Tips Merawat Pernak-Pernik Trofi di Rumah

Kantri MaharaniApril 29, 2016

RumahCom – Trofi, medali, maupun plakat adalah sebuah bukti pencapaian seseorang. Karena itu, benda-benda ini menjadi bagian dari pajangan di rumah. Namun, banyaknya detail membuat benda ini sulit dirawat.

Menyimpan penghargaan di rumah selain sebagai pembuktian diri juga sebagai sebagai rekam sejarah bagi generasi penerus.

Tidak hanya  orang dewasa, anak-anak biasanya juga mendapatkan sejumlah penghargaan seperti trofi, medali, dan plakat. Akan tetapi, barang kebanggaan tersebut bisa menjadi masalah dalam rumah jika tidak dirawat dan ditata dengan benar.

Debu-debu ruangan akan menempel di permukaan dan akan menebal bila dibiarkan terlalu lama. Akibatnya, pernak-pernik ini menjadi kusam. Kalau sudah begini, daya tariknya pun berkurang, bahkan mengganggu kesehatan..

Agar penghargaan Anda tetap terjaga penampilannya, lakukan empat hal berikut:

  1. Bersihkan penghargaan (plakat dan mendali) dengan kain basah yang berserat halus. Khusus untuk trofi yang terbuat dari kuningan dan resin, hindari menggunakan cairan yang mengandung kimia.

    Cukup bersihkan menggunakan kain kering bersih berbahan halus, agar tidak merusakan permukaan trofi.

  2. Simpanlah penghargaan di tempat yang tidak mudah dijangkau anak-anak berusia 2 – 5 tahun.Karena di usia tersebut, biasanya anak-anak akan mulai belajar berjalan, dan senang untuk mengambil barang-barang yang menurut mereka menarik perhatian. Sebaiknya, Anda simpan pada rak, etalase, atau lemari.
  3. Lapisi alas trofi dengan bahan alus atau lembut agar tidak tergores oleh debu yang kasar.

Sesudah dibersihkan, sejumlah penghargaan, baik trofi, plakat, dan medali bisa disusun menggunakan rak atau bisa juga dengan kreasi menarik sesuai estetika desain interior.

Berikut empat contoh cara menyusun sejumlah penghargaan yang bisa Anda terapkan di rumah.

Model rak penghargaan ini merupakan rak sederhana yang bisa menyimpan semua jenis penghargaan.

Model rak penghargaan ini merupakan rak sederhana yang bisa menyimpan semua jenis penghargaan. Untuk menghemat, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. (sumber: pinterest).

Rak trophy ini terbuat dari papan tulis yang disulap menjadi lemari trophy. Karya desain dari Shanty-2-Chic ini benar-benar memanfaatkan bahan sisa untuk bisa digunakan kembali. (sumber: pinterest)

Rak trophy ini terbuat dari papan tulis yang disulap menjadi lemari trophy. Karya desain dari Shanty-2-Chic ini benar-benar memanfaatkan bahan sisa untuk bisa digunakan kembali. (sumber: pinterest)

Contoh berikut ini bisa menjadi figura penyimpanan lencana dan mendali. Anda juga bisa menyusunnya dengan rapi. (sumber: pinterest)

Contoh berikut ini bisa menjadi figura penyimpanan lencana dan mendali. Anda juga bisa menyusunnya dengan rapi. (sumber: pinterest).

desain penghargaan dinding

Selain menggunakan papan, Anda juga bisa memanfaatkan dinding untuk menggantungkan mendali. Ide ini terlihat rapih dan menarik. (sumber: pinterest).

Feature picture: pixabay.com

Kantri Maharani
Penulis adalah Content Writer: Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan Penulis, Anda bisa mengirim email ke:kantrimaharani@rumah.com atau twitter @jeungkant

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Trik Renovasi Rumah Hemat Biaya (Bag 2)

RumahCom – Dalam merenovasi rumah, lokasi rupanya turut memengaruhi besaran biaya yang dibutuhkan. Hal ini dilatarbelakangi oleh ongkos jasa tenaga, akomodasi pekerja/ tukang, dan harga bahan ban

Lanjutkan membacaApril 29, 2016

Ide Unik Desain Tangga Tersembunyi di Rumah

RumahCom – Desain tangga yang terlalu monoton dan itu-itu saja, mendorong para desainer untuk membuat desain tangga yang unik. Tidak hanya sebagai penghubung antara lantai satu dengan lantai dua, t

Lanjutkan membacaApril 29, 2016

Kreasikan Meja Kerja Sesuai Karakter Anda

RumahCom - Jika Anda adalah pekerja lepas yang kerap bekerja dari rumah, memiliki meja kerja yang nyaman adalah hal penting. Berbeda dengan pekerja kantoran yang meja serta kursinya sudah disediakan o

Lanjutkan membacaApril 29, 2016

7 Tanda Anda Menemukan Rumah yang Tepat

RumahCom – Setelah mencari rumah kesana kemari, mungkin Anda akan terjebak dalam dilema pilihan yang sulit. Dua atau tiga rumah impian yang sudah di survei masih meragukan Anda untuk menentukan pili

Lanjutkan membacaApril 29, 2016

Masukan