Pemerintah Siap Lakukan Bedah Rumah di 10 Lokasi Wisata

Anto ErawanApril 29, 2016

RumahCom – Membantu masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan wisata memiliki hunian yang layak, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan siap melakukan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau lebih dikenal sebagai Program Bedah Rumah.

Program yang mendukung Program Sejuta Rumah ini diharapkan dapat membantu masyarakat meningkatkan kualitas tempat tinggalnya, sekaligus membantu menarik wisatawan untuk berkunjung.

“Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR melalui Program Sejuta Rumah akan memberikan stimulan bedah rumah untuk melakukan peningkatan kualitas rumah-rumah warga di sekitar lokasi destinasi wisata di Indonesia. Jadi, semacam perbaikan rumah masyarakat,” jelas Sekretaris Kementerian PUPR, Taufik Widjoyono usai penandatanganan kerjasama antara Kementerian PUPR dan Bank BTN, Kamis (28/4).

Menurut Taufik, Kementerian PUPR sangat mendukung pembangunan infrastruktur dan perumahan masyarakat yang ada di lokasi-lokasi wisata di Indonesia. Rumah sederhana di sekitar lokasi wisata setidaknya dapat ditingkatkan kualitasnya mulai dari bangunan maupun sanitasinya, sehingga kondisi tempat wisata bisa lebih menarik dan membuat para wisatawan lebih nyaman untuk berwisata.

“Jika rumah masyarakat kondisinya baik dan sanitasinya juga baik tentu bisa menjadi tempat homastay baru yang dapat menarik lebih banyak wisatawan untuk berkunjung,” terangnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Direktur Perencanaan Penyediaan Perumahan Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Dedy Permadi. Dari sekitas 10 lokasi percepatan pembangunan destinasi pariwisata yang ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata, dalam kegiatan ini Kementerian PUPR akan fokus di tiga lokasi dulu untuk percontohan yakni di lokasi wisata Danau Toba, Tanjung Lesung, dan Bromo-Semeru-Tengger.

“Masing masing lokasi tersebut nantinya akan kami berikan stimulan dalam program BSPS sekitar 100 rumah dengan bantuan sekitar Rp15 juta per rumah,” katanya.

Sementara itu, Direktur Utama BTN Maryono mengatakan, BTN juga akan membiayai rumah-rumah penduduk yang dapat dijadikan sentra bisnis kepariwisataan di tiap destinasi.

“Ini merupakan salah satu bagian dari Program Sejuta Rumah, untuk melaksanakan program itu BTN memberikan fasilitas untuk membangun rumah di sepuluh destinasi wisata. Misalnya, di sekeliling destinasi itu ada rumah-rumah dan toko yang bisa menjual suvenir, restoran, dan lain sebagainya, itu yang kami biayai melalui KPR (kredit pemilikan rumah),” tuturnya.

Sebagaimana diketahui, Kementerian Pariwisata telah menetapkan kebijakan percepatan pembangunan 10 destinasi prioritas wisata yakni Danau Toba, Tanjung Kelayang, Tanjung Lesung, Kepulauan Seribu, Borobudur, Bromo-Tengger-Semeru, Mandalika, Labuan Bajo, Wakatobi, dan Morotai.

Anto Erawan
Penulis adalah editor Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke:antoerawan@rumah.com atau melalui Twitter: @AntoSeorang

Foto: Anto Erawan

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Metland Bangun Sekolah Pariwisata: Metland School

RumahCom – PT Metropolitan Land Tbk (Metland) melalui Yayasan Pendidikan Metland (YPM) mengembangkan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pariwisata Metland School dan pendidikan tinggi setingkat  diplo

Lanjutkan membacaJanuari 16, 2015

Sektor Pariwisata, Berkah Bagi Properti Lombok

RumahCom – Kemolekan alam Lombok membuat bayak pelancong kepincut untuk menyambangi pulau di Nusa Tenggara Barat ini. Kunjungan wisatawan ke Lombok pun terlihat terus meningkat. Sejak 2010 hingga

Lanjutkan membacaApril 29, 2015

Wisata Keluarga Murah Meriah, Intip 5 Perumahan Dekat Danau Ini

RumahCom – Danau buatan atau sering juga disebut waduk kerap difungsikan sebagai sarana rekreasi dan olahraga. Tidak sedikit orang yang rela berkendara jauh demi menjangkau waduk indah di sekitar pe

Lanjutkan membacaJanuari 22, 2016

Apa Syarat Dapat Bantuan Bedah Rumah dari Pemerintah?

RumahCom – Guna menyediaan hunian yang layak huni bagi masyarakat, pemerintah membesut Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau yang lebih dikenal sebagai Program Bedah Rumah. Lewat pr

Lanjutkan membacaFebruari 3, 2016

Bermodal Rp150 Juta, Bisa Investasi Homestay di 10 Objek Wisata

Kementerian Pariwisata bekerjasama dengan Bank Tabungan Negara (BTN) membangun homestay di 10 destinasi wisata di Indonesia. BTN akan menyalurkan sumber dana untuk pembiayaan homestay tersebut de

Lanjutkan membacaApril 29, 2016

Masukan