk merontokkan debu-debu tanpa merusak penutup lampu.

5 Menit: Bersihkan Bantal
Bantal sebaiknya dibersihkan 6 bulan sekali, demikian saran dari Jypsy Bailey, Direktur Housekeeping Boston, Amerika Serikat. Cara terbaik untuk membuat bantal Anda awet lebih lama adalah menggunakan sarung bantal yang dapat dibuka dan dicuci secara berkala.

Untuk mencuci bantal, tempatkan dua bantal sekaligus dan masukkan ke dalam mesin cuci. Keringkan dengan panas yang cukup atau jemur di bawah matahari. Gunakan bola karet agar bantal bisa kembali ke bentuk semula.

Tanda bahwa Anda harus mengganti bantal, adalah ketika Anda melipatnya menjadi dua namun bantal tersebut tidak kembali ke bentuk semula.

10 Menit: Rapikan Tempat Tidur
Para ahli pembersih merekomendasikan untuk membalik dan memutar kasur Anda setiap enam bulan sekali untuk mencegah kasur mengembung hanya di satu sisi.

Putar 180 derajat hingga kasur berdiri vertikal kemudian gunakan penghisap debu untuk membersihkan debu atau bila ada kutu yang menempel di kasur tersebut.

Untuk menyegarkan kasur Anda, kombinasikan beberapa cangkir baking soda dengan beberapa tetes essential oil, kemudian semprotkan campuran tersebut ke permukaan kasur.

Diamkan selama 10 menit untuk menghilangkan bau yang tidak sedap, sesudah itu bersihkan sisa-sisa bubuk yang menempel dengan penghisap debu. Disarankan juga Anda mengganti seprai 1 – 2 minggu sekali dan bersihkan kasur setap bulan jika Anda memiliki alergi tertentu.

15 Menit: Segarkan Kamar
Menepuk-nepuk seprai ketika membereskan tempat tidur dapat menyingkirkan debu. Setelah itu, untuk membuat seprai lebih segar, semprotkan pewangi seprai sebelum merapikan tempat tidur.

Anda juga bisa membersihkan perabotan kamar dengan menyemprotkan cairan pembersih khusus di permukaan perabotan yang Anda buat sendiri. Buat cairan pembersih menggunakan 1 cangkir cuka putih yang dicampurkan dengan ½ sendok teh minyak zaitun.

Lakukan pembersihan dengn cara berputar mengelilingi kamar, sehingga Anda dapat mengingat mana yang belum dan sudah dibersihkan.

(Mita Agustina)

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Sepuluh Trik Optimalkan Ruang di Kamar Tidur Anda

RumahCom - Sebagai pemilik rumah, memiliki kendala pada ukuran kamar tidur merupakan salah satu hal yang wajar. Jika kamar tidur Anda tidak terlalu luas, tentunya diperlukan beberapa tips yang unik

Lanjutkan membacaNovember 19, 2015

Mewujudkan Kamar Tidur Impian

RumahCom – Ketika Anda baru saja melewati hari yang melelahkan di kantor, Anda berusaha mencari jalan yang paling cepat menuju rumah. Harapan Anda adalah berkumpul dengan keluarga sesegera mungkin l

Lanjutkan membacaNovember 18, 2015

Langkah Cerdas Mendetoks Kamar Tidur Anda

RumahCom – Fungsi utama dari kamar tidur adalah ruang beristirahat. Namun, ada pula yang menjadikan kamar tidur sebagai sarana kegiatan lain  seperti membaca buku, bekerja dan bermain bagi anak-ana

Lanjutkan membacaDesember 3, 2015

Enam Desain Kamar Tidur Loteng

RumahCom – Luas tanah dan bangunan yang terbatas membuat sebagian pemilik rumah sederhana bingung saat hendak menambah ruang tidur di rumah mereka. Jika modifikasi horizontal tak memungkinkan, vert

Lanjutkan membacaJanuari 21, 2016

Tips dan Inspirasi Mendesain Kamar Bayi

RumahCom – Mendesain kamar tidur anak, khususnya bagi anak pertama menjadi hal yang menyenangkan bagi orang tua. Biasanya mereka akan diselimuti oleh perasaan bahagia dan antusias menyambut kelahira

Lanjutkan membacaFebruari 4, 2016

Masukan