6 Kesalahan Ini Sering Dilakukan Saat Tinggal Sendiri

Anto ErawanApril 11, 2016

RumahCom – Ketika akhirnya berhasil membeli apartemen atau rumah sendiri, Anda pun tak sabar ingin segera hijrah dari rumah orangtua ke hunian tersebut.

Tinggal sendiri membuat Anda lebih bebas sekaligus belajar untuk hidup mandiri. Namun, ada beberapa kesalahan yang kerap dilakukan saat Anda tinggal sendiri, enam hal ini di antaranya.

Merasa Selalu Bersih

Terlihat bersih bukan berarti selalu bersih dan bebas kuman. Cek peralatan di kamar mandi Anda. Biasanya, karena basah dan lembap, alat-alat tersebut terlihat bersih, misalnya shower, dudukan toilet, dan dinding kamar mandi.

Tidak Pernah Mengecek Kulkas

Jangan menyimpan seluruh bahan makanan di dalam kulkas. Ada beberapa sayuran yang sebenarnya lebih cocok disimpan dalam suhu ruang, misalnya bawang dan kentang. Membiarkannya di dalam kulkas malah akan membuatnya berair dan busuk, akibatnya mengundang bakteri yang akan menyebar pada bahan pangan lainnya.

Kulkas yang tidak pernah dibersihkan dan terlalu banyak bunga es, akan bekerja lebih berat sehingga menghabiskan daya listrik lebih besar.

Abai Terhadap Dapur

Dapur adalah sumber kesehatan Anda. Makanan Anda akan menjadi tidak sehat jika dapur dalam keadaan kotor.

Selain itu, kompor yang kotor dan banyak sisa makanan akan membuat gas yang mengalir menjadi tersendat atau terlalu besar. Bersihkan kompor beberapa jam setelah Anda menggunakannya untuk menghemat gas dan menghindari munculnya bakteri.

Memasak dengan hemat energi pun ada triknya. Misalnya, biasakan menggunakan panci tertutup saat memasak air atau memanaskan makanan. Kondisi ini membuat suhu panas bertahan di dalam panci, sehingga air atau makanan lebih cepat matang.

Mencuci Berlebihan

Mencuci biasanya menjadi kegiatan paling melelahkan saat Anda tinggal sendiri. Meski Anda hobi menumpuk pakaian kotor, gunakan mesin cuci sesuai kapasitasnya. Beban yang berat akan membuat mesin cuci menghabiskan energi listrik lebih banyak.

Membiarkan Kabel Tertancap pada Stop Kontak

Jika laptop tidak sedang digunakan, cabut kabelnya, karena penyerapan listriknya mencapai 15% meski laptop dalam keadaan mati—begitu juga dengan ponsel dan alat musik. Bila Anda terbiasa menonton TV sebagai teman tidur, nyalakan timer-nya, sehingga TV tidak menyala semalaman.

Cabutlah kabel listrik setiap kali meninggalkan rumah. Menurut Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), alat elektronik dalam keadaan stand by, masih menyedot listrik sebesar 5 watt. Mematikan alat elektronik yang tidak digunakan akan mengurangi tagihan listrik sekitar 10% setiap bulan. Selain itu, alat elektronik yang masih terhubung dengan listrik juga menghasilkan emisi CO2.

Sharing di Media Sosial

Jika Anda hanya sekadar sharing pendapat, sah-sah saja. Tapi, hindari mencantumkan lokasi tempat tinggal pada akun Anda, terutama jika ditambah keluh kesah Anda yang tengah sendirian di tempat tinggal tersebut. Kebiasaan Anda bisa saja menimbulkan aksi kejahatan seperti pencurian.

Saparinah Mumpuni
Foto: Stocksnap.io

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Rumah Makin Nyaman dengan Cat Anti Bocor

RumahCom – Cat adalah salah satu elemen penting untuk menambah indah penampilan rumah. Warna cat mampu menampilkan atmosfer dan efek yang berbeda bagi sebuah ruangan.Akan tetapi, cat tidak selalu te

Lanjutkan membacaMaret 11, 2016

Berkemah di Halaman Rumah, Edukatif dan Menyenangkan

RumahCom - Berkemah (camping) bisa jadi kegiatan luar ruang yang efektif untuk menghilangkan stres. Tapi jika kesibukan dan rutinitas merintangi Anda untuk pergi ke bumi perkemahan atau pegunungan, be

Lanjutkan membacaMaret 11, 2016

Stepping Stones Buat Taman Lebih Indah

RumahCom – Saat mendekorasi taman, sebaiknya pikiran Anda tidak melulu terfokus pada tanaman hias atau pohon sebagai pelengkap utamanya. Ada faktor lain yang bisa dikreasikan lebih dalam lagi. Sepe

Lanjutkan membacaMaret 16, 2016

Yuk, Bikin Hutan Mini di Halaman Rumah!

RumahCom – Hutan merupakan suatu kumpulan tumbuhan dan juga tanaman, terutama pepohonan atau tumbuhan berkayu lain, yang menempati daerah yang cukup luas. Lantas, bisakah hutan dibuat di dalam area

Lanjutkan membacaMaret 24, 2016

4 Perumahan Dekat Proyek Infrastruktur Baru

RumahCom – Mencari rumah baru bukan hanya sekadar membandingkan harga, desain, fasilitas, maupun lokasinya saja. Ada faktor lain yang rasanya perlu dipertimbangkan yaitu pengembangan infrastruktur t

Lanjutkan membacaApril 11, 2016

Masukan