Prosedur dan Biaya Balik Nama Sertifikat Rumah

Fathia Azkia28 Mar 2016

balik nama sertifikat

RumahCom – Proses membeli rumah bekas tentu tidak sama dengan membeli rumah baru. Bila dalam membeli rumah baru segalanya diurus oleh pihak penjual atau pengembang, berbeda halnya dengan rumah seken.

Selaku pembeli, segala tetek-bengeknya harus diurus sendiri. Termasuk proses pengurusan balik nama sertifikat rumah yang sebelumnya tercantum atas nama penjual. Dalam hal ini, sertifikat yang dimaksud adalah Sertifikat Hak Milik (SHM).

Baca juga: Pahami Sertifikat Hak Milik Agar Mudah Mengurus Sendiri Sertifikat Tanah

SHM adalah bukti kepemilikan paling kuat atas lahan atau tanah karena tidak ada lagi campur tangan ataupun kemungkinan kepemilikan pihak lain. Status SHM juga tak memiliki batas waktu.

Sebagai bukti kepemilikan paling kuat, SHM menjadi alat paling valid untuk melakukan transaksi jual beli rumah maupun penjaminan untuk kepentingan pembiayaan perbankan.

Sebenarnya, balik nama sertifikat ini tidak mesti dilakukan bila si penjual merupakan kerabat dekat. Terlebih jika Anda sudah memegang bukti otentik lain berupa AJB (Akta Jual Beli). Akan tetapi untuk berjaga-jagi dari masalah di kemudian hari, sebaiknya proses ini segera dilakukan selepas waktu akad.

Ada empat poin penting yang perlu diperhatikan saat bikin sertifikat tanah atau balik nama, seperti:

Alur dan persyaratan

Untuk memandu Anda yang tengah dihadapkan dengan masalah balik nama sertifikat, berikut Rumah.com jabarkan lima langkah mudah mengurusnya.

1. Penjual dan pembeli telah menandatangani Akta Jual Beli dihadapan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT). Proses balik nama sertifikat rumah tidak dapat dilakukan jika akta jual beli belum ditandatangani oleh penjual, pembeli, PPAT, dan saksi.

2. Penjual telah melunasi pajak penghasilan (PPh), sementara pembeli telah melunasi Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB). Proses balik nama sertifikat rumah tidak dapat dilakukan jika PPh, BPHTB, PBB, belum dilakukan pembayaran lunas.

3. Pembeli dan penjual telah melunasi biaya Akta Jual Beli sekaligus bea balik nama sertifikat pada PPAT yang ditunjuk. Untuk jasa pelayanan yang maksimal, penjual dan pembeli sebaiknya membayar jasa PPAT di muka.

Baca juga: Cara Pemecahan Sertifikat Tanah

Hal ini dimaksudkan, ketika proses balik nama sertifikat rumah telah selesai, maka pembeli tinggal mengambil sertifikat yang telah balik nama tersebut tanpa mengeluarkan biaya lagi.

4. Kantor PPAT akan mengurus balik nama ke Badan Pertanahan Nasional (BPN) setempat dengan disertakan sertifikat asli, akta jual beli, fotokopi KTP penjual dan pembeli, bukti pelunasan PPh, bukti pelunasan BPHTB.

Untuk proses balik nama maka yang diserahkan ke BPN adalah sertifikat aslinya berikut salinan akta jual beli.

5. Jika sesuai jadwal dan prosedur maka proses balik nama kurang lebih 2 minggu, namun dalam prakteknya antara 1 sampai 2 bulan.

Berapa biayanya?

Besaran biaya pembuatan balik nama sertifikat rumah bergantung pada Zona Nilai Tanah (ZNT). Sedangkan Badan Pertanahan Nasional menetapkan ongkos pembuatan yang tergantung dari nilai transaksi berikut lokasi rumahnya.

Namun menurut situs hukumonline.com, berikut ini standar biaya pengurusannya.

balik nama sertifikat rumah

Sejumlah pembeli mengalami pengalaman tidak mengenakkan saat mengurus sertifikat tanah. Salah satu keluhan yang paling sering muncul adalah pungli (pungutan liar).

Baca juga: Tips Mengurus Sertifikat Tanah di Rumah.com

Balik Nama Sertifikat Tanah Warisan

Secara garis besar, proses balik nama sertifikat antara pemilik yang masih hidup dengan yang sudah tiada sebenarnya tidak jauh berbeda. Hanya saja ada beberapa kelengkapan dokumen yang mesti dilampirkan, dan tahapannya berlangsung hingga dua kali.

Untuk bisa menyelesaikan tahap ini, para ahli waris akan diminta mendatangi kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) sesuai domisili, dengan membawa;

  • Surat Keterangan Waris (SKW)
  • Formulir permohonan yang sudah diisi dan ditandatangani diatas materai, yang isinya mencakup; identitas diri, luas, letak dan penggunaan tanah yang dimohon, pernyataan tanah tidak sengketa, pernyataan tanah dikuasai secara fisik
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Akte kelahiran (jika ada ahli waris berusia dibawah 17 tahun)
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Surat nikah/buku nikah
  • Surat kematian
  • Sertifikat asli
  • Foto copy SPPT PBB tahun berjalan yang telah dicocokkan dengan aslinya oleh petugas loket
  • Penyerahan bukti SSB (BPHTB), bukti SSP/PPH untuk perolehan tanah lebih dari 60 Juta Rupiah bukti bayar uang pemasukan (pada saat pendaftaran hak)

Simak juga: Daftarkan Sendiri Sertifikat Rumah Guna Menghindari Pembatalan Hak Milik

Khusus untuk Surat Keterangan Waris harus dibuat oleh ahli waris, dan disaksikan oleh dua orang saksi dan dikuatkan oleh Kepala Desa tempat tinggal pewaris.

Sedangkan syarat lainnya dan prosedur diatur dalam Peraturan Kepala Badan Pertanahan Nasional No.1 tahun 2010, dan biaya diatur dalam PP No. 14 tahun 2010.

Ikuti event DealJuara, Pameran Properti Online Terbesar di Indonesia yang digelar Rumah.com mulai 20 Juli sampai 30 September 2018, dengan beragam penawaran menarik mulai dari DP 0%, cash back, gratis biaya KPR, hingga diskon Rp135 juta!

Fathia Azkia
Penulis adalah Editor di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: Fathiaazkia@rumah.com atau melalui Twitter: @fathianyaaa

Putri
Nov 11, 2021
saya beli rumah di jakarta, tapi ktp dan kk saya jawa tengah. jika mau balik nama dengan kk daerah apakah bisa?
Ika Yuliati
Apr 03, 2021
Mohon bantuannya semuanya, saya ada 3 sertifikat asli atas nama orang lain, hal ini timbul akibat hutang piutang sejak tahun 2005 namun pihak kreditur smpai sekarang blm juga datang ke saya. Pertanyaan nya apakah bisa sertifikat itu saya balik nama sementara saya tdk ada bukti tertulis dari kreditur perjanjian hal ini krn kepercayaan dan minimnya informasi atau adalah cara lain agar bisa di jadikan uang mengingat saya membutuhkan uang . Sekian Terima kasih
MOHIAP KIRAKLA
Mar 11, 2021
Saya mau tanya , karena saya baru beli rumah dan rencana saya mau balik nama kepemilikan nya. Caranya bagaimana ya , mohon solusinya
Jamilah Vivo
Mar 09, 2021
berapa biaya balik nama sertipikat notaris bilang sampai delapan juta
Amsidar Agustiansyah
Dec 05, 2020
Assalamu'alaikum...waktu itu 7 tahun yg lalu saya tugas di pulau dan saya beli rumah dari keluarga yg kerja di bank, waktu itu dia menghubungi saya dan katanya ada rumah yg akan di lelang oleh pihak bank. Karna posisi saya waktu itu berada di pulau dan butuh waktu 2 hari untuk smpai ke kota jadi segala pengurusanya saya percayakan sama keluarga tersebut. Jadi uang pembelian rumah itu saya transfer sebanyak 2X. Yg jdi masalahnya yg saya miliki sekarang baru sertifikat asli dan belum balik nama itupun sekitar 5 tahun saya baru dikasih, dan sampai sekarang tidak ada AJB, jadi terkendala untuk pengurusan balik nama. Sementara keluarga yang dulu kerja di bank sudah pindah , dan saya sudah cek langsung ke bank tempatnya dulu, sementara hasil yang saya dapat ternyata rumah yang saya beli ini statusnya belum masuk dafta rumah yg di lelang, jadi kurang lebih mungking seperti rumah yg di jual di bawah tangan. Jadi bagaimana kira-kira kelanjutannya supaya saya bisa mengurus sertifikat rumah ini?. Trma kasih
Mahar
Jun 09, 2019
Jika ada yg ingin mau urus balik nama dan sbagai nya. Bisa hubungi saya . (Jabodetabek + ngawi (jatim) Harga murah. Proses cepat dan aman.
Depati Aditya
May 29, 2019
Tuk biaya balik nama sertifikat perkiraan brapa ya?
Hen Hen
Apr 09, 2019
Mohon maaf dan bantuan yah.. Rumah orang tua saya cuma mempunyai surat ( AJB ) dari THN 1999 dan belum balik nama sampai 2019 sekarang untuk proses memiliki sertifikat apa yg harus saya lakukan terlebih dahulu
Novita Mustikawati
Apr 07, 2019
Saya mau Tanya, sebenarnya rumah saya itu sudah Lunas , hanya Saja sertifikatnya belum diambil ke pihak bank. Karena bpk saya belum sempat urus, Dan skrng bpk saya sdh meninggal.waktu sy ingin mengetahui sertifikat rmh saya Ada dmn, ternyata bank yg bekerjasama itu sdh tutup. Jd dialihkan pmbayaran nya ke bank bca. Sy sempat ke bank itu, mnjelaskan semua masalh saya. Tapimereka jg tidak tahu menahu. Malah saya disuruh kesana kesini, Dan sampai skrg tidak Ada penjelasan yg sy dptkan. Kalo seperti itu, bgaimana Yah? Mohon penjelasan nya, terima kasih.
Anis FA
Mar 22, 2019
Halo. Saya mau tanya, pakde saya ingin balik nama sertifikat rumah dan telah menujuk notaris yang bersangkutan untuk mengurus secara clear. Namun 2hari yang lalu notaris datang dan menyatakan bahwa biaya untuk keseluruhan balik nama itu sekitar 27juta rupiah. Saya sangat awam dengan ranah hukum. Mohon pencerahaan untuk kerabat yang mungkin bisa menjelaskan, kenapa biaya balik nama sertifikat tanah bisa semahal itu. Terimakasih
KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Mau Buat Sertifikat Tanah, Perhatikan 4 Hal Ini!

RumahCom – Bukti kepemilikan tanah yang paling kuat adalah sertifikat. Tetapi itu pun tidak mutlak. Sertifikat dianggap sah apabila tidak ada tuntutan pihak lain yang menyebabkan sertifikat tersebut

Lanjutkan membaca19 Agu 2014

Sebelum Beli Rumah, Kenali Dulu Jenis Sertifikatnya!

RumahCom – Mencari perumahan baru untuk keluarga kecil Anda merupakan sebuah hal yang menyenangkan. Namun saat proses akadnya, tak jarang beberapa orang akan sedikit dipusingkan dengan segenap tahap

Lanjutkan membaca30 Des 2015

Inilah Biaya, Persyaratan, dan Jangka Waktu Pengurusan SHM

RumahCom – Biaya, persyaratan, dan jangka waktu pengurusan Sertifikat Hak Milik (SHM). tentunya perlu dipahami bagi Anda yang baru saja membeli rumah atau hendak balik nama sertifikat.Dan berdasarka

Lanjutkan membaca11 Feb 2016

Inilah Proses Mengurus Sertifikat Tanah Warisan

RumahCom – Sebagian orang masih ada yang belum paham tata cara mengurus sertifikat tanah hibah atau warisan. Memang yang sedikit menyulitkan adalah jika nama yang tercantum dalam sertifikat bukan a

Lanjutkan membaca26 Feb 2016

Masukan