Memanfaatkan Ranting Pohon Jadi Dekorasi Rumah

Isnaini Khoirunisa1 Mar 2016

RumahCom – Untuk menghias interior rumah, Anda tidak selalu membutuhkan biaya yang besar. Dengan sedikit niat dan kreatifitas, Anda bahkan bisa membuat sendiri dekorasi dari alam. Salah satunya adalah dengan menggunakan ranting pohon.

Bentuknya yang meliuk liuk membuat ranting pohon terlihat cantik. Untuk menambah kecantikannya, Anda bisa memberi warna natural atau memanfaatkan laurtan peroksida agar ranting menjadi pucat warnanya. Penasaran bagaimana cara mendaur ulangnya, simak artikel yang diadaptasi dari Countryliving.com berikut ini!

Lampu gantung kayu

diy2

Untuk membuat lampu gantung yang dililit ke sebuah ranting pohon bercabang ini, Anda harus bisa menemukan cabang yang bagus. Setelah dibersihkan dan memotong rapi setiap ujungnya, Anda tinggal menggantungkan beberapa bohlam pijar di setiap sisinya agar komposisinya seimbang. Gantung dengan kabel listrik yang cukup kuat untuk membuat suasana nyaman pada kamar tidur atau meja makan Anda.

Pegangan tangga batang pohon

diy3

Meskipun agak sulit mencari batang pohon yang pas untuk pegangan tangga Anda, tapi usaha tersebut tidak akan sia-sia setelah melihat hasilnya yang unik. Untuk tangga lurus yang bergaya minimalis, batang pohon ini memberi sentuhan yang sangat berbeda pada rumah Anda.

Lampu dahan

diy4

Jika Anda melihat batang pohon yang memiliki bentuk melengkung ke samping, akan sempurna dijadikan sebagai penyangga lampu lantai. Tinggal menambahkan dahan kecil untuk memasang lampu pijar, maka lampu ini terlihat sangat pas menghias ruang baca atau kamar tidur Anda.

Karya seni

diy5

Ternyata, beberapa utas dahan kering tipis yang dikombinasikan sangat elegan dijadikan satu frame untuk pajangan karya seni. Tinggal membingkai di frame dan warna dasar putih, maka lukisan tiga dimensi ini siap memberi sentuhan alam pada di dinding rumah Anda. Berikan dua kombinasi warna untuk memberi kesan berbeda.

Ranting pohon gantungan kalung

diy6

Dahan-dahan pohon dari pepohonan kering di musim kemarau bisa disulap sebagai tempat menggantungkan aksesoris. Pilih aksesoris yang ringan seperti kalung dan gelang. Biarkan menjuntai pada setiap dahannya. Hiasan ini sangat cantik bahkan diletakkan di samping wastafel kamar mandi.

Sentuhan bunga artifisial

diy7

Ini adalah salah satu cara mudah membuat hiasan bunga plastik dalam ruangan. Tinggal mencari ranting pohon dengan banyak cabang mengumpul di tengah, kemudian tempelkan bunga plastik/artifisial pada setiap ujungnya. Letakkan bunga artifisial ini pada sebuah vas cantik dan letakkan di tengah meja makan Anda. Sangat mudah dan menyenangkan dilihat karena dibuat dari tangan Anda sendiri!

Pembatas Ruang

diy8

Bagi Anda yang menyukai suasana kelap kelip di dalam ruangan, coba buat pembatas ruang dengan hiasan dahan pohon. Bingkai dahan pohon tersebut pada frame pintu yang kosong. Selanjutnya, lilitkan lampu-lampu kecil di sepanjang dahan pohon dan pembatas ruang ini siap untuk digunakan. Jika tak ingin dibingkai dengan frame pintu, mereka juga bisa diletakkan pada sudut ruangan dengan lebih dulu merangkainya pada sebuah vas.

Hiasan alam di kamar tidur

diy9

Buat sandaran kepala pada ranjang tidur Anda terlihat berbeda. Mudah saja, tinggal memasang beberapa dahan pohon kering bercabang. Ini adalah cara termudah untuk membuat nuansa pedesaan urban yang minimalis, tanpa harus menambah dekorasi dinding tambahan lainnya.

Gantungan jaket

diy11

Ternyata dahan pohon yang ujungnya dipotong sedikit bisa dimanfaatkan sebagai penggantung jaket atau mantel. Caranya mudah tinggal merangkai tiga atau empat dahan menjadi satu, kemudian digantung pada depan pintu Anda.

Rak pakaian

diy10

Selain menggantung lewat dahan, batang pohonnya juga bisa Anda manfaatkan secara vertikal untuk menggantung hanger pakaian. Jangan lupa untuk mensterilkan dahan pohonnya agar benar-benar bersih dan bebas dari rayap.

Isnaini Khoirunisa
Penulis adalah content writer Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: isnainikhoirunisa@rumah.com atau melalui Twitter: @isnaainaa

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Tips Mempercantik Dinding Ruangan dengan Panel Kayu

RumahCom - Dinding rumah yang polos terkadang terlihat membosankan. Untuk itu, dinding kosong kerap kali diberi hiasan, seperti foto, poster, lukisan, atau bahkan menutupnya dengan wallpaper. Tapi seb

Lanjutkan membaca29 Feb 2016

Inspirasi dari Tradisi untuk Rumah Ramah Lingkungan

RumahCom - Indonesia yang beriklim tropis memiliki banyak kelebihan. Matahari yang bersinar hampir sepanjang tahun menjadikannya sebagai sumber daya alam yang terbarukan. Beberapa orang mungkin ber

Lanjutkan membaca29 Feb 2016

Manfaat Lain Plastic Wrap di Rumah Anda

RumahCom - Plastic wrap adalah salah satu barang penting yang harus tersedia di dapur. Biasanya digunakan untuk membungkus makanan agar terjaga dari udara bebas atau kuman. Tapi ternyata plastic wr

Lanjutkan membaca29 Feb 2016

Masukan