Tawarkan Produk Sehat, Pasar Modern BSD Gandeng BPOM

Anto ErawanApril 11, 2016

RumahCom – Pasar Modern BSD City terpilih sebagai lokasi digelarnya peringatan Hari Kesehatan Dunia 2016. Dalam kesempatan tersebut, BSD City juga melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Serang, Ahad (10/4).

“Dengan MoU dengan BPOM, kami berharap dapat bekerjasama maksimal membangun Mini Lab Pengujian Bahan makanan, sehingga mengurangi penggunaan bahan berbahaya pada makanan yang tersaji di Pasar Modern BSD City,” kata Dhony Rahajoe, Managing Director President Office Sinar Mas Land dalam siaran pers yang diterima Rumah.com, Senin (11/4).

Dhony menjelaskan, Mini Lab yang segera dibangun ini akan dioperasikan oleh BSD City, namun tetap dalam pengawasan dan tanggung jawab BPOM.

“Dengan dibangun Laboratorium ini, bukan berarti BSD menjamin keamanan pangan dari barang-barang yang dijual di Pasar Modern, namun BSD berperan aktif dalam menciptakan pangan aman dan sehat di Pasar Modern BSD. Setelah mini lab beroperasi, maka bahan pangan yang dijual di Pasar Modern BSD akan di-sampling secara berkala oleh petugas mini lab tersebut,” paparnya.

Lebih lanjut dia memaparkan, dalam waktu dekat Pasar Modern 1 akan melaksanakan pengembangan pasar yang sehat dan aman.

”Kami bekerjasama dengan BPOM setempat untuk pembinaan pedagang tradisional dan penyediaan sarana laboratorium guna pengetesan kandungan zat yang dilarang pada bahan pangan tertentu, sehingga akan tercipta pasar modern yang sehat dan aman,” ujar Dhony.

Hal yang sama, menurutnya, juga akan akan diterapkan di Pasar Modern 2. Dengan demikian, pasar modern BSD City merupakan pasar yang dikelola pihak swasta pertama di Indonesia yang melakukan uji makanan.

“Program ini merupakan kegiatan CSR (corporate social responsibility) BSD City yang memiliki manfaat bersama (create shared value) berupa akan tertanamnya kebiasaan menjaga makanan sehat untuk kepentingan konsumen Pasar Modern BSD City,” tambahnya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Menteri Kesehatan RI, Nila Farid Moeloek mengungkapkan, saat ini Kementerian Kesehatan tengah menggalakkan kampanye pencegahan penyakit diabetes melitus.

“Penyakit ini dipicu oleh gaya hidup, salah satunya adalah pola makan, dan pasar merupakan tempat awal memilih bahan makanan yang dihidangkan,” katanya.

Dua Pasar Modern

Sinar Mas Land membangun pasar modern di BSD City pada 2004  di atas lahan seluas 3,2 hektar. Hal ini dilakukan demi mengangkat status Pasar Tradisional yang citranya kumuh menjadi pasar tradisional modern yang lebih tertata rapi dan bersih di BSD City, sehingga dapat mendukung dunia perdagangan dan pertumbuhan perekonomian masyarakat Indonesia khususnya Usaha Mikro-Kecil dan Menengah (UMKM).

Menyusul suksesnya Pasar Modern Pertama, di akhir 2015 Sinar Mas Land meluncurkan Pasar Modern kedua yang akan menyediakan lebih dari 800 ruang usaha, demi memberikan kesempatan lebih luas bagi UMKM. Masih mengangkat pasar tradisional, pasar tersebut dikelola secara modern dan terintegrasi dengan stasiun kereta api dan bis (stasiun intermoda).

Pasar Modern 2 di kawasan Intermoda BSD City tersebut memiliki luas 2,6 hektar, terdiri dari 2 lantai dan diisi oleh 539 kios ritel, 220 lapak yang langsung terhubung dengan jalur kendaraan pribadi, serta koridor terminal shuttle bus dan Trans BSD.

Anto Erawan
Penulis adalah editor Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke:antoerawan@rumah.com atau melalui Twitter: @AntoSeorang

Foto: Dok. Sinar Mas Land

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Diluncurkan, Kios Pasar Modern 2 BSD City Habis Terjual

RumahCom – Minat konsumen terhadap proyek Pasar Modern 2 BSD City sangat tinggi. Terbukti, kios pasar modern yang berada di Kawasan Intermoda BSD City ini langsung terjual habis saat diluncurkan, A

Lanjutkan membacaFebruari 4, 2016

BSD City Hadirkan Hunian Eksklusif Sevilla Park

RumahCom – BSD City kembali meluncurkan kawasan hunian teranyar, yakni Sevilla Park. Kawasan hunian seluas 1,5 hektar ini memiliki 90 unit rumah tipe dua lantai yang membuatnya menjadi hunian eksk

Lanjutkan membacaFebruari 15, 2016

BSD City Kembali Pasarkan Hunian di Bawah Rp1 Miliar

RumahCom – Setelah meluncurkan empat cluster: Azura House, Assana House, Anila House, dan Vanya lakeside dari kawasan Vanya Park BSD City, Sinar Mas Land menghadirkan cluster kelima, yakni Anarta H

Lanjutkan membacaFebruari 24, 2016

Perkenalkan The Mozia, BSD City Luncurkan Cluster Amarine

RumahCom – Melanjutkan pengembangan hunian di BSD City, Sinar Mas Land menghadirkan kawasan hunian teranyar The Mozia. Sebagai awal pengembangan The Mozia, Sinar Mas Land memperkenalkan cluster perd

Lanjutkan membacaApril 4, 2016

Sinar Mas Land Pasarkan Hunian Rp500 Jutaan di BSD City

RumahCom – Memenuhi keinginan pasar, Sinar Mas Land meluncurkan hunian dengan harga cukup terjangkau di cluster Asatti. Cluster yang berada di kawasan Vanya Park ini merupakan cluster pertama di BSD

Lanjutkan membacaApril 8, 2016

Masukan