Ini Alasan Menggunakan Jasa Desain Interior

Isnaini KhoirunisaApril 7, 2016

RumahCom – Seberapa penting menggunakan jasa desainer interior? Pertanyaan ini kerap terlintas di benak pembeli yang baru saja menyelesaikan proses jual beli rumah pertamanya.

Kebutuhan terhadap jasa desain interior mungkin bisa berbeda-beda, sesuai dengan kebutuhan pribadi. Namun ada beberapa hal yang menjadi alasan mengapa Anda harus mengeluarkan sejumlah uang untuk merancang interior.

Mendesain ruangan bukanlah hal yang mudah, kecuali jika Anda memang memiliki keahlian di bidang tersebut. Jika Anda ingin memiliki rumah yang nyaman dan bernilai tinggi di masa depan, maka karya sang desain interior akan dibutuhkan.

Mereka bisa mendesain ruangan yang pas dengan selera dan kebutuhan Anda. Sebagian orang yang tidak mau repot bahkan mempercayakan desain interior untuk mengisi rumah dengan perabot penuh dengan bujet yang sudah ditentukan. Sangat praktis, kan?

Kalau Anda masih ragu untuk mempekerjakan seorang desain interior, coba simak beberapa alasan dibawah ini!

  1. Menghemat uang

Anda mungkin bertanya-tanya, bagaimana caranya menghemat uang jika Anda harus membayar jasa desain interior? Sebenarnya, memperkerjakan desainer yang profesional dapat membantu Anda menghindari kesalahan belanja yang justru membuat anggaran membengkak.

Selain itu, hasil karya dari si desainer juga bisa meningkatkan nilai jual rumah Anda. Misalnya Anda ingin menjual rumah di kemudian hari, sangat penting mencantumkan nama desainer beserta konsep desainnya untuk menarik minat pembeli.

  1. Kurasi profesional

Dengan pengalaman yang mereka miliki, seorang desainer interior dapat memberikan kurasi atau penilaian profesional mengenai rumah Anda.

Sudut pandang yang dimiliki oleh desainer dapat memandu kita untuk memilih model dan material yang pas untuk setiap ruangan. Mereka juga akan memberi saran jika ide kita tidak efisien untuk dijalankan. Tentunya agar tetap sesuai dengan anggaran biaya.

  1. Perencanaan dan penganggaran biaya

Fungsi lain dari desainer adalah membantu Anda agar pengeluaran sesuai dengan bujet dan menghemat waktu serta usaha.

Seorang desain interior bisa menentukan kebutuhan ruangan Anda sesuai bujet yang Anda siapkan. Anda tidak perlu repot-repot membaca resensi produk dan membandingkan harga antar satu toko dan toko lainnya. Hanya melalui satu orang, Anda bisa bertanya mengenai banyak hal.

  1. Saling berhubungan

Desain interior bisa menjembatani kebutuhan Anda dan arsitek atau kontraktor sejak awal proses pembangunan rumah.

Dengan begitu Anda bisa puas melihat hasil akhir dari proyek keseluruhan. Tanpa kita sadari, ini adalah hal yang begitu penting karena bisa menghemat waktu dan biaya.

Mereka juga sudah terlatih untuk memahami keinginan kita. Jadi jangan sungkan untuk menyampaikan dengan detil letak lampu atau sofa di ruang tamu.

  1. Sumber daya yang luas

Ada hal-hal penting yang dimiliki oleh desainer seperti koneksi vendor, sumber daya, sampai dengan alat-alat.

Dengan ketiga hal tersebut, si desainer dapat membantu Anda untuk membuat sebuah ruangan terlihat lebih unik dan memiliki tema senada.

  1. Faktor wow

Rumah yang didesain oleh desainer tentu akan memiliki “citarasa” yang berbeda dibanding rumah biasa.

Mereka sudah dilatih untuk berpikir unik dan spasial untuk membayangkan sebuah ruangan yang luar biasa demi memenuhi kebutuhan klien.

  1. Harga jual rumah

Seorang penata ruangan bisa menambah nilai estetika yang lebih pada rumah Anda. Pada akhirnya ini akan sangat menguntukan ketika Anda ingin menjual rumah.

Jadi ada dua keuntungan yang Anda dapat sekaligus: menghemat waktu dan menghemat uang di kantong Anda.

  1. Visual yang bercerita

Hal terakhir yang tidak kalah penting dimiliki oleh desainer inerior adalah mereka akan meningkatkan kualitas hidup Anda. Akan ada tampilan visual yang bercerita pada sebuah ruangan.

Sumber: freshome.com

 

Isnaini Khoirunisa
Penulis adalah content writer Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: isnainikhoirunisa@rumah.com atau melalui Twitter: @isnaainaa

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Mendesain Interior Rumah dengan Bujet Minim

RumahCom – Sadarkah Anda, bahwa mendesain interior rumah tak perlu menguras bujet yang berlebihan? Ya, dana terbatas pun nampaknya takkan mengurangi nilai keindahan dan kenyamanannya.Memang sudah se

Lanjutkan membacaMei 28, 2018

Sepuluh Akun Instagram Untuk Inspirasi Desain Interior

RumahCom - Konon katanya, sebuah rumah mampu mencerminkan kepribadian penghuninya. Adapun beberapa penilaian tersebut didasarkan oleh beberapa faktor, misalnya saja tingkat kebersihan dan pemilihan wa

Lanjutkan membacaDesember 21, 2015

Yuk, Intip Desain Interior Ruang Kerja Ridwan Kamil!

RumahCom - 'Berantakan yang diatur' begitulah judul foto yang ditulis oleh Walikota tenar, Ridwan Kamil di akun pribadi Instagramnya, Sabtu (2/1/15). Seperti apa sebenarnya isi ruang kerja orang nomor

Lanjutkan membacaJanuari 4, 2016

Kiat Jitu Menawar Harga Properti

RumahCom – Setelah menemukan properti idaman, tahapan selanjutnya adalah melakukan negosiasi harga. Ya, tawar-menawar harga bisa dilakukan bahkan dalam proses pembelian rumah baru. Sebagian ora

Lanjutkan membacaApril 7, 2016

Masukan