5 Tips Pintar Menata Kamar Tidur Sempit

Isnaini KhoirunisaApril 20, 2016

Real by Noble bedroom - overall

RumahCom – Apakah Anda memiliki kamar tidur yang berukuran kecil hingga kesulitan menata interiornya? Padahal, ada orang yang bisa memanfaatkan kamar tidur sebagai tempat bekerja, bahkan perpustakaan. Bagaimana caranya?

Anda yang memiliki kamar tidur tak terlalu luas tak perlu khawatir kekurangan space. Lima tips yang dikutip dari budgetdecorating.about.com berikut ini mungkin bisa Anda coba!

  1. Menata segala sesuatu

Ruangan kecil akan lebih nyaman ditempati jika barang-barangnya ditata dengan rapi. Ini artinya Anda harus menyingkirkan barang-barang yang kurang penting di kamar tidur. Sisanya, bisa “disembunyikan” di laci atau tempat lain agar tidak terlihat berantakan.

  1. Maksimalkan ruang dibawah ranjang

Jika kamar tidur Anda sempit dan tidak memiliki langit-langit yang terlalu tinggi, Anda harus lebih kreatif lagi memanfaatkan tiap sudut ruang untuk menyimpan barang.

Celah di bawah ranjang bisa menjadi tempat yang mudah untuk menyimpan barang.

Di tempat ini Anda bisa menyimpan barang-barang seperti jaket tebal, kertas bungkus kado, dan bahan-bahan lain yang tidak digunakan setiap hari.

Bungkus barang-barang tersebut dengan plastik transparan agar tidak terkena debu. Untuk mendapat ruang penyimpanan yang ekstra, Anda bisa meninggikan kaki ranjang beberapa sentimeter agar lebih maksimal.

  1. Pilih perabot yang multi fungsi

Ketika membeli sebuah perabot atau furnitur, pilih perabot yang multifungsi. Sebagai contoh, rak buku tidak hanya dapat dijadikan sebagai tempat menyimpan buku saja tetapi juga berfungsi sebagai meja rias.

Atau laci baju Anda yang tadinya hanya untuk menyimpan pakaian, kini bisa dimanfaatkan sebagai tempat meletakkan lampu tidur.

Intinya, perhatikan setiap barang yang bisa berpotensi sebagai tempat penyimpanan ekstra dan dapat disesuaikan dengan gaya Anda.

tips kamar tidur sempit

Contoh kasur anak sekaligus lemari penyimpanan dan meja belajar. Foto: Aliexpress.

  1. Tambahkan cahaya ekstra

Sepertinya sudah umum diketahui kalau pencahayaan yang baik adalah kunci untuk membuat ruangan sempit terlihat lebih luas.

Untuk itu selalu pastikan pencahayaan di kamar tidur Anda terlihat cerah. Selain dari jendela, Anda juga bisa menambahkan ornamen lampu dengan berbagai model dan ketinggian sesuai selera.

  1. Jangan lupakan dinding

Kamar tidur yang sempit tentunya bisa diakali dengan dekorasi dinding yang tepat. Sebuah cermin yang tergantung pada dinding tidak hanya berfungsi ketika Anda sedang dandan, namun juga membantu refleksikan lebih banyak cahaya ke dalam ruangan dan membuatnya terlihat lebih luas.

Selain menggantungkan foto dan pajangan seni lain, Anda juga bisa memajang aksesoris lain pada dinding.

Isnaini Khoirunisa
Penulis adalah content writer Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: isnainikhoirunisa@rumah.com atau melalui Twitter: @isnaainaa

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

5 Ide Furnitur untuk Ruang Sempit

RumahCom – Tingginya harga hunian di Ibukota menyebabkan sejumlah masyarakat berpenghasilan menengah harus rela tinggal di rumah tipe sederhana –luas bangunan 36 atau 40- bahkan apartemen tipe stu

Lanjutkan membacaApril 13, 2016

Siasati Ruang Sempit dengan 14 Warna Cat Ini

RumahCom – Sebenarnya ada begitu banyak cara untuk mengatasi permasalahan ruang minim di dalam rumah. Salah satunya dengan menerapkan plafon rendah seperti pernah dijelaskan Arsitek Arades Living, A

Lanjutkan membacaApril 20, 2016

Membuat Kamar Senyaman Kamar Hotel

RumahCom - Tidur di kamar hotel kadang membuat Anda lebih nyenyak dibandingkan di kamar sendiri. Padahal, kamar Anda pun bisa disulap senyaman kamar hotel. Jika menjadikan kamar seindah kamar hotel

Lanjutkan membacaApril 20, 2016

Masukan