Ide Headboard Unik untuk Kamar Tidur

Anto Erawan4 Mar 2016

RumahCom – Tidur berkualitas adalah salah satu kebutuhan yang kerap terabaikan. Padahal tidur yang berkualitas berpengaruh pada kesehatan fisik, mental, dan produktivitas.

Perlu Anda ketahui, suasana ruang tidur bisa juga memengaruhi kualitas tidur Anda. Nah, untuk menambah mood dan kenyamanan di kamar tidur, Anda bisa berkreasi dengan menggunakan kepala tempat tidur (headboard).

Berikut ini beberapa inspirasi bentuk headboard yang bisa Anda praktikkan di rumah.

Memajang Karpet

Menyampirkan permadani (kishaniperera.com)

Karpet yang dihamparkan di lantai atau di dinding cukup sering dijumpai. Coba keluar dari kebiasaan ini. Memajang karpet pada kepala tempat tidur bisa menghadirkan nuansa interior yang tak terduga. Apalagi jika kepala tempat tidur Anda terbuat dari kayu dengan desain simpel nan alami.

Perpaduan karpet, terlebih yang berwarna gelap, dengan tekstur kayu dapat membawa nuansa etnis atau tradisional. Tak harus karpet tebal dan kaku yang sudah biasa dijumpai, Anda pun bisa memajang kain-kain tradisional Indonesia untuk mendapatkan kepala tempat tidur unik semacam ini.

Menyatukan Tempat Tidur Kembar

Menyatukan tempat tidur kembar (www.housebeautiful.com)

Ide ini boleh dicoba untuk kamar anak-anak. Jika Anda memiliki dua tempat tidur anak yang sama persis, Anda bisa menyandingkan keduanya dengan satu kepala tempat tidur yang panjang.

Warna-warna cerah namun tak mencolok juga cukup bagus untuk membangun mood di dalam kamar tidur anak-anak. Sebagai contoh, Anda bisa mencoba motif garis-garis vertikal aneka warna yang akan membuat waktu rehat buah hati Anda lebih berwarna.

Memanfaatkan Daun Pintu Antik

Daun pintu antik (www.housebeautiful.com)

Daun pintu merupakan salah satu bagian rumah yang biasanya memiliki detail menawan. Apalagi, daun pintu antik kerap dihiasi dengan ukiran-ukiran memesona.

Jika ingin menjadikan pesona ini lebih intim, Anda bisa mencoba memasang daun pintu bukan di depan rumah layaknya pintu-pintu normal, tapi di kepala tempat tidur. Daun pintu bermotif ukir antik bisa memberi kesan mewah dan elegan di peraduan.

Menyatukan Tema

Satukan tema (www.housebeautiful.com)

 

Menyatukan tema untuk dinding, kepala tempat tidur, dan sprei patut dicoba agar kamar tidur terasa lebih padu dan tidak terlalu semarak. Ini bisa kita lakukan dengan memilih warna yang sama untuk ketiganya. Untuk kamar dengan ukuran yang tidak terlalu besar, cara ini dapat membantu membangun kesan luas dan lebih leluasa.

Agar tidak terlalu monoton dan membosankan, Anda juga bisa memilih warna-warna yang agak kontras untuk selimut atau sarung bantal. Bisa juga kontras itu didapat dari karpet di lantai atau furnitur lain seperti kursi santai.

Memasukkan Unsur Alam

Potongan kayu (www.hometalk.com)

Lagi-lagi, kayu adalah material serba guna yang dapat diandalkan untuk mendekatkan rumah dengan alam sekitar. Jika Anda ingin juga mendapatkan kedekatan alami ini di kala istirahat, Anda bisa mencoba menghiasi kepala tempat tidur Anda dengan potongan-potongan batang pohon yang disusun sedemikian rupa. Dengan cara ini, dinding-dinding kamar yang dicat terang akan memeroleh kontras yang dapat menghidupkan keseluruhan ruang tidur.

Menggantungkan kain

Menggantungkan kain (www.housebeautiful.com)

Terakhir, Anda pun juga bisa mengganti kepala tempat tidur dengan kain atau gorden yang digantung membentang pada dinding. Bukan hanya Anda bebas memajang motif atau warna yang Anda sukai, cara ini juga memudahkan setiap kali Anda ingin berganti suasana dan memasang corak lain yang sesuai dengan suasana hati.

(Astrid Septriana)

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Sepuluh Trik Optimalkan Ruang di Kamar Tidur Anda

RumahCom - Sebagai pemilik rumah, memiliki kendala pada ukuran kamar tidur merupakan salah satu hal yang wajar. Jika kamar tidur Anda tidak terlalu luas, tentunya diperlukan beberapa tips yang unik

Lanjutkan membaca19 Nov 2015

Mewujudkan Kamar Tidur Impian

RumahCom – Ketika Anda baru saja melewati hari yang melelahkan di kantor, Anda berusaha mencari jalan yang paling cepat menuju rumah. Harapan Anda adalah berkumpul dengan keluarga sesegera mungkin l

Lanjutkan membaca18 Nov 2015

Langkah Cerdas Mendetoks Kamar Tidur Anda

RumahCom – Fungsi utama dari kamar tidur adalah ruang beristirahat. Namun, ada pula yang menjadikan kamar tidur sebagai sarana kegiatan lain  seperti membaca buku, bekerja dan bermain bagi anak-ana

Lanjutkan membaca3 Des 2015

Enam Desain Kamar Tidur Loteng

RumahCom – Luas tanah dan bangunan yang terbatas membuat sebagian pemilik rumah sederhana bingung saat hendak menambah ruang tidur di rumah mereka. Jika modifikasi horizontal tak memungkinkan, vert

Lanjutkan membaca21 Jan 2016

Inilah Enam Tempat Tidur Unik Nan Menarik

RumahCom - Semua makhluk hidup di bumi tentu membutuhkan sebuah aktifitas yang bernama ‘tidur’. Tidur adalah keadaan istirahat alami pada berbagai makhluk hidup, dan pada manusia tidur sangat pen

Lanjutkan membaca1 Feb 2016

Masukan