Trik Kreatif Mempercantik Tempat Tidur

Anto ErawanMaret 10, 2016

RumahCom – Kamar adalah sebuah ruangan pribadi tempat beristirahat untuk melepaskan lelah di penghujung hari. Tentu saat beristirahat, tubuh membutuhkan ketenangan dan suasana yang nyaman.

Menurut Lisa Wibowo, seorang pecinta sprei dan pemilik toko sprei premium Lula Home ada beberapa tips untuk memilih warna sprei netral serta memadu-padankannya dengan cantik di peraduan Anda.

Padukan sprei warna netral dengan aksesori

Sprai inspirasi 6 (photo LULA HOME)

Warna netral dapat mendukung untuk memberikan suasana nyaman di kamar, tentunya dibantu dengan penataan kamar yang tertata baik dan rapi. Hindari meletakkan barang yang tidak diperlukan saat beristirahat, untuk mencapai suasanya yang mendukung.

“Selain itu, warna netral pada sprei memberikan kita keleluasaan untuk bermain warna pada aksesori di tempat tidur lainnya, seperti selimut dan bantal kecil, atau bahkan aksesori pemanis di meja samping tempat tidur,” jelas Lisa kepada Rumah.com.

Pilih sprei warna netral berkualitas

Sprai inspirasi 1(photoLULA HOME)

 

Sprei polos tentunya akan lebih mudah untuk dipasangkan dengan dekor yang berbeda. Oleh karena itu, akan lebih terpakai dalam jangka waktu lebih lama.

“Ada beberapa motif yang tentunya juga tak mudah termakan zaman (timeless), seperti motif bahan Jacquard, dimana motif ditenun dengan warna yang sama. Motif bunga juga selalu digemari dari masa ke masa, terlebih beberapa tahun ini dengan adanya tren shabby chic,” tuturnya.

Pada akhirnya, semua tergantung dari selera pemilik kamar. Bagi orang yang gemar suasana baru dan melakukan perubahan dekorasi kamar, Lisa menyarankan untuk menggunakan sprei polos berwarna netral, sehingga cocok dengan berbagai dekorasi yang berbeda.

Namun demikian, Lisa menyarankan agar berinvestasi di bahan sprei yang baik. Kualitas bahan yang buruk tidak akan lekang dalam jangka waktu yang lama. Sprei dengan bahan yang kurang baik, dapat menciut atau bahkan berbulu setelah dicuci. Sementara bahan dengan kualitas baik akan lebih tahan lama dan lebih nyaman digunakan.

“Perhatikan thread count pada saat membeli sprei. Thread count yang lebih rapat dan tinggi, menunjukkan kualitas bahan yang lebih baik,” kata Lisa.

Mix n’ Match mendekorasi tempat tidur

Sprai inspirasi 5 (photo LULA HOME)

Anda dapat bermain dengan sangat kreatif dalam mempercantik penampilan tempat tidur kita. Perhatikan beberapa tips berikut:
1. Penggunaan empat bantal dengan warna atau motif berbeda tapi tetap senada.
2. Penambahan flat sheet di atas fitted sheet, dapat memberikan tambahan dimensi warna dan tekstur. Selain mempermanis, juga dapat digunakan sebagai selimut pada saat beristirahat.
3. Walaupun Indonesia negara tropis, masih banyak penggemar bedcover atau quilt untuk mempercantik penampilan tempat tidur.
4. Selimut kecil (throw) terbuat dari rajutan atau bahan bertekstur lainnya yang ditebarkan di ujung tempat tidur. Selimut ini dapat digunakan saat tidur siang atau saat menikmati acara TV.
5. Bantal kecil dengan design yang menarik dan melengkapi keseluruhan desain tempat tidur dapat mempercantik tempat tidur Anda.
6. Di luar ruang lingkup tempat tidur, meja kecil di samping tempat tidur (nakas) dapat dipercantik dengan meletakkan barang dekoratif tapi berguna, seperti lampu baca atau buku.
7. Headboard atau kepala ranjang dengan desain yang menarik tapi cukup netral juga dapat mendukung keseluruhan design tempat tidur. Jika Anda tidak menggunakan headboard, Anda dapat menggantungkan karya seni yang menarik di tembok belakang tempat tidur.
8. Tirai penutup jendela dengan desain yang senada juga membantu melengkapi desain kamar tidur.
9. Penggunaan sumber lampu yang berbeda untuk menyoroti area yang berbeda di kamar tidur juga dapat membantu mempercantik setiap area berbeda di dalam kamar tidur. Misalnya, lampu berdiri untuk sudut baca disebelah sofa, lampu baca di samping tempat tidur atau lampu sorot di depan kaca berhias. Setiap sumber cahaya tersebut akan membantu memberikan tekstur di kamar Anda dan memberikan suasana yang berbeda dibandingkan dengan satu sumber lampu yang besar.

(Astrid Septriana)

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Sepuluh Trik Optimalkan Ruang di Kamar Tidur Anda

RumahCom - Sebagai pemilik rumah, memiliki kendala pada ukuran kamar tidur merupakan salah satu hal yang wajar. Jika kamar tidur Anda tidak terlalu luas, tentunya diperlukan beberapa tips yang unik

Lanjutkan membacaNovember 19, 2015

Enam Desain Kamar Tidur Loteng

RumahCom – Luas tanah dan bangunan yang terbatas membuat sebagian pemilik rumah sederhana bingung saat hendak menambah ruang tidur di rumah mereka. Jika modifikasi horizontal tak memungkinkan, vert

Lanjutkan membacaJanuari 21, 2016

Inilah Enam Tempat Tidur Unik Nan Menarik

RumahCom - Semua makhluk hidup di bumi tentu membutuhkan sebuah aktifitas yang bernama ‘tidur’. Tidur adalah keadaan istirahat alami pada berbagai makhluk hidup, dan pada manusia tidur sangat pen

Lanjutkan membacaFebruari 1, 2016

Membersihkan Kamar dalam Beberapa Menit, Bisa!

RumahCom - Suasana kamar yang berantakan dapat memengaruhi kualitas tidur Anda. Kamar tidur yang rapi dipercaya dapat membuat tidur lebih nyaman dan bangun dengan keadaan segar bugar serta meningkatka

Lanjutkan membacaFebruari 24, 2016

Ide Headboard Unik untuk Kamar Tidur

RumahCom - Tidur berkualitas adalah salah satu kebutuhan yang kerap terabaikan. Padahal tidur yang berkualitas berpengaruh pada kesehatan fisik, mental, dan produktivitas. Perlu Anda ketahui, suasa

Lanjutkan membacaMaret 4, 2016

Masukan