Ssst, Ini Dia Prediksi Tren Interior Tahun 2017

Isnaini KhoirunisaApril 26, 2016

RumahCom – Meski tahun baru belum lama berlalu, namun sejumlah desainer interior sudah mulai memprediksi gaya yang nantinya menjadi tren di tahun 2017. Ya, penggunaan teknologi internet dan sosial media yang begitu masif akan segera mempengaruhi tren global.

Dengan begitu sangat mudah menebak gaya yang akan nantinya menjadi tren atau yang akan ditinggalkan.

Nah jika Anda hendak melakukan renovasi atau membangun rumah, coba intip prediksi tren berikut ini dikutip dari domain.com.au.

Berikut ini beberapa hal yang akan menjadi hits di tahun mendatang.

  1. Terracotta

tren2017

Material hangat seperti lantai berwarna terakota nantinya akan mengganti warna netral dan putih. “Jika di tahun 80an warna ini banyak digunakan sebagai dinding kamar mandi atau pinggir perapian, maka kini akan populer dipilih sebagai lantai,” ucap Lauren Macer dari Sisalla Interior Design.

“Saya rasa keramik berwarna terakota dapat memberi kesan rustic dan menambah karakter dan kehangatan di sebuah ruangan,” ia menjelaskan.

  1. Kayu olahan cork

tren20172

Di tahun depan, kayu olahan yang dikenal dengan cork ini kembali menjadi tren. Material stylish yang satu ini tidak hanya memberi tekstur dan kesan hangat pada ruangan.

Kayu cork juga berfungsi menyerap suara bising untuk rumah yang didesain tanpa sekat. Anda bisa menambah kayu ini sebagai aksen di dinding. Sifatnya yang lunak sangat mudah untuk ditempeli berbagai dekorasi dinding.

  1. Warna hijau gelap

tren20173

Nuansa hijau gelap akan menjadi salah satu tren warna interior gelap yang menggeser navy dan biru tua.

“Warna cat dinding hijau gelap sangat pas diaplikasikan pada ruang tidur jika dikombinasikan dengan warna netral lainnya,” ucap Macer.

“Sementara di ruang tamu Anda bisa menambahkan wana ini untuk sofa atau sarung bantal, untuk membawa kesan outdoor ke dalam ruangan,” katanya.

  1. Bedhead berlapis

tren201

Ranjang akan menjadi salah satu item tren pada tahun 2017, dengan sandaran kepala yang di desain berlapis.

“Model kepala ranjang seperti ini banyak ditemukan di kamar tidur mewah dan rumah-rumah selebriti” ucap Emma Blomfield, stylist di retailer online TheHome.com.au.

“Dapatkan kesan klasik dan glamor dari kain beludru yang diberi kancing dan pilihan warna netral,” ia menjelaskan.

  1. Warna permata

tren20176

Menggantikan nuansa pastel seperti merah muda dan biru langit, kini nuansa warna permata seperti metalik, ungu dan hijau mulai menjadi favorit.

Pilih material yang halus untuk memberikan kesan ringan dan romantis pada ruangan Anda.

Selain hal-hal yang akan menjadi tren di tahun 2017, akan ada hal-hal lain yang akan mulai ditinggalkan di tahun depan.

  1. Material tembaga

tren20178

Warna tembaga atau merah jambu emas memang masih akan menjadi tren pada akhir tahun 2016, akan tetapi jika menengok tahun 2017, warna-warna ini akan mulai ketinggalan eranya.

Sebagai alternatif, lebih aman jika Anda memilih warna-warna industrial seperti hitam baja untuk menghiasi beberapa item di rumah.

  1. Marmer

tren20179

Peralatan rumah yang terbuat dari marmer ternyata akan segera kehilangan penggemarnya. Material ini terlalu berat dan tidak mudah dikombinasi dengan model lainnya.

Sementara itu, material alam seperti kayu, tanah liat dan anyaman malah menjadi tren terbaru.

  1. Pajangan seni

tren201710

Setelah menjadi favorit dalam beberapa tahun ke belakang, kini konsumen mulai meninggalkan pajangan seni untuk menghiasi dindingnya.

Apalagi pajangan kutipan yang berawalan “keep calm and …” yang mulai terlihat membosankan.

  1. Ruang tanpa sekat

tren201712

Tren interior ini memang tengah gandrung diadaptasi oleh sejumlah pengembang atau kontraktor yang mendirikan rumah baru.

Akan tetapi bagi beberapa orang yang menginginkan privasi lebih, ruang model ini akan perlahan ditinggalkan. Ruangan terbuka yang mencakup ruang keluarga, dapur dan meja makan ini akan memberi kesan bising dan bau masakan yang mengelilingi ruangan.

  1. Dinding keramik kecil

tren201713

Kamar mandi dan dapur modern saat ini memang banyak mendominasi gaya dinding keramik menyerupai dinding kereta bawah tanah.

Model ini dinilai menghemat bujet, namun sudah mulai membosankan terlihat di sejumlah interior kafe dan restaurant. Untuk itu coba pilih model alternatif keramik lain untuk memberi kesan lebih kekinian.

Isnaini Khoirunisa
Penulis adalah content writer Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: isnainikhoirunisa@rumah.com atau melalui Twitter: @isnaainaa

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Compact Home dan Tren Rumah Menengah di Serpong

RumahCom – Paramount Land merupakan salah satu pengembang anomali. Pasalnya, di saat laju perekonomian dan pasar properti melambat, Paramount Land justru meluncurkan sejumlah hunian berkonsep compac

Lanjutkan membacaJuli 30, 2015

Apa Saja Tren Desain Interior di Tahun 2016?

RumahCom – Bersamaan dengan pergantian tahun, 2016 akan membawa tren terbaru dalam dunia desain interior. Hal ini tentunya akan memberi kemudahan bagi Anda yang hendak berencana melakukan renovasi i

Lanjutkan membacaDesember 29, 2016

Menyatu Dengan Alam, Ciri Tren Furnitur 2016

RumahCom - Membuat tampilan rumah untuk tahun atau pada momen yang baru memang bisa menjadi pendorong semangat (mood booster). Semangat baru ternyata tidak hanya dari dalam diri, juga lingkungan sekit

Lanjutkan membacaJanuari 13, 2016

Tren Arsitektur Kontainer Bekas, dari Rumah Sampai Mal

RumahCom - Tren bangunan dari kontainer bekas di Indonesia banyak diadaptasi dari beberapa arsitektur mancanegara. Salah satunya adalah rumah di tengah hutan yang dibangun oleh seorang pria asal Kana

Lanjutkan membacaFebruari 11, 2016

Arsitek: Rumah Tiga Lantai Masih Tren di Perkotaan

RumahCom - Terbatasnya lahan untuk pemukiman di kota-kota besar membuat sebagian perusahaan pengembang berpikir keras untuk membuat konsep rumah yang layak huni. Bahkan tidak hanya layak huni saja, me

Lanjutkan membacaFebruari 24, 2016

Masukan