Mau Jadi Broker Andal? Pahami Dulu Gadget dan Teknologinya

Fathia AzkiaFebruari 29, 2016

RumahCom – Di jaman yang serba canggih, mengenal dan menguasai jenis-jenis gadget, mulai dari ponsel pintar, tablet PC, hingga laptop adalah hal wajib. Hal ini juga berlaku bagi para agen properti atau broker.

Saat ini, konsumen lebih sering melakukan kontak lewat pesan singkat, surat elektronik, maupun telepon. Seperti tujuan utamanya, gadget memang dirancang guna memperlancar koneksi antar dua orang meski terpaut oleh jarak dan waktu.

Berbicara kepada Rumah.com, Senin (29/2), pemilik Bisnis Properti Sinergi sekaligus Broker, Ahmad Abusali, mengungkap pentingnya peran gagdet dalam menunjang profesi sehari-harinya.

“Menurut saya, yang wajib dimiliki oleh seorang broker adalah smartphone atau tablet, yang sudah dikendalikan oleh operating system baik Android maupun IOS. Selain itu, pastikan kemampuan dari kedua perangkat tersebut cukup mumpuni dalam hal penyimpanan data. Cari yang spesifikasi RAM-nya (Random Access Memory) minimal 2GB,” ujarnya dengan intonasi meyakinkan.

Pria yang akrab disapa Pak Ahmad ini juga mengedepankan fitur internet yang tersedia dalam gadget, berikut dengan aksesoris pelengkap.

“Jangan sampai lagi detik-detik mau deal dengan konsumen, tiba-tiba ponselnya mati karena kehabisan baterai. Oleh karena itu powerbank dan charger usahakan selalu ada di dalam tas. Aksesoris lain yang sebaiknya perlu ada di kantong adalah headset, agar komunikasinya lebih nyaman dan tidak bikin kuping cepat panas. Radiasi lewat ponsel pintar kan bahaya juga,” jelasnya sambil tertawa.

Broker tanpa gadget = bisnis mati

Ketika disinggung soal wearable device teranyar seperti bluetooth headset, Ia merasa perangkat ini belum bisa dikategorikan sebagai kebutuhan mendesak bagi broker. Di mata Ahmad, smartphone dengan kualitas kamera terbaik lebih penting ketimbang membeli aksesoris penunjang.

“Sebagai broker, kemampuan untuk memotret juga harus terus dikembangkan. Karena sedikit banyak, foto turut mempengaruhi minat konsumen. Nah, untuk mendapatkan kualitas gambar yang bagus, tentu perlu didukung oleh smartphone atau kamera digital yang punya resolusi tinggi,” tutur pria berusia 46 tahun ini.

Selain memperlancar komunikasi, gadget yang didukung oleh fitur internet juga mampu membuat beberapa pekerjaan terasa efektif dan efisien.

“Sekarang saya bisa update wawasan soal perkembangan dunia properti, berikut harga, tren dan beritanya, melalui portal online yang bisa diakses lewat browser. Salah satu yang sering saya ikuti beritanya adalah Rumah.com. Jadi kesimpulannya, gadget itu modal utama bagi profesi broker. Tanpa gadget, bisnis properti sekarang tidak akan hidup,” ungkapnya.

Cara agar performa tetap terjaga

Apakah peran komputer masih diperlukan? Kendati profesi broker berkaitan erat dengan mobilitas tinggi, Ahmad mengatakan bahwa komputer tetap dibutuhkan dan menjadi andalan keduanya untuk menyimpan sejumlah data penting.

“Dokumen seperti brosur, foto rumah, price list, kenaikan harga, dan foto sertifikat rumah, itu bisa disimpan dalam ponsel pintar. Akan tetapi bahaya pencurian kan bisa menimpa siapa saja. Untuk itu, agen properti perlu melakukan backup data secara berkala. Tujuannya sudah tentu, agar sisi profesionalisme tetap terjaga,” katanya seraya memberi contoh.

Terakhir, saat ditanya seberapa besar manfaat gadget bagi broker, Ahmad menuturkan bahwa peran gagdet dan ragam aplikasi di dalamnya sangat berarti terutama di era modern seperti sekarang.

“Aplikasi yang musti diunduh oleh broker adalah Whatsapp. Karena sekarang, kebanyakan pelaku bisnis lebih menyukai social networking tersebut. Selain itu, perlu juga download aplikasi edit foto, desain rumah, dan kalkulator perhitungan suku bunga bank. Nah, agar proses meng-upload listing properti yang akan dijual semakin mudah dan bebas hambatan, sebaiknya broker mengunduh aplikasi mobile Rumah.com yang sudah tersedia di Google Play Store dan Apple Appstore,” tandasnya.

Foto: Fathia Azkia

 

Fathia Azkia
Penulis adalah content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: Fathiaazkia@rumah.com atau melalui Twitter: @fathianyaaa

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Trik Memasang Iklan Properti

RumahCom – Dalam menjual rumah, apartemen, atau properti lain, salah satu strategi paling penting adalah memasang iklan. Iklan yang dibuat harus efektif dan tepat sasaran, sehingga mampu menjaring c

Lanjutkan membacaJanuari 8, 2015

5 Fungsi Broker dalam Jual-Beli Rumah

RumahCom - Membeli atau menjual rumah memerlukan pengetahuan dan menguras banyak waktu dalam prosesnya. Bagi Anda yang tidak memiliki waktu atau pengalaman dalam membeli rumah, Anda bisa menggunaka

Lanjutkan membacaMaret 26, 2015

Tips Memilih Broker Properti yang Andal

RumahCom – Menjual rumah tanpa perantara memang sekilas lebih menguntungkan, namun kerap menguras tenaga, pikiran, dan waktu. Anda pun mesti selalu siaga menerima telepon atau menerima orang yang

Lanjutkan membacaApril 28, 2015

8 Tanda Agen Properti yang Tepat untuk Anda

RumahCom - Penggunaan jasa agen properti kini menjadi pilihan yang kian populer. Agen atau broker banyak dipercaya karena mereka sangat memahami pasar secara lebih luas serta siap terjun langsung ke l

Lanjutkan membacaAgustus 13, 2015

Broker Properti Wajib Kantongi SIU-P4

RumahCom – Broker properti tak hanya wajib memiliki sertifikat atau lisensi yang dikeluarkan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Broker Properti, tetapi juga diharuskan memiliki Surat Izin Usaha Perus

Lanjutkan membacaNovember 27, 2015

Masukan