RumahCom – Cara terbaik untuk membuat rumah selalu bersih dan rapi, tak lain adalah membuat jadwal membersihkan untuk sehari-hari dan mentaatinya.

Buatlah jadwal yang realistis untuk ditaati. Simak tips dari Aby Garvey penulis buku Simplify 101 dalam membuat jadwal membersihkan rumah:

1. Persiapan

Buat prioritas. Anda memerlukan inspirasi apa yang harus dilakukan untuk mendapatkan rumah rapi dan bersih. Siapkan alat tulis dan buku kecil, kelilingi rumah dan amati properti apa saja yang yang harus selalu dirapikan dan dibersihkan di ruangan.

Daftar ini akan menjadi dasar utama dalam menyiapkan jadwal. Pastikan juga Anda memiliki alat pembersih yang lengkap dan sesuai dengan kebutuhan, agar agenda membersihkan bisa selesai dalam waktu yang efektif.

2. Pilih Ruangan

Buat daftar ruangan di rumah yang perlu dibersihkan secara berkesinambungan, termasuk lorong di rumah, tangga, dan pintu masuk. Tinggalkan ruangan yang jarang digunakan, seperti gudang atau kamar tamu dari daftar. Bersihkan ruangan tersebut di saat tertentu atau jika dibutuhkan.

3. Identifikasi Tugas

Kunjungi setiap ruangan yang tertulis di daftar jadwal, satu per satu. Lihat sekeliling, bikin daftar bagian mana saja yang perlu dibersihkan setiap hari. Buat urutan membersihkan dari atas ke bawah, yaitu dari langit-langit hingga ke lantai.

4. Bersihkan Seluruh Bagian Rumah

Anda bisa melihat daftar bagian mana saja di rumah yang perlu dibersihkan sebagai berikut:

Semua ruangan:
–        Debu di langit-langit/kipas angin gantung/sarang laba-laba di pojokan dinding.
–        Bersihkan pegangan pintu dan debu di bingkai pintu.
–        Debu di jendela, bingkai foto, lampu dan perabotan.
–        Debu di rak buku.
–        Bersihkan Karpet.
–        Sapu dan Pel Lantai.

Tambahan untuk Dapur:
–        Bersihkan saluran tempat mencuci piring.
–        Bersihkan kompor, oven dan tempat menggantungkan peralatan masak.
–        Bersihkan microwave bagian dalam dan luar.
–        Bersihkan semua permukaan yang ada di dapur.

Tambahan untuk Kamar Mandi
–        Bersihkan kaca.
–        Bersihkan dan sanitasi saluran pembuangan termasuk toilet dan shower.
–        Bersihkan semua permukaan bak mandi dan wastafel.

5. Tentukan Frekuensi

Putuskan seberapa sering Anda ingin membersihkan masing-masing ruangan. Setiap ruangan di rumah rata-rata membutuhkan 1-2 minggu sekali untuk dibersihkan. Perhatikan juga kebiasaan keluarga, apakah di akhir pekan Anda lebih sering di luar rumah? Lihat juga ruangan lain, seperti dapur dan kamar mandi yang perlu dibersihkan lebih sering dari ruangan lainnya.

6. Identifikasi Gaya Membersihkan Anda

Ketika Anda telah menentukan tugas dan frekuensi dalam membersihkan rumah, saatnya memutuskan bagaimana cara membersihkan. Coba dengan beberapa pilihan berikut:

–        Satu (atau dua) hari dan Selesai.
Bersihkan seluruh rumah dalam satu hari. Atau, jika Anda memiliki daftar yang panjang, bagi daftar menjadi dua dan bersihkan seluruh rumah dalam dua hari.

–        Gunakan Timer
Putuskan hari apa aja yang didedikasikan untuk membersihkan rumah dan tentukan berapa lama, misalnya 30 menit. Gunakan timer dan berhenti ketika alarm berbunyi. Lakukan rutinitas bersih-bersih di keesokan harinya dimulai di tempat yang Anda tinggalkan di hari sebelumnya.

–        Satu (atau dua) ruangan per hari
Putuskan berapa hari Anda akan membersihkan, kemudian tentukan masing-masing hari serta ruangan yang dibersihkan. Sebagai contoh Senin: dapur, pintu masuk, ruang cuci, Selasa: ruang tamu dan ruang makan, Rabu: kamar mandi, dan seterusnya.

7. Berlatih dengan Jadwal yang Sudah Dibuat

Jadwalkan waktu membersihkan Anda di awal bulan. Agar Anda tidak terlalu lelah, batasi waktu membersihkan di setiap ruangan. Ingat bahwa jadwal ini akan semakin mudah diikuti jika Anda rutin melakukannya.

8. Agar Anda Selalu Taat pada Jadwal

Gunakan tips ini agar jadwal membersihkan menjadi efektif:
–        Cetak daftar tugas dan laminating. Taruh di tempat yang mudah dilihat seperti di tempat Anda menaruh peralatan untuk membersihkan atau di kulkas.
–        Tandai kalender Anda.
–        Buat prioritas jika Anda merasa tidak sanggup untuk membersihkan semuanya.

9. Evaluasi Jadwal

Jika Anda sudah berlatih dan ternyata jadwal yang dibuat kurang memenuhi keinginan, evaluasi dan ubah apa yang perlu diubah di bulan selanjutnya.

10. Jadikan Kebiasaan

–        Bikinlah sebuah kereta yang khusus berisi perlengkapan untuk membersihkan, sehingga Anda mudah untuk membawanya dari satu ruangan ke ruangan lain.
–        Bersihkan  benda-benda di antara satu ruangan ke ruangan lain.
–        Jika Anda senang menaruh barang di sembarang tempat, tambahkan tugas merapikan barang-barang yang berserakan di daftar.

Mita Agustina

Rardi
Jan 23, 2017
jangan lupa dibersihkan rumahnya yaaah. apalagi lantai, wajib banget biar nyaman tuh rumahnya. ohiya ngomong tentang membersihkan lantai, ada tau alat pembersih lantai yg bisa buat nyapu dan ngepel sekaligus, tanpa listrik pula
KIRIM KOMENTAR