Nippon Paint Bantu Pembangunan 100 Rumah di Batam

Anto ErawanApril 29, 2016

RumahCom – Bekerjasama dengan Habitat for humanity Indonesia, Nippon Paint membantu pembangunan 100 rumah dan merenovasi gedung sekolah di Desa Kabil, Nongsa, Batam. Kegiatan ini merupakan program CSR (Corporate Social Responsibility) Nippon Paint: Colourful Dreams (Impian Warna-Warni).

Dalam acara tersebut, warga Kabil juga diberikan pelatihan mengecat dan konstruksi dasar. Pelatihan sehari penuh tersebut, diberikan oleh mitra bisnis kontraktor Nippon Paint, Tan Hong Kheng yang mengajarkan teknik memplester dan mengecat dinding. Dengan pelatihan ini, diharapkan kesempatan bekerja penduduk setempat bisa lebih terbuka.

Thomas Ng, Assistant General Manager Nippon Paint Indonesia menuturkan, program ini bertujuan untuk mewujudkan perumahan layak, sehingga keluarga di Kabil dapat tumbuh dan berkembang.

“Kami percaya hal ini dapat dilakukan melalui kombinasi peningkatan mutu infrastruktur dan program peningkatan keterampilan, yang pada akhirnya dapat menyediakan kesempatan kepada mereka untuk berkembang dan terbebas dari siklus kemiskinan,” katanya.

Selain konstruksi rumah baru, SDIT Mambaul ‘Ulum di Kabil juga diperbarui dengan pembangunan bangunan tambahan serta perbaikan fasilitas lain.

Habitat for Humanity adalah organisasi non-pemerintah yang bertujuan untuk membangun rumah yang terjangkau bagi masyarakat marginal, sebagai respon terhadap masalah perumahan miskin di seluruh dunia. Menurut Habitat for Humanity Indonesia, 13% penduduk Batam terpaksa tinggal di ‘ruli’ (permukiman ilegal semi permanen di sekitar area industri tempat mereka bekerja). Gaji rata-rata dari kelas pekerja di Batam sekitar Rp1 juta per bulan.

Desa Kabil dihuni 4.557 keluarga, dimana 40% hidup di bawah garis kemiskinan dan tinggal di ‘ruli’.

Menurut Hadrianus Edi Handoko, Manajer Habitat for Humanity Indonesia Cabang Batam, hal ini bukan hanya isu perumahan atau gaji minimum, namun sebuah lingkaran setan.

“Kami, Habitat for Humanity beserta Nippon Paint, berupaya untuk mengatasinya. Kami setuju bahwa pentingnya peningkatan keterampilan dan perubahan pola pikir berhubungan erat dalam mengatasi kesenjangan sosial, selain merelokasi pemukiman kumuh,” tuturnya.

Secara keseluruhan, Nippon Paint melibatkan seluruh masyarakat, mulai dari meningkatkan keterampilan warga desa dan guru, hingga mendidik generasi muda.

Lebih lanjut, Thomas Ng mengatakan, Colourful Dreams bertujuan mengubah masyarakat secara fisik dengan menciptakan lingkungan yang lebih aman dan kondusif serta memenuhi kebutuhan pengembangan diri anak-anak. Pada akhirnya akan membangun kepercayaan diri dan harga diri anak-anak yang kurang mampu.

Anto Erawan
Penulis adalah editor Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke:antoerawan@rumah.com atau melalui Twitter: @AntoSeorang

Foto: Dok. Nippon Paint

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Lima Penginapan Unik di Tanah Air

RumahCom – Hotel-hotel atau penginapan unik tak hanya terdapat di luar negeri saja, di dalam negeri pun banyak terdapat tempat penginapan unik yang dapat Anda kunjungi. Keunikan itu bisa datang dari

Lanjutkan membacaAgustus 6, 2014

Resor Batam Ini Incar Pesohor Dunia

RumahCom – Resor bertema film di Batam, The Scene, ditargetkan tak hanya akan menjadi sarana liburan bagi para penghuni dan wisatawan, tetapi juga para pesohor mancanegara. Pasalnya, proyek yang

Lanjutkan membacaNovember 17, 2014

CitraLand Megah Incar Konsumen High End di Batam

RumahCom – Menyasar segmen atas di pulau Batam, Ciputra Group mengembangkan CitraLand Megah Batam. Proyek mixed-use yang berada di Batam Center ini dibangun dengan konsep luxurious living yang mengi

Lanjutkan membacaMaret 23, 2015

Sinar Mas Land Perkenalkan Proyek Mixed Used di Batam

RumahCom – Membidik masyarakat Indonesia dan ekspariat yang berdomisili di Batam, Sinar Mas Land mengembangkan Nuvasa Bay. Proyek hunian dan mixed used bertaraf internasional ini dikembangkan di ata

Lanjutkan membacaDesember 14, 2015

Nippon Paint Luncurkan Tren Warna Terbaru

RumahCom – Memasuki 2016, produsen cat asal Jepang, Nippon Paint kembali meluncurkan “Trend Beyond Colours”. Warna-warna tersebut terinsiprasi budaya Asia ini diharapkan bakal menjadi tren warna

Lanjutkan membacaJanuari 19, 2016

Masukan