Tips Merancang Pencahayaan Taman

Isnaini KhoirunisaMei 9, 2016

RumahCom – Untuk membuat taman terlihat indah di malam hari, tentu Anda akan membutuhkan pencahayaan tambahan berupa lampu taman. Sorot lampu yang mengarah ke batang pohon atau kolam ikan akan memberi sentuhan estetika pada taman Anda.

Tidak hanya itu, taman yang dilengkapi dengan pencahayaan yang cerah mampu memberi keamanan dan petunjuk arah untuk pekarangan yang luas.

Umumnya pencahayaan yang dirancang dari awal pembangunan rumah akan menyatu dengan pencahayaan fasad bangunan dan teras rumah.

Namun, jika rumah Anda belum dilengkapi dengan lampu taman, Anda bisa merancang dan memasangnya sendiri. Simak beberapa tips berikut ini sebelum memasang lampu di taman Anda.

Tentukan Titik Pemasangan

Untuk mengetahui titik mana yang tepat untuk meletakkan lampu taman, coba berkeliling taman dan perhatikan bagian yang ingin disorot oleh lampu.

Tidak ada salahnya membuat sketsa atau foto taman Anda untuk mendapatkan ilustrasi yang lebih jelas.

Misalnya ingin menerangi pohon-pohon yang tinggi dengan lampu sorot, maka arahkan lampu tersebut di sekitar bawah pohon yang mengarah ke atas.

Sementara itu jika ingin memantulkan cahaya kemilau air kolam, Anda bisa meletakkan lampu yang ditanam di area kolam ikan atau kolam renang.

120

Contoh teknik pencahayaan Uplight atau dari bawah ke atas

Perhatikan Teknik Pencahayaan

Setelah menemukan titik pemasangan yang pas, ada beberapa teknik yang bisa memandu Anda mengarahkan lampu ke objek untuk menghadirkan efek lebih dramatis.

  • Spot Lighting: yaitu dengan menyorot bagian yang ingin ditonjolkan. Caranya dengan meletakkan lampu yang cahanya terfokus (menyorot) dari atas atau arah depan objek.
  • Kedua, yaitu teknik up lighting atau menempatkan lampu yang di sorot ke atas. Biasanya fokus yang diterangi dalam teknik ini ialah benda yang bentuknya memanjang.
  • Untuk memberi kesan dramatis, teknik silhouetting atau menampilkan siluet juga dapat diaplikasikan dengan menempatkan lampu sorot di belakang pohon.
  • Ada juga teknik moon lighting yaitu menyorot pohon dari atas ke bawah, namun menggunakan sorot lampu yang lebih menyebar, seperti sinar bulan.
    Bayangan pohon dan cabangnya akan terefleksi pada bidang datar di bawah yang memberi kesan romantis.
  • Terakhir teknik shadow lighting, digunakan untuk menguatkan kesan berbayang pada pepohonan. Caranya dengan menempatkan lampu dari arah samping objek pohon atau tanaman.
lamp2

Teknik pencahayaan spot lighting yang menyorot pas ke depan pepohonan

Pilih Lampu Hemat Energi

Pemilihan lampu LED yang hemat energi merupakan pilihan yang tepat untuk rumah dan minimalis. Lampu ini dapat dilengkapi dengan sistem sensor siang dan malam, atau menggunakan sistem dimmer. Lampu LED dengan sistem tenaga surya yang kini banyak dijual bebas di pasaran. Cara kerjanya adalah dengan menyerap cahaya matahari di siang hari untuk menjadi cadangan energi di malam hari.

Harganya juga relatif terjangkau, mulai dari Rp75.000 per satu lampu. Meski tahan lama, mudah dipasang dan dipindahkan, lampu ini juga memiliki beberapa kekurangan. Antara lain tidak memiliki sorot cahaya seterang lampu listrik, selain itu modelnya juga relatif seragam di pasaran.

lamp4

Contoh teknik pencahayaan moon lighting atau dari atas ke bawah

Sesuaikan dengan Konsep Taman

Ada beberapa model lampu taman yang tentunya disesuaikan dengan konsep taman yang telah Anda buat.

Untuk taman yang membutuhkan asupan cahaya lebih banyak, lampu taman jenis halogen mampu memberikan kesan dramatis dan memunculkan warna asli dari objek yang dikenai cahaya untuk taman Anda.

Namun, hindari memilih lampu dengan cahaya putih seperti neon, karena warna asli dari objek terlihat tidak jelas, bahkan objek akan terlihat lebih pucat. Selain jenis lampu halogen, Anda juga bisa memilih jenis lampu spotlight.

Lampu ini memiliki kualitas pencahayaan yang cukup baik, sehingga pas diletakkan pada taman tropis yang luas.

Anda bisa mengarahkan lampu ini ke arah tanaman yang memiliki bentuk menarik. Letakkan lampu mendekati objek sehingga akan terlihat kontras di bagian yang langsung dikenai cahaya dan bayangan yang gelap dari daun dan batang yang ada di belakangnya.

lamp6

Teknik pencahayaan shadow lighting yang terfokus pada objek patung yang ingin ditonjolkan

Perawatan yang Baik

Sebagus atau semahal apapun lampu dan penataan yang Anda pilih, tetap saja butuh perawatan yang berkala.

Karena terletak di luar ruangan, lampu taman relatif lebih cepat kusam. Untuk itu bersihkan bola lampu dari debu dan kotoran dengan teratur.

Selain itu pangkas pohon atau semak yang sudah mulai menutupi lampu. Agar lebih tahan lama, Anda juga bisa memasang rumah lampu dengan grill  pada lampu yang diletakkan di bawah.

Isnaini Khoirunisa
Penulis adalah content writer Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: isnainikhoirunisa@rumah.com atau melalui Twitter: @isnaainaa

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Empat Hal Ini Bikin Lampu Cepat Rusak

RumahCom – Lampu hemat energi belakangan banyak dipilih dibanding lampu pijar yang telah dilarang penggunaannya di beberapa negara di dunia. Namun, lampu jenis ini pun sering dinilai kurang awet. Pa

Lanjutkan membacaOktober 15, 2014

Membuat Lampu Cantik dengan Stoples Bekas

RumahCom – Jika Anda memiliki stoples kaca bekas, jangan buru-buru dibuang. Anda dapat berkreasi membuat aneka hiasan untuk mempercantik rumah. Salah satunya membuat lampu cantik ini. Membuat

Lanjutkan membacaDesember 17, 2014

Mengenal Jenis Rumput Untuk Taman Rumah

RumahCom – Sebagai salah satu bagian penting dari estetika hunian, taman kerap menghiasi tampilan depan rumah Anda. Rata-rata rumah dengan tipe 36/72 memiliki tanah sisa sekitar 300cm × 300cm. Luas

Lanjutkan membacaMaret 2, 2016

Yuk, Membuat Taman Air Menawan di Halaman Rumah

RumahCom - Taman air dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang menginginkan pesona “lansekap pribadi” di rumah. Taman air pada dasarnya hampir sama dengan taman biasa. Yang membedakannya

Lanjutkan membacaApril 6, 2016

Masukan