Langkah Cerdas Mengumpulkan DP Rumah

Anto ErawanApril 29, 2016

RumahCom – Punya rumah pastinya jadi hal penting bagi Anda. Senyaman-nyamannya rumah milik orangtua atau kontrakan, tentu akan lebih enak jika tinggal di rumah sendiri.

Rumah pun akan menjadi investasi Anda hingga tua. Minimal saat anak Anda dewasa, Anda bisa mewariskan rumah tersebut kepadanya.

Masalahnya, harga rumah terus melambung. Jika Anda ingin membelinya secara tunai, harus menabung hingga tua untuk mendapatnya. Agar lebih realistis, tak ada salahnya Anda mengumpulkan uang untuk DP (down payment) alias uang muka rumah dan membeli sisanya secara kredit. Simak cara berikut agar DP rumah segera terkumpul.

Tentukan Target

Jangan hanya mengatakan ‘kapan-kapan saya akan membeli rumah’. Buat targetnya! Misalnya, ‘tiga tahun lagi saya akan membeli rumah’.

Target ini untuk mengetahui berapa banyak DP yang harus dikumpulkan. Jangan lupa perkirakan kenaikan harganya setiap tahun. Caranya, dengan memeriksa harga pasarannya setiap tahun.

Contoh, tahun ini DP rumah yang Anda inginkan sekitar Rp150 juta. Tahun depan kemungkinan DP-nya akan naik minimal Rp15 juta. Berarti dalam tiga tahun Anda harus mengumpulkan Rp200 juta.

Investasikan Dana

Jangan puas hanya dengan menabung karena bunganya hanya 2% – 4% per tahun. Belum lagi dipotong biaya administrasi. Sementara inflasi tahunan adalah lebih besar dari bunga tabungan. Jika Anda memiliki tabungan berjumlah cukup besar, cobalah menginvestasikan dalam bentuk reksadana atau saham.

Beli Tanah

Belum sanggup membeli rumah, beli tanahnya saja dahulu. Pilih tanah yang lokasinya strategis. Jika memang belum ingin dibangun, gunakan tanah tersebut untuk berbisnis, misalnya digunakan sebagai tempat penitipan mobil atau digunakan untuk berkebun.

Jika dalam tiga tahun Anda belum juga dapat mendirikan bangunan, Anda bisa menjualnya. Harganya pasti akan lebih tinggi dan bisa menjadi modal utama mengumpulkan DP rumah.

Cari Penghasilan Tambahan

Mau tak mau Anda harus menamba pundi-pundi keuangan Anda. Salah satu caranya dengan melakukan pekerjaan tambahan yang Anda kuasai, misalnya fotografi, menjadi penulis lepas, atau penerjemah. Lakukan pekerjaan di akhir pekan atau setelah Anda pulang kantor. Menjadi reseller atau berjualan secara online juga seru untuk dicoba.

Manfaatkan Aset

Jika selama ini Anda menggunakan mobil pribadi, Anda bisa menjualnya dan membeli kendaraan lain yang lebih murah seperti motor. Hasil penjualan mobil dapat digunakan untuk menambah DP rumah.

Setelah membaca tips mengumpulkan DP rumah, simak juga tips teliti memilih DP rumah minim.

Rina Susanto
Foto: Pixabay

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Mau Dapat Bantuan Uang Muka Rumah, Ini Syaratnya!

RumahCom – Uang muka adalah elemen penting dalam menyukseskan Program Sejuta Rumah yang dibesut Pemerintah. Pasalnya, banyak orang yang bisa mencicil rumah, namun tak memiliki cukup uang untuk memba

Lanjutkan membacaOktober 8, 2015

6 Kebiasaan Ini Bikin Anda Susah Punya Rumah!

RumahCom - Melihat teman yang kini berhasil memiliki apartemen atau bahkan rumah yang nyaman dan modern, Anda hanya bisa menahan iri. Ujung-ujungnya Anda pun hanya menyalahkan minimnya gaji atau menga

Lanjutkan membacaApril 18, 2016

Mulai Cicil Rumah vs Tetap Mengontrak

RumahCom – Pasangan muda kerap dipusingkan dengan pilihan untuk membeli rumah atau mengontrak. Masing-masing pilihan punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dalam jangka pendek, mengontr

Lanjutkan membacaApril 26, 2016

Cara Lengkap Mengetahui Keaslian Sertifikat Tanah

RumahCom - Cara lengkap mengetahui keaslian sertifikat tanah ini tentunya penting bagi Anda yang hendak membeli rumah, baik untuk dihuni sendiri ataupun sekadar untuk dijadikan investasi. Manfaatkan

Lanjutkan membacaApril 28, 2016

Tips Rancang Hunian Sekaligus Tempat Kerja

RumahCom – Untuk menjadi seorang pengusaha sukses, seseorang harus dapat menerapkan beberapa hal esensial, seperti kebiasaan disiplin, kepercayaan diri, ambisius serta fleksibilitas. Namun selain

Lanjutkan membacaApril 29, 2016

Masukan