Kenali Jenis-Jenis Desain Interior

Isnaini KhoirunisaApril 18, 2016

RumahCom – Kita bisa dengan mudah menemukan model dekorasi rumah melalui blog, website dan majalah. Tapi kita sering merasa bingung ketika hendak menerapkannya ke rumah kita sendiri.

Ya, desain yang kita lihat adalah sebuah gambar penuh yang mungkin akan sedikit sulit untuk diaplikasikan secara langsung.

Dekorasi ruangan begitu individual dan unik, untuk itu agar mempermudah mencontek sebuah gaya, ada baiknya kita belajar dasar-dasar model interior desain.

Dengan mengenal satu persatu model desain interior, Anda bisa paham model mana yang disukai dan menjadi panduan mencari model perabot yang tepat. Dikutip dari Homedit, simak perbedaan antar jenis-jenis interior desain berikut ini

  1. Bohemian (Boho Chic) Style

definisi2

Gaya Bohemian atau boho-chic adalah segala sesuatu yang mencerminkan individualitas. Gaya ini merupakan wujud dari kebebasan, tampilan modern dan koleksi yang warna-warni. Sebuah ruang dengan gaya boho-chic sangat pas untuk mendefinisikan gaya personal dan estetika Anda.

  1. Coastal Style

definisi3

Gaya Coastal atau nautical identik dengan nuansa berlibur di pantai yang menenangkan. Cahaya matahari, ombak dan pasir menjadi inspirasi dekorasi yang satu ini.

Ruangan yang mengadopsi gaya nautical akan membuat Anda betah berlama-lama karena sentuhan warna biru dan furnitur yang nyaman. Dapatkan inspirasi ruang yang didesain dengan model Nautical berikut ini.

 Kontemporer

definisi11

Gaya kontemporer pada dasarnya merupakan paduan konsep masa kini dan masa depan. Model ini memberikan nuansa hangat dan dingin dalam waktu yang bersamaan.

Dengan tampilan yang bersih, hampir jarang menemukan pernak pernik di ruangan kontemporer. Elemen dasar seperti warna netral, bersih dan halus menjadi ciri utamanya. Ingin menerapkan gaya ini? Pelajari dulu prinsip dasar model Kontemporer.

 Eklektik

definisi4

Konsep ini mewakili kebebasan berekspresi, tanpa aturan dan banyak permainan mix and match. Gaya eklektik juga berbeda dengan tipe dekorasi rumah lainnya, karena mengombinasikan beberapa jenis gaya menjadi satu.

Ruangan pun terasa nyaman untuk ditempati penghuninya. Penyanyi Raisa mengaku bahwa gaya eklektik menjadi inspirasinya untuk mendesain hunian.

  1. Industrial

definisi5

Gaya industrial merupakan campuran material yang masih mentah. Sedikit sentuhan nyentrik yang bergabung dengan nuansa primitif

Industrial begitu lekat dengan furnitur tekstur, sesuatu yang berwarna abu-abu dan terlihat asli. Dengan ciri khas dinding unfinished dan langit-langit tinggi, ruang industrial terasa sejuk tanpa mengandalkan penyejuk udara.

  1. Minimalis

definisi6

Model yang satu ini sering dikaitkan dengan konsep modern. Minimalis adalah gaya yang menggabungkan estetika dan keserhanaan.

Sebuah ruangan yang mengadopsi gaya minimalis berisi beberapa perabot simpel yang dapat menampilkan efek dekorasi yang maksimal. Sebagai salah satu gaya favorit, ternyata ada manfaat kesehatan yang didapat dari penerapan model Minimalis, lho!

  1. Maroko

definisi7

Mengadopsi dari negeri Maroko, Morrocan Style sangat kaya dengan sejarah, warna dan tekstur. Pola yang ramai dengan warna warni cerah menjadi komponen arsitektur yang ditampilkan di ruangan.

Morrocan Style juga identik dengan apresiasi global mengenai desain yang bagus. Contek beberapa interior desain elegan bergaya maroko berikut ini.

  1. Rustic

definisi8

Gaya rustic begitu lekat dengan segala sesuatu yang alami, dan gaya hidup yang “membumi.” Tidak heran, jika isi perabotnya banyak terbuat dari bahan-bahan buatan tangan, daur ulang dan repurposed.

Anda mungkin membutuhkan imajinasi yang kuat dalam menciptakan gaya rustic yang pas. Pelajari lebih lanjut mengenai gaya rustic disini.

  1. Skandinavia

definisi9

Sering disebut juga sebagai gaya Swedish, Skandinavia adalah konsep yang mewakili kehangatan dan keceriaan. Umumnya gaya ini memberi kesan kasual yang terlihat dari campuran perabot yang terlihat simpel namun menawan.

  1. Vintage

definisi10

Model yang memiliki ciri motif bunga-bunga ini mewakili model kuno yang tak lekang oleh zaman. Perabot vintage umumnya sudah berusia puluhan tahun namun tetap terlihat kokoh dan menawan.

Sebuah ruangan yang dihiasi oleh model vintage biasa diisi oleh koleksi antik seperti cangkir dan guci yang terlihat klasik.

Isnaini Khoirunisa
Penulis adalah content writer Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: isnainikhoirunisa@rumah.com atau melalui Twitter: @isnaainaa

Ayu Popon
Apr 03, 2020
Ijin share artikel ya mbak
LANTAI KAYU FERGIO
Aug 26, 2019
Mau gaya / style interior apapun. Lantainya tetep pake lantai kayu brand FERGIO ya. The best choice for you... www.lantaikayufergio.com
Muhammad Ridwan
Aug 29, 2018
Ijin share artikelnya boleh kak..
KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Mengintip Kepribadian Seseorang dari Jenis Desain Interior Favorit

RumahCom - Each interior design was able to talk about a person's character. In a brief explanation, the following description of a person's character or a favorite views from their choice of a partic

Lanjutkan membacaMei 2, 2014

Mendesain Interior Rumah dengan Bujet Minim

RumahCom – Sadarkah Anda, bahwa mendesain interior rumah tak perlu menguras bujet yang berlebihan? Ya, dana terbatas pun nampaknya takkan mengurangi nilai keindahan dan kenyamanannya.Memang sudah se

Lanjutkan membacaMei 28, 2018

Apa Saja Tren Desain Interior di Tahun 2016?

RumahCom – Bersamaan dengan pergantian tahun, 2016 akan membawa tren terbaru dalam dunia desain interior. Hal ini tentunya akan memberi kemudahan bagi Anda yang hendak berencana melakukan renovasi i

Lanjutkan membacaDesember 29, 2016

Ini Alasan Menggunakan Jasa Desain Interior

RumahCom – Seberapa penting menggunakan jasa desainer interior? Pertanyaan ini kerap terlintas di benak pembeli yang baru saja menyelesaikan proses jual beli rumah pertamanya. Kebutuhan terhadap

Lanjutkan membacaApril 7, 2016

Awas 6 Kesalahan Mendesain Interior Rumah

RumahCom - Menentukan desain dan menata interior rumah bukanlah hal yang mudah. Banyak perabot, aksesori, dan furnitur mungkin nampak cantik di etalase toko atau katalog belanja, tetapi ketika diboyon

Lanjutkan membacaApril 17, 2016

Masukan