Kamar Mandi Aman untuk Lansia

Anto ErawanApril 29, 2016

RumahCom – Anda yang serumah dengan orangtua yang berusia lanjut tentu harus memikirkan kondisi ruangan rumah yang memadai bagi mereka. Pasalnya, kemampuan fisik mereka sudah jauh berkurang, begitu pula dengan koordinasi otaknya. Jangan heran jika mereka gampang tersesat atau jatuh.

Salah satu ruangan yang paling membutuhkan perhatian Anda adalah kamar mandi. Sering kita mendengar orang tua yang terjatuh di kamar mandi menderita sakit parah, seperti stroke hingga susah untuk sembuh kembali.

Agar hal ini tidak terjadi pada orangtua Anda, yuk cek kondisi kamar mandi.

Ada Pegangan

Berikan pegangan di beberapa tempat, seperti lokasi di dekat shower serta toilet. Gunanya agar mereka tetap dapat berdiri seimbang selama berada di kamar mandi yang berlantai licin.

Lihat Kondisi Lantai

Kamar mandi harus menggunakan lantai yang bermotif dan tekstur permukaannya agar kasar agar tidak licin saat tersiram air. Jika memang Anda tidak ingin mengganti lantai, tambahkan alas karet di bagian shower dan toilet. Bersihkan alat karet setiap minggu, karena membuat lantai menjadi semakin lembap dan berbau.

Duduk, Bukan Jongkok

Gunakan toilet duduk, bukan toilet jongkok. Otot-otot kaki orang tua tidak lagi sekuat otot kaki Anda. Mereka akan merasa sangat lelah jika harus berjongkok lama saat ingin menggunakan toilet. Lap dudukan toilet dan lantai di bawah toilet setiap kali selesai digunakan, untuk mencegah lembap dan menjadi licin.

Jangan Ada Level Lantai

Sebaiknya tidak perlu memberikan perbedaan tinggi lantai, misalnya lantai di bagian shower lebih rendah daripada lantai di bagian wastafel dan toilet. Samakan seluruh ketinggian permukaan lantai.

Penglihatan lansia sudah berkurang, sehingga tidak akan menyadari adanya perbedaan ketinggian ini. Hal ini tentu saja berisiko membuatnya terpeselet.

Gunakan Pembersih Lantai yang Tepat

Membersihkan lantai kamar mandi bukan dengan sabun colek, sabun cuci piring, atau cairan pel. Melainkan gunakan pembersih kamar mandi yang memang dikhususkan untuk kamar mandi—biasanya cairannya lebih kental dan berwarna putih. Cairan ini akan membuat lantai menjadi lebih kesat dan nyaman saat dipijak, sebaliknya cairan pembersih lainnya akan membuat lantai semakin licin.

Gunakan Shower

Dibandingkan mandi dengan bathub, akan lebih aman jika kamar mandi menggunakan shower saja tanpa ada bathtub di bawahnya. Permukaan bathtub cenderung licin, sehingga membuat orangtua mudah terpeleset saat berada di dalamnya.

Bukan Batu Alam

Lupakan keinginan Anda mengubah kamar mandi menjadi kamar mandi terbuka lengkap dengan batu alam. Jika ada salah satu batu yang tak sengaja terjatuh ke lantai, berisiko membuat orangtua Anda tersandung dan jatuh. Batu juga membuat lantai kamar mandi menjadi licin.

Rina Susanto
Foto: Moreability.co.uk

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

10 Negara Paling Tak Ramah bagi Lansia

RumahCom – Jika sebelumnya ada sepuluh negara yang paling bersahabat dengan masyarakat lanjut usia (lansia), ternyata ada pula sepuluh negara yang paling tidak bersahabat dengan lansia. Masih din

Lanjutkan membacaOktober 6, 2014

Cara Murah Meriah Mempercantik Kamar Mandi

RumahCom - Kamar mandi menjadi salah satu bagian paling pribadi di rumah. Kini, kamar mandi tak sekadar menjadi tempat membersihkan badan atau membuang hajat. Lebih dari itu, kamar mandi modern ker

Lanjutkan membacaMaret 2, 2016

Dilarang Lakukan 10 Hal Ini Saat Bersihkan Kamar Mandi!

RumahCom – Rasanya semua orang tahu, bahwa kebersihan merupakan sebagian dari iman. Maka dari itu, kegiatan bersih-bersih yang biasanya dimulai dari tubuh hingga tempat tinggal, menjadi aktivitas wa

Lanjutkan membacaMaret 24, 2016

Tips Manfaatkan Ruang di Atas Toilet

RumahCom - Dinding di atas toilet duduk biasanya dibiarkan kosong begitu saja. Padahal, ruang ini dapat kita manfaatkan dengan banyak cara. Selain bermanfaat untuk mengoptimalkan ruang-ruang sisa di k

Lanjutkan membacaApril 1, 2016

Panduan Memilih Keramik untuk Kamar Mandi

RumahCom – Saat merancang sebuah ruangan entah itu dapur, kamar tidur, atau kamar mandi, langkah yang harus dipikirkan tidak melulu soal bentuk dan tampilannya. Penggunaan material yang tepat jug

Lanjutkan membacaApril 15, 2016

Masukan