Membuat Rumah Nyaman dan Aman bagi Lansia

Anto ErawanMei 4, 2016

RumahCom – Bagi orang tua yang sudah lanjut usia (lansia), aktivitas simpel sehari-hari bisa jadi sangat susah dan tidak nyaman. Hal ini karena keterbatasan fisik akibat usia lanjut tidak lagi memungkinkan mereka bergerak dengan leluasa.

Namun dengan melakukan beberapa modifikasi sederhana pada bagian-bagian tertentu di rumah, Anda bisa membuat orang tua menjalani keseharian mereka dengan lebih aman dan nyaman.

Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan dalam perancangan rumah sesuai dengan desain universal. Yang dimaksud desain universal adalah penataan interior yang memungkinkan semua orang—termasuk yang memiliki keterbatasan fisik—dapat mengakses fasilitas-fasilitas yang ada di dalam rumah.

Dengan mengikuti desain ini, para lansia pun dapat dengan lebih mudah menjalani berbagai aktivitas.

Mudah Dipegang

01 Gagang pintu (houzz.com)

Anda mungkin jarang memberikan perhatian pada bagian-bagian kecil dari rumah, seperti gagang pintu. Padahal bagian kecil ini bisa jadi menyulitkan bagi orang tua karena kekuatan genggaman tangan mereka yang sudah melemah. Apalagi bagi para lansia yang menderita artritis. Gagang pintu berbentuk tuas adalah pilihan yang terbaik untuk mereka.

Demikian pula keran air. Keran dengan pembuka berbentuk tuas akan lebih memudahkan ketimbang yang berbentuk bulat.

Lantai Nyaman dan Aman

02 Lantai anti-selip (porcelanosa.com)

Lantai sebaiknya menggunakan material yang kesat dan tidak licin untuk mencegah lansia terpeleset dan terjatuh. Terlebih untuk kamar mandi. Keramik yang licin akan amat berbahaya dan bisa mengakibatkan kecelakaan fatal.

Selain itu, minimalkan pembatas-pembatas ruangan yang dapat menyebabkan lansia tersandung. Rumah dengan level lantai yang sama di seluruh ruangan tentu akan sangat membantu bagi para orang tua.

Tangga yang Aman

Wood staircase with Wood railing at home

Jika rumah Anda memiliki lebih dari satu lantai, jangan lupa untuk memberikan perhatian ekstra pada bagian tangga. Untuk memudahkan orang tua yang lanjut usia, ada baiknya tangga rumah memiliki pegangan di kedua sisinya. Kalaupun tidak bisa di kedua sisi, paling tidak pegangan ini tidak boleh tidak ada.

Selain handrail, tangga rumah juga harus dilengkapi dengan pencahayaan yang baik. Pastikan cahaya dari ujung ke ujung mencukupi. Akan lebih baik pula jika tepian anak tangga dibuat terlihat jelas sehingga memudahkan orang tua mengambil langkah. Misalnya, dengan memberikan garis aksen pada bagian tepi masing-masing anak tangga ini.

Pencahayaan yang Cukup

04 Pencahayaan cukup (decoist.com)

Tidak hanya bagian tangga, semua ruangan di dalam rumah sebaiknya juga memiliki pencahayaan yang mencukupi. Dengan begini, para penghuni rumah akan terhindar dari terbentur ataupun terjatuh. Jangan lupa pula untuk memberikan pencahayaan pada koridor.

Kamar Mandi yang Baik

05 Kamar mandi aman (leistershomecare.ca)

Kamar mandi boleh jadi tempat yang paling “berbahaya” bagi para lansia. Kendati lantai sudah dilapisi dengan material bertekstur yang mengurangi licin, kemungkinan untuk terpeleset dan terjatuh tetap besar. Oleh karena itu, ada baiknya memasang pegangan, terutama di dekat kloset, pancuran, dan bak berendam (bath tub).

Astrid Septriana

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Inilah Negara-negara Paling Nyaman bagi Lansia

RumahCom – Hidup berkecukupan di masa senja adalah impian setiap orang. Tetapi tidak semua negara mampu membahagiakan atau bahkan mencukupi kebutuhan warga negara yang lanjut usia. Baru-baru ini

Lanjutkan membacaOktober 4, 2013

Jababeka Resmikan Kawasan Hunian Khusus Lansia

RumahCom – Pengembang properti PT Jababeka, Tbk mengumumkan peresmian Senior Living @ D’Khayangan, Kota Jababeka, Cikarang, sebuah kawasan hunian khusus bagi para lansia. Mulai dibangun pada Fe

Lanjutkan membacaSeptember 23, 2014

Negara-negara Paling Ramah bagi Para Lansia

RumahCom – Menjadi tua adalah proses alami yang harus dilewati senyaman mungkin. Bahkan, ada sebagian orang yang memiliki mimpi untuk tinggal di kota—bahkan negara—tertentu untuk menghabiskan ma

Lanjutkan membacaOktober 2, 2014

10 Negara Paling Tak Ramah bagi Lansia

RumahCom – Jika sebelumnya ada sepuluh negara yang paling bersahabat dengan masyarakat lanjut usia (lansia), ternyata ada pula sepuluh negara yang paling tidak bersahabat dengan lansia. Masih din

Lanjutkan membacaOktober 6, 2014

Kamar Mandi Aman untuk Lansia

RumahCom - Anda yang serumah dengan orangtua yang berusia lanjut tentu harus memikirkan kondisi ruangan rumah yang memadai bagi mereka. Pasalnya, kemampuan fisik mereka sudah jauh berkurang, begitu pu

Lanjutkan membacaApril 29, 2016

Masukan