Membuat Kamar Senyaman Kamar Hotel

Anto ErawanApril 20, 2016

RumahCom – Tidur di kamar hotel kadang membuat Anda lebih nyenyak dibandingkan di kamar sendiri. Padahal, kamar Anda pun bisa disulap senyaman kamar hotel.

Jika menjadikan kamar seindah kamar hotel bintang lima dianggap mustahil, minimal jadikanlah kamar Anda senyaman kamar budget hotel—dijamin tetap bikin betah kok. Berikut ini caranya:

Penempatan lampu

Jangan menempatkan lampu di tengah ruangan. Biasanya jika hanya ada satu lampu di kamar, energinya pasti besar sehingga cahayanya sangat terang. Hal ini malah membuat kamar gerah dan menyilaukan. Sebaiknya pasang lampu hemat energi di beberapa sudut dan tempatkan lampu tersebut masuk ke dalam langit-langit, sehingga cahaya yang dihasilkan lebih temaram.

Cat dinding warna natural

Hotel selalu menggunakan cat dinding berwarna alami seperti krem, hijau muda, atau ungu muda yang memberikan kesan dingin dan sejuk. Sebaliknya hotel jarang menggunakan cat dinding berwarna mencolok seperti oranye atau merah karena membuat Anda menjadi susah beristirahat. Warna menyala cenderung menimbulkan semangat, sehingga menyebabkan Anda menjadi susah tidur.

Pilih warna kuning

Jangan selalu menggunakan warna putih untuk lampu di kamar Anda. Warna kuning justru memberikan kesan elegan, terutama jika digunakan untuk lampu di sudut.

Gunakan aroma terapi

Nyalakan lilin aroma terapi menjelang Anda tidur. Aroma sandalwood, lyang-lyang, dan citrus memberikan efek menenangkan, melancarkan sirkulasi darah, sekaligus meningkatkan kreativitas. Jangan heran jika saat bangun Anda malah mendapatkan banyak ide baru yang bisa diterapkan dalam pekerjaan.

Tambahkan aksesori

Bisa berupa vas bunga yang diisi dengan bunga segar, sekeranjang buah tropis, atau hiasan dinding seperti frame foto dan lukisan. Sesuaikan warna frame dengan warna lantai atau dinding Anda agar tidak terlalu kontras.

Gunakan seprai putih

Yap, hotel selalu menggunakan seprai putih untuk menunjukkan kebersihannya. Jika Anda tidak terlalu menyukai warna putih karena monoton, pilihlah seprai berwarna lain asalkan polos dan berwarna muda. Bahan seprai sebaiknya menggunakan katun karena tetap sejuk saat digunakan, meski cuaca sedang panas-panasnya. Ganti seprai setiap minggu untuk mencegah timbulnya jamur dan tungau.

Beli bantal bulu angsa

Tak perlu seluruh bantal diganti dengan bantal bulu angsa, cukup beli satu saja. Gunakan bantal ini sebagai bantal kesayangan saat Anda tidur. Bantal bulu angsa akan mencegah nyeri leher dan bahu.

Hanya untuk tidur

Singkirkan barang yang tidak perlu di dalam kamar, jangan anggap kamar sebagai ruang kerja. Jadi keluarkan buku atau koleksi sepatu Anda dari dalam kamar. Kamar yang lapang akan memudahkan Anda menghirup oksigen selama tidur.

Rina Susanto
Foto: Marinabaysands.com

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Membersihkan Kamar dalam Beberapa Menit, Bisa!

RumahCom - Suasana kamar yang berantakan dapat memengaruhi kualitas tidur Anda. Kamar tidur yang rapi dipercaya dapat membuat tidur lebih nyaman dan bangun dengan keadaan segar bugar serta meningkatka

Lanjutkan membacaFebruari 24, 2016

Ide Headboard Unik untuk Kamar Tidur

RumahCom - Tidur berkualitas adalah salah satu kebutuhan yang kerap terabaikan. Padahal tidur yang berkualitas berpengaruh pada kesehatan fisik, mental, dan produktivitas. Perlu Anda ketahui, suasa

Lanjutkan membacaMaret 4, 2016

Trik Kreatif Mempercantik Tempat Tidur

RumahCom - Kamar adalah sebuah ruangan pribadi tempat beristirahat untuk melepaskan lelah di penghujung hari. Tentu saat beristirahat, tubuh membutuhkan ketenangan dan suasana yang nyaman. Menurut

Lanjutkan membacaMaret 10, 2016

Cara Tepat dan Praktis Mencuci Bantal

RumahCom - Untuk menjaga kondisi bantal tetap bersih dan baik, sering kali Anda hanya menjemurnya di bawah sinar matahari. Atau jika dirasa sedikit kotor, menggebuk-gebuknya untuk menghilangkan debu d

Lanjutkan membacaApril 4, 2016

7 Tips Feng Shui untuk Tingkatkan Kemesraan di Kamar

RumahCom - Harusnya kamar menjadi ruangan paling mesra di rumah Anda. Tapi, seringkali Anda hanya menggunakan kamar sebagai ruang tidur. Akibat sibuknya mengurus tugas kerja dan anak, kualitas keme

Lanjutkan membacaApril 15, 2016

Masukan