5 Persiapan Sebelum Mengecat Rumah

Isnaini KhoirunisaApril 11, 2016

RumahCom – Cat merupakan pelapis dinding yang ampuh mengubah tampilan interior rumah nampak berbeda. Tanpa menghabiskan banyak anggaran, mengecat rumah merupakan pilihan sederhana sebagian orang ketika hendak make over rumah.

Mengecat bisa dibilang gampang-gampang susah. Orang awam kerap kesulitan melakukan estimasi biaya dan memilih warna yang tepat. Terlebih, pilihan merek dan model cat yang semakin beragam di pasaran mungkin bisa membuat Anda bingung dalam memilih.

Untuk memandu Anda, berikut ini Rumah.com akan menjabarkan beberapa tahap sebelum mulai mengecat. Mulai dari pemilihan warna sampai aplikasi cat. Semoga bermanfaat!

  1. Pilih warna cat

tealtortoise

Ini adalah langkah awal yang terpenting namun kerap membingungkan. Apalagi jika ada pihak kedua seperti pasangan yang turut menentukan warna pilihan. Namun, Anda bisa antisipasi hal ini dengan merumuskan skema warna.

Dengan adanya skema warna, maka Anda bisa membuat tampilan dinding yang lebih colorful. Catat, jangan terpatok pada pakem yang ada. Anda bebas berkreasi, bahkan dengan menggabungkan warna gelap dan cerah sekaligus.

 (Baca juga: Hindari 5 Kesalahan Memilih Warna Cat)

  1. Hitung luas area
TIPS MENGHITUNG KONSUMSI CAT

Ilustrasi perhitungan luasan area yang akan di cat. Foto: http://www.galeriarsitektur.com/

Untuk mengetahui berapa kaleng cat yang akan Anda butuhkan dalam mengecat rumah, pertama-tama Anda harus menghitung luasan dinding atau plafon yang akan di cat.

Contoh, sebuah ruang berukuran 3 m x 4 m, dengan ketinggian 5 m.
Dinding sisi panjang: 4 m x 5 m = 2 sisi x (4×5) = 40 m2
Dinding sisi lebar: 3 m x 5 m = 2 sisi x (3×5) = 30 m2
Total luas bidang dinding: 40 m2 + 30 m2 = 70 m2

Jika plafon ingin dicat, maka tambahkan dengan luas plafon = 3 m x 4 m = 12 m2
Jadi, total luas bidang dinding dan plafon: 70 m2 + 12 m2 = 82 m2

Kurangi dengan luas pintu dan jendela. Contohnya, luas pintu = 2 m x 0,5 m = 1 m2
Maka, total luas bidang yang akan dicat: 82 m2 – 1 m2 = 81 m2

  1. Hitung kebutuhan cat

Setelah mengetahui luas bidang yang akan di cat, Anda harus menentukan merek cat apa yang akan di pilih.

Ini berkaitan dengan daya sebar cat yang berbeda-beda. Sebagai contoh untuk Dulux maka daya sebarnya sekitar 12 m2/ liter untuk pengecatan satu lapis. Sementara cat Vinilex daya sebarnya sekitar 9 m2/kg untuk pengecatan satu lapis.

Umumnya dinding baru memerlukan pengecatan hingga 3 lapis, tapi untuk renovasi atau dinding lama cukup dilakukan pengecatan 2 lapis.

Nah sekarang mari kita hitung berapa galon cat yang Anda butuhkan. Rumusnya: (total luas bidang yang akan dicat: daya sebar) x jumlah lapis pengecatan.

Maka jika menggunakan cat Dulux: 81/12 x 2 = 13,5 liter (ada 6 galon yang dibutuhkan)

(Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Cat)

  1. Kenali Jenis Cat

Untuk lokasi, jenis cat dibagi dalam cat interior dan cat eksterior. Namun belakangan ini pilihan cat interior dan eksterior juga menghasikan efek yang beraneka ragam.

Untuk interior, cat flat finish atau kesan halus dan datar banyak dipilih oleh konsumen.

Namun jika ingin menghadirkan kesan dekoratif dan artistik dalam ruangan, jenis cat dekoratif patut dicoba. Hasil akhirnya akan meninggalkan efek tekstur bergelombang, kasar, granit, atau retak-retak.

Sedangkan untuk cat eksterior, ada beberapa merek yang menyediakan cat pelapis dengan fitur anti bocor dan anti retak dari perubahan musim.

Sementara itu ada juga pilihan cat glossy atau eggshell yang memperi kesan kilap. Cat ini cocok di aplikasikan pada pintu, list atau bingkai jendela.

(Baca juga: Empat Tips Penting Memilih Cat)

  1. Siapkan Dinding Sebelum di Cat

Setelah menyiapkan berapa kaleng cat yang dibutuhkan beserta alat-alatnya, maka kini saatnya mempersiapkan dinding lama untuk dipulas.

Langkah pertama pindahkan atau tutup semua furnitur agar tidak terkena cat.

Tutup stop kontak dan bagian lain yang tidak ingin terkena cat dengan isolatip. Kemudian bersihkan tembok dari cat lama menggunakan amplas.

Pastikan permukaan dinding rata dan cat dengan warna dasar putih sebelum mulai mewarnai dengan warna favorit Anda.

(Baca juga: 6 Ide Aplikasi Cat Unik Untuk Anda Coba)

Isnaini Khoirunisa
Penulis adalah content writer Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: isnainikhoirunisa@rumah.com atau melalui Twitter: @isnaainaa

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Tips Mengecat Kamar Anak

RumahCom – Banyak orang senang mewarnai kamar anak dengan perpaduan warna-warna terang. Sekilas warna-warna terang memang menarik, tetapi tahukah Anda jika hal tersebut keliru?  Laman homed

Lanjutkan membacaSeptember 18, 2013

Tips Mengecat Dinding Rumah

RumahCom – Menghias dan mengecat rumah merupakan hal yang paling banyak dilakukan untuk menyambut Lebaran. Akan tetapi, mengecat tidak dapat dilakukan sembarangan. Ada teknik dan trik tertentu yang

Lanjutkan membacaJuli 8, 2014

Mengecat Eksterior Rumah? Jauhi Lima Kesalahan Ini!

RumahCom – Jika Anda berencana mengecat dinding eksterior rumah baru, hal yang perlu dipertimbangkan tidak hanya mencakup pemilihan warna netral saja. Meski terlihat simple, namun nyatanya Anda teta

Lanjutkan membacaOktober 29, 2015

6 Langkah Cerdas Mengecat Tembok

RumahCom – Bingung ingin renovasi rumah karena bajet terbatas?. Sedangkan 2016 tinggal menghitunh hari. Tentu ini menjadi waktu yang tepat untuk Anda berkreasi. Rumah dengan tampilan baru bukan

Lanjutkan membacaDesember 27, 2016

Masukan