Tips Cermat Memilih Rumah Bebas Banjir

Kantri MaharaniMaret 3, 2016

RumahCom – Memiliki rumah yang berada di kawasan  banjir sungguh merepotkan. Setiap tahun, Anda harus bergelut mengamankan barang-barang agar tidak basah. Lebih parah lagi, Anda tak bisa kemana-mana karena terkepung genangan air.

Sejumlah daerah, termasuk kota-kota besar di Indonesia, kerap menjadi langganan banjir. Tak tanggung-tanggung, tingginya genangan air bisa mencapai satu meter lebih. Hal ini bisa disebabkan oleh tata kelola lingkungan yang salah oleh pemerintah setempat, atau karena bentuk daerahnya sendiri.

Nah, agar terhindar dari membeli rumah langganan banjir, cermati tiga tips berikut dari Rumah.com:

1. Lihat peta rawan banjir

Sebelum membeli rumah, Anda sebaiknya melihat peta daerah rawan banjir. Dulu, mendapatkan informasi secara lengkap agak sulit tetapi kini di era keterbukaan informasi, Anda bisa mengaksesnya bahkan dengan duduk santai di rumah.

Silakan masuk ke sejumlah situs internet seperti petajakarta.org, geospasial.bnpb.go.id, dan pu.go.id. laman-laman tersebut bisa menjadi referensi Anda untuk memantau mengetahui lokasi rawan banjir yang terjadi 5 tahun terakhir.

2. Survei lokasi rumah secara langsung

Memantau lokasi secara langsung adalah cara yang paling bijak dan tepat Anda lakukan. Tanyakan kepada orang-orang sekitar mengenai keadaan lingkungan saat musim hujan. Cari tahu juga sistem drainasenya, dengan melihat kondisi sungai dan saluran air limbah yang ada di sekitar lokasi. Anda perlu sedikit meluangkan waktu untuk mengeksplorasi lokasi secara menyeluruh.

Festo Apriananto, Manager Operasional PT. Sejahtera Karunia Alam selaku perusahaan pengembang Perumahan Griya Cipayung mengatakan, lokasi perumahan yang berdekatan dengan sungai yang besar, berpotensi banjir sebab rentan meluap saat hujan.

“Selain itu, perhatikan juga kondisi saluran drainase baik dan memiliki sistem yang baik. Meskipun tidak berdekatan dengan sungai, bila rumah tidak memiliki sistem drainase yang dapat mengalirkan air hujan dengan baik, juga bisa menyebabkan banjir,” Ujar Festo dalam sambungan telepon kepada Rumah.com, Selasa (1/3/2016).

 

3. Perhatikan kondisi bangunan rumah 

Hal penting yang juga harus Anda perhatikan adalah kondisi bangunan rumah. Konstruksi bangunan rumah menjadi faktor pendukung.

Ivan Gunadi, Direktur Luccor Group selaku perusahaan pengembang Perumahan Du Vire Royale Residence memberi saran.

– Perhatikan konstruksi jalan cluster perumahan. Disarankan untuk berbahan paving block, yang dapat menyerap air.

– Pembuatan struktur bangunan diusahakan agar memiliki rasio yang cukup antara luas bangunan dengan sisa lahan hijau. Memang tidak ada patokan khusus untuk besar kecilnya rasio. Namun untuk rasio 35% bisa dikatakan cukup baik.

– Pemasangan pipa sebagai pengalir air hujan dari atap, harus dipasang sesuai dengan kapasitas volume air.

– Rumah harus memiliki lahan hijau, seperti taman. Fungsi taman selain sebagai estetika, ternyata dapat menjadi resapan air.

Feature picture: Anto Erawan

Kantri Maharani
Penulis adalah Content Writer: Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan Penulis, Anda bisa mengirim email ke:kantrimaharani@rumah.com atau twitter @jeungkant

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Hadapi Banjir Tahunan, Lakukan Hal Ini!

RumahCom – Beberapa hari terakhir, hujan deras mulai menyapa ibukota. Alhasil, sebagian kawasan mulai tergenang air. Pemerintah Jakarta memang telah melakukan langkah-langkah antisipasi, namun An

Lanjutkan membacaJanuari 23, 2015

Apakah Rumah Anda Bisa Mendapat Asuransi Banjir?

RumahCom – Kendati perusahaan asuransi menawarkan asuransi banjir, tetapi ternyata tidak semua daerah bisa mendapatkan perlindungan asuransi untuk risiko ini. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengelu

Lanjutkan membacaApril 3, 2015

Lima Tips Mencegah Rumah dari Banjir

RumahCom - Tak bisa dipungkiri musim hujan sudah tiba, seperti pada tahun lalu beberapa daerah di indonesia terendam air akibat musim hujan yang deras. Beberapa kawasan bahkan sempat terendam banjir.

Lanjutkan membacaDesember 28, 2016

4 Kombinasi Warna Cat Rumah Ini Bikin Cantik

RumahCom - Apakah Anda pernah membeli rumah baru, namun Anda harus mengecat ulang beberapa bagian dari rumahnya? Jika ya, situasi tersebut bisa jadi Anda lakukan karena warna cat rumah tidak sesuai d

Lanjutkan membacaFebruari 23, 2016

Masukan