Inspirasi Bikin Taman Dalam Ruangan

Isnaini KhoirunisaMei 20, 2016

RumahCom – Banyak cara kreatif untuk membuat hunian Anda menjadi lebih hijau dan asri. Sebagian orang masih berpikir untuk mencari ruang sisa di luar rumah untuk dirancang sebagai taman mini. Padahal sebenarnya Anda juga bisa lho merawat tanaman di dalam rumah.

Kekhawatiran yang muncul saat memelihara tanaman di dalam rumah adalah kurangnya asupan matahari sehingga tanaman cepat layu. Padahal, ada juga tanaman yang hanya membutuhkan asupan sinar matahari rendah.

Untuk mengetahui jenis-jenisnya, silakan baca artikel tanaman yang tahan lama dirawat di dalam ruangan. Sementara itu, masalah ruang bisa Anda atasi dengan mengadopsi beberapa cara kreatif di bawah ini. Sederhana tapi memukau!

1. Gantung di Kawat Jala

Untuk membuat media gantung yang mudah dan murah, Anda bisa pilih kawat jala yang tersedia di toko material terdekat. Pilih kawat dengan ketebalan yang cukup kuat untuk digantungi beberapa pot tanaman.

Sangat mudah mengaitkan pot Anda ke kawat ini, Anda bisa sandarkan pada dinding atau bahkan berfungsi sebagai sekat ruangan!

indoorgarden-horz1

Untuk membuat taman vertikal seperti di atas, simak langkah tutorialnya melalui video di bawah ini

2. Gantung di Rak Pakaian

Pernahkah terpikir untuk mengubah rak pakaian yang membosankan terlihat ceria dengan tanaman hijau? Kini tak perlu repot-repot membuat media gantung karena rak pakaian Anda kini bisa multifungsi sebagai area taman vertikal.

Tempatkan di dekat dapur ketika untuk memudahkan penyiraman, atau dekat jendela di ruang tamu Anda untuk menampilkan sukulen dan tanaman berdaun hijau favorit Anda. Tips: gantung tanaman pada ketinggian yang berbeda untuk menambah tampilan artistik.
indoorgarden1-horz5

Untuk membuat taman vertikal seperti di atas, simak langkah tutorialnya melalui link berikut ini

3. Taman Gantung Vertikal

Taman gantung yang satu ini tidak kalah unik untuk Anda adopsi sebagai penghias ruangan. Cukup siapkan beberapa material seperti papan kayu, pot tanah liat dan tali goni sebagai bahan-bahan utama.

Kemudian buat simpul yang menjadi pembatas setiap baris tanaman yang saling terkait hingga siap digantung.

indoorgarden4-horz2

Untuk membuat taman vertikal seperti di atas, simak langkah tutorialnya melalui video di bawah ini:

4. Troli Tanaman

Jika Anda enggan menggantung tanaman, mengapa tidak diletakkan saja di meja? Akan tetapi untuk membuatnya lebih mudah dipindahkan, pilih meja troli atau yang memiliki roda di bawahnya.

Troli tanaman ini akan membuat sudut ruangan terlihat lebih segar dan cantik. Anda bahkan bisa menambahkan beberapa benda lain untuk semakin mempermanis dekorasi.indoorgarden10-horz4

5. Gantung pada Kayu

Kayu menjadi elemen yang sangat erat dengan nuansa alam. Untuk itu material yang satu ini sangat pas dimanfaatkan sebagai media gantung tanaman. Dengan membuat taman vertikal yang bersandar pada dinding, Anda bisa menggantungkan ragam tanaman hijau favorit Anda.
indoorgarden7-horz3

Untuk membuat taman vertikal seperti di atas, simak langkah tutorialnya melalui link berikut ini

Isnaini Khoirunisa
Penulis adalah content writer Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: isnainikhoirunisa@rumah.com atau melalui Twitter: @isnaainaa

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Taman Rumah nan Cantik Bagi Anda yang Sibuk

RumahCom – Hadirnya sentuhan alam dari sebuah taman maupun bunga segar di rumah tanpa perawatan yang merepotkan sangat mungkin untuk didapatkan. Jika jeli, sebuah taman cantik dan rumah yang sehat p

Lanjutkan membacaMei 23, 2014

Membuat Taman Vertikal di Rumah, Mudah Kok!

RumahCom - Ingin memiliki taman di rumah, tetapi tidak memiliki lahan yang luas? Anda bisa membuat taman vertikal (vertical garden). Taman vertikal adalah konsep taman tegak, yaitu tanaman dan elem

Lanjutkan membacaFebruari 18, 2016

Mengenal Jenis Rumput Untuk Taman Rumah

RumahCom – Sebagai salah satu bagian penting dari estetika hunian, taman kerap menghiasi tampilan depan rumah Anda. Rata-rata rumah dengan tipe 36/72 memiliki tanah sisa sekitar 300cm × 300cm. Luas

Lanjutkan membacaMaret 2, 2016

Masukan