8 Kesalahan Umum Ketika Menata Ruangan

Isnaini KhoirunisaApril 14, 2016

RumahCom – Semua orang tentu pernah melakukan kesalahan, salah satunya mungkin ketika menata ruangan. Hal ini umum terjadi, bahkan kepada mereka yang sudah ahli di bidangnya.

Bagi orang yang tidak memiliki latar belakang desain interior, trial and error adalah hal yang wajar saat menata ruangan. Namun untuk meminimialisirnya, Anda bisa belajar dari sejumlah kesalahan umum berikut ini.

  1. Desain ruangan terpisah-pisah

Tidak masalah mendesain setiap ruangan agar terlihat unik dan berbeda. Akan tetapi, jangan memaksakan desain dan dekorasi ruangan tanpa menemukan titik temu yang senada.

Anda tetap harus memperhatikan ciri khas rumah dengan desain yang spesifik. Baru setelah itu Anda bisa mendesain ruangan yang berkarakter.

  1. Beli furniture murahan

mistakes2

Ada perbedaan yang jelas antara barang murah dan murahan. Barang-barang yang dibanderol harga murah ada yang terlihat berkelas jika kita mampu memilah dengan pintar.

Namun jangan paksakan diri membeli perabot yang tidak berkualitas dan model yang ketinggalan jaman, ya! Nantinya Anda bisa menyesal dan terpaksa membeli yang baru dalam jangka waktu pendek.

  1. Memilih furnitur stylish dengan mengabaikan fungsi

mistakes1

Sebelum membeli perabot seperti sofa, sebuah meja atau sebuah lampu, jangan terpaku memperhatikan modelnya.

Anda juga harus mempertimbangkan faktor kenyamanan dan fungsinya. Sebagai tips, sebelum membeli coba duduk dan rasakan apakah sofa tersebut nyaman untuk Anda tempati.

  1. Mengaplikasikan warna favorit di setiap sudut rumah

Sebagian orang mungkin menolak anggapan ini. Namun kenyataannya, warna favorit yang terlalu banyak di rumah akan terlihat membosankan, lho.

Sebagai alternatif, cukup aplikasikan warna tersebut pada beberapa perabot sebagai warna yang menonjol.

  1. Menyerahkan keputusan kepada orang lain

Tentu saja Anda akan membutuhkan tips dan saran dari orang lain ketika hendak menata ruangan. Namun jangan biarkan opini orang lain mendominasi keputusan Anda, termasuk dari desainer interior.

Anda harus menemukan gaya dan desain yang membuat Anda nyaman dan senang tinggal didalamnya, karena pada akhirnya, Andalah yang tinggal di situ, bukan desainer interirornya.

  1. Tidak mengetes warna asli sebelum aplikasi cat

Salah satu kesalahan terbesar yang sering dilakukan orang adalah tidak mengecek warna asli cat sebelum di aplikasikan langsung pada dinding.

Biasakan untuk mengecat sebagian kecil area dan tentukan apakah warna tersebut sesuai dengan keinginan Anda atau tidak. Kemudian, sorot cahaya ke dinding tersebut agar mendapatkan gambaran yang lebih jelas.

  1. Tidak Memperhitungkan luas

Hal lain yang sering menjadi kesalahan pembeli ketika memborong perabot adalah tidak membayangkan luas area ruangan.

Untuk itu, coba catat kebutuhan perabot yang ruang Anda butuhkan ke dalam sebuah notes sebelum mulai berburu furnitur yang diidamkan.

  1. Mengecat dinding sebelum beli furniture

mistake6

Meski terlihat sepele, ternyata banyak orang yang menyesal mengecat dindingnya terlebih dulu sebelum menemukan perabot untuk ditempati. Padahal lebih mudah menemukan varian warna cat ketimbang warna perabot.

artikel ini dikutip dari homedit.com

Isnaini Khoirunisa
Penulis adalah content writer Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: isnainikhoirunisa@rumah.com atau melalui Twitter: @isnaainaa

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Mendesain Ruangan Bernuansa Romantis

RumahCom - Mendekorasi ruangan dengan nuansa romatis di momen Valentine bisa dilakukan sendiri di rumah. Selain lebih private, biaya yang dikeluarkan pun jauh lebih hemat.Lantas, bagaimana cara yang t

Lanjutkan membacaFebruari 12, 2013

Trik Mendesain Ruangan Asimetris

RumahCom - Ruang yang tidak simetris memang menantang untuk didekorasi. Para desainer umumnya menggunakan “area simetris” di tengah ruangan untuk menimbulkan kesan simetris. Namun, ada beberapa ca

Lanjutkan membacaMaret 13, 2015

Serba Serbi Konsep Desain Ruangan Terbuka

RumahCom - Desain ruangan open floor atau ruangan tanpa sekat telah menjadi tren belakangan ini. Dengan sifatnya yang terbuka, open floor memungkinkan rumah Anda terlihat lebih luas dari aslinya.

Lanjutkan membacaApril 5, 2016

Masukan