Gazebo, Ruang Relaksasi di Halaman Belakang Rumah

Fathia AzkiaMaret 11, 2016

RumahCom – Beban pekerjaan yang menumpuk serta sekelumit masalah yang melanda kerap memicu datangnya stres. Walaupun beberapa ahli mengatakan stres itu baik untuk seseorang karena dapat meningkatkan indra dan mempertajam pikiran, nyatanya tingkat stres yang berlebihan bisa berakibat buruk bagi kesehatan mental dan fisik atau tubuh.

Berwisata menikmati keindahan alam adalah cara terbaik untuk melepas stres. Sayangnya, tidak semua orang, apalagi yang ada di kota besar, memiliki banyak waktu luang untuk berwisata. Siasatnnya, Anda bisa membuat sebuah gazebo di taman belakang rumah Anda sebagai sarana relaksasi.

Di gazebo ini, Anda bisa sekedar bersantai sembari menikmati teh hangat di pagi hari, atau mendengarkan musik relaksasi sembari menikmati sejuknya udara pagi. Lebih baik lagi jika disertai yoga.

Musik dipercaya dapat menenangkan detak jantung yang keras serta pikiran. Penelitian menunjukkan bahwa musik dapat memberikan efek tenang setara dengan 10mg valium. Itulah mengapa musik sering digunakan dalam terapi relaksasi.

Untuk menciptakan gazebo di belakang rumah, berikut ini sejumlah tips rangkuman Rumah.com.

Lahan ideal untuk gazebo

Dikutip dari Wikipedia, gazebo adalah sebuah ruang yang kerap dijadikan alternatif tempat berkumpul dan melakukan kegiatan santai bersama anggota keluarga. Orang Indonesia biasa menyebutnya ‘saung’. Gazebo berasal dari kata gaze (Inggris) yang artinya memandang, dan ebo (Latin) artinya ke luar, sehingga maknanya kurang lebih menjadi tempat untuk memandang ke luar.

Gazebo biasanya ditempatkan di halaman rumah, taman, teras belakang, atau di tepi kolam renang sebagai daya tarik utama area tersebut. Desainnya dibuat secara artistik dan terbuka dengan konstruksi sederhana atau tidak terlalu berlebihan.

Untuk memiliki sebuah gazebo memang diperlukan halaman rumah yang relatif luas. Karena idealnya, gazebo harus berjarak sekurang-kurangnya tiga meter dari bangunan yang lain. Jadi strukturnya tidak akan saling mengganggu. Hal ini juga bertujuan untuk menjaga keindahan gazebo sebagai salah satu elemen taman.

Sementara dari segi estetis, memaksakan kehadiran gazebo pada lahan terbatas justru akan membuat halaman semakin sempit. Selain itu, keindahan gazebo sendiri tidak dapat terekspos dengan baik karena minimnya lahan terbuka di sekeliling gazebo.

Berapa ukuran gazebo?

Menghitung ukuran gazebo bisa dilakukan dengan menyesuaikan daya tampungnya. Sebagai contoh, gazebo yang mampu menampung 4 orang sebaiknya memiliki luas 2×2 meter. Perlu diingat, ukuran gazebo tidak boleh melebihi seperlima dari luas halaman rumah, agar tercapai keselarasan dan keseimbangan ukuran dekorasi pada halaman rumah.

Ketinggian gazebo juga tidak diperkenankan lebih dari 4,5 meter. Kemudian, 50% bagian dindingnya haruslah terbuka dan bukan berupa tembok masif.

Sebagai dasar tempat meletakkan gazebo, diperlukan sebuah konstruksi khusus. Bangunan taman ini membutuhkan dasar pondasi permanen yang terbuat dari campuran pasir dan batu koral. Lapisan ini harus memiliki ketebalan sekurang-kurangnya 15 cm. Kemudian di atasnya dibuat lapisan dari semen padat setebal 7 cm. Berikut lima contoh desain gazebo yang dapat ditiru.

gazebo-halaman-rumah-1

Sudut halaman belakang rumah bisa menjadi spot yang tepat untuk meletakkan gazebo. Jerami bisa dimanfaatkan sebagai atap gazebo bergaya tradisional ini. (Sumber: spacehistories.com)

gazebo-halaman-rumah-2

Umumnya, saung atau gazebo tak memerlukan pembatas atau dinding. Akan tetapi bagi Anda yang mengutamakan sisi privasi, anyaman bambu berpola bisa menjadi partisinya. (Sumber: lushome.com)

gazebo-halaman-rumah-3

Unsur artistik pada gazebo pun bisa dituangkan lewat besi tempa yang dibuat menyerupai pohon rambat. (Sumber: lushome.com)

gazebo-halaman-rumah-4

Berbeda halnya dengan Anda yang menyukai desain sederhana. Model gazebo seperti gambar di atas nampak simple namun tetap cantik dengan atap gazebo yang terbuat dari bahan kain sunbrella. (Sumber: thegazebodesign.com)

gazebo-halaman-rumah-5

Jika sisa lahan di belakang rumah sangat memadai, tak ada salahnya bila merancang gazebo dengan ukuran besar seperti gambar. Gantungkan beberapa pot bunga untuk menambah keindahan gazebo. (Sumber: hgtvhome.sndimg.com)

Fathia Azkia
Penulis adalah content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: Fathiaazkia@rumah.com atau melalui Twitter: @fathianyaaa

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Ingin Punya Taman Kecil di Rumah? Yuk, Atur Bujetnya

RumahCom - Rumah yang nyaman tentu menjadi idaman setiap orang. Desain yang sesuai selera hingga udara yang segar bisa membuat rumah menjadi nyaman. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan membua

Lanjutkan membacaOktober 27, 2015

Sulap Taman Kecil Depan Rumah Menjadi Lebih Cantik

RumahCom – Hampir semua perumahan baru yang terdapat di kompleks, klaster dan town house selalu dilengkapi oleh lahan hijau di depan pintu rumah. Sebagian orang cukup puas dengan kehadiran rumput Je

Lanjutkan membacaJanuari 5, 2016

Trik Membuat Taman Sempit Terasa Menyenangkan

RumahCom - Setiap rumah baru yang ditawarkan pengembang selalu menyediakan taman di belakang dan depan rumah. Namun kadang, ukurannya yang kecil membuat pemiliknya kerap bingung dengan apa yang harus

Lanjutkan membacaFebruari 18, 2016

Membuat Taman Vertikal di Rumah, Mudah Kok!

RumahCom - Ingin memiliki taman di rumah, tetapi tidak memiliki lahan yang luas? Anda bisa membuat taman vertikal (vertical garden). Taman vertikal adalah konsep taman tegak, yaitu tanaman dan elem

Lanjutkan membacaFebruari 18, 2016

Mengenal Jenis Rumput Untuk Taman Rumah

RumahCom – Sebagai salah satu bagian penting dari estetika hunian, taman kerap menghiasi tampilan depan rumah Anda. Rata-rata rumah dengan tipe 36/72 memiliki tanah sisa sekitar 300cm × 300cm. Luas

Lanjutkan membacaMaret 2, 2016

Masukan