Mencuci Tirai Shower Sendiri, Lebih Bersih dan Hemat

Anto ErawanApril 14, 2016

RumahCom – Sama halnya dengan tirai jendela, tirai shower sering luput dari perhatian. Anda baru sadar bahwa tirai perlu dibersihkan saat warnanya mulai memudar—akibat terlalu kotor.

Biasanya, jasa laundry selalu jadi andalan untuk membersihkannya. Padahal, membersihkan sendiri justru lebih hemat dan bersih. Anda pun bisa langsung menggunakannya kembali setelah kering.

Penasaran dengan triknya? Cobalah berikut cara ini.

1. Lepaskan tirai, lalu masukkan ke dalam mesin cuci hingga terendam air. Campurkan 10 tetes tea tree oil, satu sendok makan baking soda, dan dua buah handuk berukuran sedang ke dalam mesin cuci tersebut.

Tea tree oil efektif membunuh bakteri dan jamur yang menempel di tirai, dan baking soda memiliki kemampuan membersihkan yang lebih ampuh dibandingkan deterjen. Sedangkan handuk berguna mencegah kerusakan pada tirai, karena handuk melindungi tirai dari guncangan selama di dalam mesin cuci. Serat-serat pada handuk juga berguna untuk menyikat permukaan tirai. Ingat, jangan mencucinya lebih dari 15 menit.

2. Keluarkan tirai dari mesin cuci. Anda hanya cukup membilasnya satu kali dengan air dingin bersih yang mengalir lalu Anda boleh mengeringkannya di dalam mesin cuci. Sekali lagi, lapisi tirai dengan handuk untuk mencegah tirai sobek.

3. Anda bisa menjemurnya dengan cara digantung dan pastikan seluruh air menetes. Karena lapisannya yang terbuat dari plastik, tirai akan cepat kering dan dapat dipasang kembali di kamar mandi.

4. Untuk merawat tirai agar tetap bersih, jangan membiarkan tirai dalam keadaan tertutup rapat, karena biasanya begitu Anda selesai mandi, Anda akan merapatkan tirai ke sudut dinding. Biarkan tirai terbuka selama 10-20 menit hingga kering, barulah Anda merapatkannya kembali. Membiarkan tirai merapat ke sudut dinding akan membuat jamur berkembang biak di lipatan tirai, bahkan menyebar ke dinding kamar mandi Anda.

5. Bersihkan tirai dan dinding kamar mandi dengan cairan pembersih jendela setiap minggu. Anda cukup menyemprotnya dengan cairan pembersih, lalu basuh dengan spons. Hal ini untuk mencegah tirai berjamur yang akan menimbulkan bau tak sedap, terutama jika Anda jarang mencucinya.

Rina Susanto
Foto: Walmart.com

 

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

4 Tahap Migrasi Listrik Apartemen Pascabayar ke Prabayar

RumahCom - Sistem pembayaran listrik prabayar ternyata mendapat sambutan yang cukup positif di masyarakat, terutama kota besar seperti Jakarta. Meski demikian, sebagian masyarakat masih belum tahu

Lanjutkan membacaApril 13, 2016

7 Ciri Rumah Idaman

RumahCom – Sebagian dari kita mungkin masih bertanya-tanya, kira-kira rumah seperti apa sih yang disukai banyak orang? Di tengah selera desain interior dan pemilihan warna yang berbeda-beda, ternyat

Lanjutkan membacaApril 13, 2016

5 Ide Furnitur untuk Ruang Sempit

RumahCom – Tingginya harga hunian di Ibukota menyebabkan sejumlah masyarakat berpenghasilan menengah harus rela tinggal di rumah tipe sederhana –luas bangunan 36 atau 40- bahkan apartemen tipe stu

Lanjutkan membacaApril 13, 2016

Hindari 7 Feng Shui Buruk di Rumah

RumahCom – Perhitungan ilmu feng shui bisa diterapkan ke banyak hal, salah satunya adalah untuk membuat/mendesain sebuah rumah yang baik. Bagi sebagian orang,  feng shui yang baik pada rumah dip

Lanjutkan membacaApril 14, 2016

8 Kesalahan Umum Ketika Menata Ruangan

RumahCom – Semua orang tentu pernah melakukan kesalahan, salah satunya mungkin ketika menata ruangan. Hal ini umum terjadi, bahkan kepada mereka yang sudah ahli di bidangnya. Bagi orang yang tida

Lanjutkan membacaApril 14, 2016

Masukan