Solahart Rilis Pemanas Air yang Cocok untuk Keluarga Kecil

Anto ErawanMaret 19, 2016

RumahCom – Mandi menggunakan air hangat memiliki kelebihan. Pasalnya, air hangat akan membuat pori-pori kulit terbuka sehingga kotoran dan toksin pada kulit terlepas. Air hangat juga dapat melancarkan sistem peredaran darah, meredakan stres, dan membuat tidur lebih lelap.

Kendati Indonesia merupakan negara tropis, namun kebutuhan pemanas air (water heater) terus meningkat. Tak hanya di gedung-gedung perkantoran atau hotel, penggunaan water heater pun makin digemari di perumahan dan apartemen.

Ada tiga jenis pemanas air, yakni pemanas air tenaga matahari, gas, dan listrik (electric). Untuk sektor hunian, pemanas air listriklah yang belakangan digemari, karena lebih praktis dan pihak produsen pun makin banyak yang menawarkan pemanas air dengan kapasitas kecil—yang cocok buat pasar rumahan.

“Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar ketiga di dunia. Daya beli masyarakat yang bagus ditambah marakya pembangunan perumahan skala kecil-menengah serta apartemen, membuat Indonesia mempunyai potensi besar sebagai pasar pemanas air listrik,” jelas James Brown, Asia Manager Solahart saat peluncuran Solahart Electric Water Heater di ajang Megabuild Indonesia 2016.

Melihat perkembangan infrastuktur dan pembangunan hunian di Indonesia, imbuh James, Solahart Indonesia meluncurkan produk pemanas air listrik, yakni Solahart Electric Water Heater. Padahal selama 34 tahun, Solahart Indonesia fokus memasarkan pemanas air tenaga surya berkapasitas besar.

Pada kesempatan yang sama, Aquinas Adi Praja Rulan, Direktur Utama PT Bernadi Utama—sole distributor Solahart—mengatakan, water heater bertenaga listrik dengan kapasitas kecil dibuat agar makin banyak masyarakat yang bisa menjangkau produk tersebut.

“Selama ini kami masih bermain di kelas A dan B untuk produk Solahart solar water heater. Dengan adanya versi electric dengan kapasitasnya lebih kecil, yaitu 25, 55, dan 100 liter, maka produk pemanas listrik ini bisa menyentuh seluruh lapisan masyarakat, termasuk keluarga kecil,” kata Aquinas yang mengatakan harga jual produk ini berkisar Rp5 juta – Rp10 juta.

Sementara itu, Dicky Prasanto, National Sales Manager Solahart menuturkan, kapasitas air yang dibutuhkan dalam sekali mandi sekitar 15 liter – 20 liter, sehingga cukup menggunakan kapasitas tangki 25 liter.

“Pemanas air ini juga hanya memerlukan konsumsi daya listrik rendah, mulai 350 watt hingga 500 watt, dengan waktu pemanasan satu hingga dua jam,” katanya.

Tanki Solahart Electric Water Heater, tanbahnya, dilengkapi polyurethane foam yang ramah lingkungan setebal 5 cm, yang mampu mempertahankan suhu air lebih lama, sehingga lebih hemat energi. Magnesium Anode di dalam tangki membuat air terlindungi dari karat maupun bau. Sementara fitur ELCB melindungi peranti ini dari terbakar maupun korsleting listrik sehingga lebih aman digunakan.

Anto Erawan
Penulis adalah editor Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke:antoerawan@rumah.com atau melalui Twitter: @AntoSeorang

Foto: Anto Erawan

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Yuk! Bermain Air di Waterpark Terbesar di Indonesia

RumahCom - Sejak soft launching pada 9 Februari lalu, waterpark Go!Wet mulai menarik minat penunjung dari wilayah Jabodetabek. Di tahun pertama, pihak pengelola menargetkan jumlah pengunjung mencapai

Lanjutkan membacaMaret 16, 2015

Tips Memilih Pemanas Air (Water Heater)

RumahCom – Kendati Indonesia merupakan negara tropis, namun produk pemanas air (water heater) cukup digemari. Apalagi bagi mereka yang peduli dengan kesehatan. Mandi dengan air hangat dipercaya d

Lanjutkan membacaJuni 11, 2015

Water Wars: Fakta Mencengangkan Seputar Air Bersih

RumahCom – Sebanyak 70% permukaan bumi memang diisi air, namun 97% adalah air laut—hanya 3% air tawar. Sebanyak 96% air tawar berada di bawah tanah, sementara sisanya berada di permukaan tanah ber

Lanjutkan membacaOktober 23, 2015

4 Hunian dengan Waterpark Menarik

RumahCom - Memiliki hunian yang memiliki fasilitas lengkap tanpa harus jauh-jauh dan bermacet ria pasti menyenangkan. Apalagi jika sudah masuk akhir pekan dan liburan sekolah. Wah.. bukannya senang-se

Lanjutkan membacaDesember 23, 2015

3 Hunian yang Menggunakan Water Treatment Plant

RumahCom – Nama sistem Water Treatment Plant (WTP) mungkin masih kurang familiar di telinga masyarakat luas. Bagi Anda yang belum mengetahui apa itu WTP, ini merupakan sebuah sistem yang difungsikan

Lanjutkan membacaJanuari 7, 2016

Masukan