BSD City Digadang Jadi Integrated Smart Digital City

Anto ErawanApril 19, 2016

RumahCom – Sinar Mas Land menargetkan BSD City bakal menjadi pionir kota pintar berbasis digital yang terintegrasi (integrated smart digital city). Hal ini dilakukan menyusul perubahan pola kehidupan penghuni BSD City yang mengikuti perkembangan teknologi.

Untuk itu, Sinar Mas Land melakukan inovasi lewat implementasi pelayanan ICT (Information Communications Technology) yang telah jadi salah satu kebutuhan masyarakat dunia modern.

Irvan Yasni, Chief Technology Officer Sinar Mas Land menjelaskan, pengembangan BSD City tidak hanya sebatas membangun utilitas dan infrastruktur publik, atau akses broadband internet.

Lebih dari itu, Sinar Mas Land berupaya menyusun dan menempatkan jaringan terintegrasi yang membantu perencanaan kota dan kehidupan masyarakat dalam mengakses fasilitas, kesehatan, transportasi, makanan, hiburan hingga bangunan.

Dia menambahkan, kota yang sukses dan berkembang adalah kota yang dapat memberdayakan informasi untuk meningkatkan kualitas hidup dan lingkungan. Inilah yang akan dimaksimalkan di BSD City.

“Para penghuni mendapat kemudahan sehingga bisa membayar tagihan dari rumah, tempat kerja, atau sekolah. Selain itu tersedia pula informasi lalu lintas real-time, sehingga memudahkan perencanaan perjalanan atau memilih transportasi umum. Dengan demikian, terjadi efisiensi penggunaan transportasi yang dapat mengurangi emisi,” kata Irvan.

Dia mengatakan, mewujudkan BSD City sebagai integrated smart digital city membutuhkan persiapan khusus, seperti infrastruktur yang telah disiapkan sejak 2014 dengan pemasangan fiber optic di BSD Timur. Juni ini, infrastruktur di BSD Barat diharapkan telah rampung, sehingga seluruh area BSD City terkoneksi jaringan fiber optic.

Selain itu, BSD City mulai menyediakan aplikasi mobile yang terintegrasi dan dapat diakses oleh seluruh masyarakat BSD City. Aplikasi tersebut berupa e-wallet, community platform, loyalty programs, dan business performance management solutions.

Aplikasi mobile yang terintegrasi diharapkan dapat memberikan kemudahan informasi dan transaksi bagi para penghuni BSD City, seperti pembayaran sewa bagi para tenant, hingga booking di restoran di area BSD City.

Masyarakat BSD City dapat melakukan transaksi selama 24 jam dengan bermodalkan smartphone, mulai dari membeli barang kebutuhan sehari-hari, reservasi liburan, memesan tiket konser dan bioskop, membeli tiket pesawat atau kereta.

“Fase pertama yang dilakukan BSD City adalah membuat beberapa mobile apps, mulai yang standar hingga yang ditujukan untuk community services seperti surveillance camera untuk keamanan atau memantai traffic. Tahun ini, penghuni sudah dapat melihat dan membayar bill atau membeli tiket dengan aplikasi ini,” terang Irvan.

Anto Erawan
Penulis adalah editor Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke:antoerawan@rumah.com atau melalui Twitter: @AntoSeorang

Foto: Dok. Sinar Mas Land

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

BSD City Kembali Pasarkan Hunian di Bawah Rp1 Miliar

RumahCom – Setelah meluncurkan empat cluster: Azura House, Assana House, Anila House, dan Vanya lakeside dari kawasan Vanya Park BSD City, Sinar Mas Land menghadirkan cluster kelima, yakni Anarta H

Lanjutkan membacaFebruari 24, 2016

Sinar Mas Land Kembangkan Integrated Mobile Application

RumahCom - Sinar Mas Land berencana menjadikan BSD City sebagai Integrated Smart Digital City. Sebagai langkah awal, Sinar Mas Land menggandeng PT Kresna Graha Investama Tbk—perusahaan jasa keuangan

Lanjutkan membacaMaret 4, 2016

Perkenalkan The Mozia, BSD City Luncurkan Cluster Amarine

RumahCom – Melanjutkan pengembangan hunian di BSD City, Sinar Mas Land menghadirkan kawasan hunian teranyar The Mozia. Sebagai awal pengembangan The Mozia, Sinar Mas Land memperkenalkan cluster perd

Lanjutkan membacaApril 4, 2016

Sinar Mas Land Pasarkan Hunian Rp500 Jutaan di BSD City

RumahCom – Memenuhi keinginan pasar, Sinar Mas Land meluncurkan hunian dengan harga cukup terjangkau di cluster Asatti. Cluster yang berada di kawasan Vanya Park ini merupakan cluster pertama di BSD

Lanjutkan membacaApril 8, 2016

Tawarkan Produk Sehat, Pasar Modern BSD Gandeng BPOM

RumahCom - Pasar Modern BSD City terpilih sebagai lokasi digelarnya peringatan Hari Kesehatan Dunia 2016. Dalam kesempatan tersebut, BSD City juga melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding

Lanjutkan membacaApril 11, 2016

Masukan