Mengetahui 4 Kelebihan Paving Block

Fathia Azkia5 Mei 2016

RumahCom – Anda yang tinggal di kawasan perkotaan tentu tidak asing dengan material paving block. Bahan bangunan yang terbuat dari bahan dasar pasir dan semen yang diaduk lalu dicetak dengan variasi bentuk ini, mudah dijumpai pada trotoar jalan, komplek perumahan, halaman perkantoran hingga sekolah.

Paving block atau blok beton terkunci menurut SII.0819-88 adalah suatu komposisi bahan bangunan, yang terbuat dari campuran semen portland atau bahan perekat hidrolis lainnya, air dan agregat dengan atau tanpa bahan tambahan lainnya, yang tidak mengurangi mutu beton tersebut.

Sedangkan menurut SK SNI T-04-1990-F, paving block adalah segmen-segmen kecil yang terbuat dari beton dengan bentuk segi empat atau segi banyak yang dipasang sedemikian rupa, sehingga saling mengunci (Dudung Kumara, 1992; Akmaluddin dkk, 1998).

Fungsi utama paving block adalah untuk menutup permukaan tanah. Sementara yang bercorak warna-warni memiliki fungsi tambahan yakni sebagai nilai estetika suatu area.

Dilansir dari beberapa sumber, inilah kelebihan lain dari paving block yang perlu Anda ketahui.

Harga murah

Harga pasaran paving block relatif murah tergantung dari tipe dan modelnya. Seperti contohnya paving grass block warna abu ukuran 20cm x 40cm x 8cm (LxPxT) yang dijual seharga Rp107.500 per meter persegi. Sedangkan paving conblock dipasarkan mulai Rp104 ribu hingga Rp193 ribu.

Paving grass block memiliki bagian berlubang di tengahnya sehingga bisa digunakan untuk menumbuhkan rumput.

paving block

Contoh penggunaan paving grassblock dan paving block di perumahan Arkamaya Residence. Paving grassblock bisa menghadirkan suasana yang lebih hijau.

Perawatan mudah

Dibanding jenis penutup dan pengerasan tanah lainnya, paving block juga sangat mudah perawatannya. Saat kondisinya kotor karena tanah atau noda lainnya, Anda hanya perlu menyikatnya dengan sabun colek dan air bersih.

Namun, jika sudah terlanjur berlumut, Anda dapat membersihkannya dengan cara menyemprotkan cairan fungisida. Atau bisa juga membasahinya dengan taburan semen bubuk.

Tapi, bila ingin menghemat biaya, cukup dengan menggunakan kapur bangunan, lalu tebarkan di atas paving block yang sudah dibasahi air. Lakukan cara ini disaat matahari terik.

Berdaya serap baik

Meski kelihatannya pemasangan paving block dibuat terkunci, akan tetapi pelapis tanah ini memiliki daya serap air yang baik. Tak ayal keseimbangan air tanah tetap terjaga sehingga mampu menopang beban diatasnya.

Kelebihan lain yang bisa Anda dapatkan bila menggunakan paving block sebagai material carport yakni menjamin ketersediaan air tanah bersih, agar bisa dibor atau dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari.

Selain itu karena bobotnya lebih ringan dibanding beton atau aspal, maka paving block dapat menjadi satu penopang utama agar pondasi bangunan khususnya rumah tetap stabil.

Mudah diganti

Tidak ada bahan bangunan yang bisa bertahan sempurna lebih dari lima tahun, begitupun dengan paving block. Saat terjadi kerusakan atau cacat berat, material bangunan ini sangat mudah untuk diganti.

Anda bisa melakukannya sendiri dengan mengangkat bagian yang rusak, lalu ganti dengan yang baru.

Oleh karena itu, saat memutuskan menggunakan bahan bangunan ini sebagai lantai teras, sebaiknya simpan dua atau tiga paving block sebagai cadangan.

Foto: diynetwork.com

Fathia Azkia
Penulis adalah content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: Fathiaazkia@rumah.com atau melalui Twitter: @fathianyaaa

masterblock168@gmail.com
Oct 20, 2016
Article yang bagus, dapat menambah wawasan pembaca.. Jika pembaca sedang mencari paving block / conblock atau grass block berkualitas bisa cek disini
KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Daftar Harga Material Bangunan April 2016

RumahCom – Memasuki April 2016, sejumlah material bangunan mengalami perubahan harga, seperti pipa PVC, besi beton, kayu kaso dan balok, serta asbes. Harga besi beton kembali turun berkisar Rp5.0

Lanjutkan membaca15 Apr 2016

Masukan