Sebelum Sewa Ruko, Cermati 7 Hal Berikut

Fathia Azkia24 Mei 2016

RumahCom – Ruko menjadi solusi bagi Anda yang ingin mulai mengembangkan bisnis namun anggaran terbentur antara membeli hunian atau membeli space untuk bisnis.

Ruko biasanya terdiri dari dua hingga empat lantai, adapula yang mencapai tiga hingga empat lantai. Kelebihannya, Anda bisa menggunakan bangunan ini sebagai hunian sekaligus toko. Kekurangannya, sebagai hunian, tampilannya tak semenarik rumah.

Ada baiknya saat hendak menyewa ruko, Anda tidak terpaut dengan satu opsi saja. Penting untuk membuat sejumlah daftar pilihan yang bisa Anda temukan di berbagai situs online properti, maupun selebaran brosur atau flyer.

Tidak hanya itu, beberapa aspek di bawah ini juga perlu diperhatikan saat Anda memutuskan untuk menyewa sebuah ruko. Apa saja?

  1. Legalitas

Sangat disarankan untuk mengecek status sertifikat ruko, apakah masih sebatas HGB (Hak Guna Bangunan) atau sudah SHM (Sertifikat Hak Milik).

Jika masih HGB perhatikan masa berlakunya. Jangan lupa memastikan bangunan ruko sudah memiliki IMB (Izin Mendirikan Bangunan) dan boleh dipergunakan sebagai ruang usaha.

Jika pemilik ruko berbelit-belit saat dimintai penjelasan mengenai hal ini, sebaiknya Anda urungkan niat Anda untuk menyewa.

  1. Lokasi

Sebelum membidik lokasi, pertimbangan pertama yang harus direncanakan adalah jenis usaha yang akan Anda geluti. Bila kuliner, lokasi yang paling pas adalah di sekitar gedung perkantoran, sekolah, atau perumahan.

Sementara jika bidang usaha otomotif atau toko bahan sembako, Anda bisa mencari ruko yang berada di tepi jalan raya atau jalan utama. Dan apabila tujuan ruko ditempati untuk kantor, maka sebaiknya menyasar lokasi dengan akses yang mudah.

  1. Kondisi ruko

Menyewa ruko yang masih dalam kondisi baru memiliki keuntungan tersendiri, yakni kondisi interior maupun eksteriornya masih bagus dan tidak memerlukan renovasi.

Akan tetapi jika sasarannya adalah ruko seken atau pernah dipakai sebelumnya, maka Anda harus jeli memerhatikan keseluruhan ruang di dalamnya. Cek kondisi lantai kamar mandi, atap, dinding, maupun jendela.

Jangan sampai ada kerusakan yang terabaikan, sehingga mau tidak mau Anda harus mengeluarkan bujet lagi untuk merenovasinya.

  1. Harga

Saat legalitas sudah aman, lokasi sudah sreg, dan kondisi bangunannya baik, maka pertimbangan selanjutnya adalah harga.

Tentu ini merupakan aspek yang cukup sensitif bagi sebagian orang, sehingga sebaiknya lakukan riset pasar sebelum memutuskan untuk menyewa sebuah ruko. Pastikan harga sewa yang dipatok sudah merupakan harga pasaran di lokasi tersebut.

  1. Keamanan

Anda bisa melakukan survei khusus guna meyakinkan bahwa lokasi ruko tersebut aman dari tindak kejahatan. Tak hanya itu, rawan dari bencana alam seperti banjir dan kebakaran juga perlu diperhatikan.

  1. Fasilitas

Fasilitas merupakan aspek penting lain yang harus dicermati dari sebuah ruko. Cakupannya meliputi area parkir, kapasitas daya listrik, air, dapur, dan lain sebagainya.

Bahkan ada beberapa ruko yang telah dilengkapi perabot (full furnished). Harganya mungkin lebih tinggi, tetapi Anda tak perlu lagi membeli perabot baru dan menatanya di dalam ruangan. Ini bisa menjadi salah satu pertimbangan Anda, apakah memerlukan yang berperabot atau tidak.

  1. Lama menyewa

Terakhir, tanya dengan rinci minimal jangka waktu sewa dan tanggal pembayarannya. Rata-rata pemilik menginginkan pembayaran di muka untuk dua tahun pertama.

Jika Anda merasa kurang yakin dengan potensi ruko tersebut, usahakan mencari yang boleh dibayar selama 3 atau 6 bulan sekali. Jadi bila selama usaha berjalan belum mengalami perkembangan signifikan, Anda bisa mencari ruko di lokasi lain yang lebih mumpuni.

Foto: Ruko D’java by Jababeka

Fathia Azkia
Penulis adalah content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: Fathiaazkia@rumah.com atau melalui Twitter: @fathianyaaa

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Solusi Alternatif Agar Ruko Cepat Laku Disewa!

RumahCom - Di beberapa wilayah sering kali kita menjumpai ruko atau rumah toko yang tidak di tempati. Seperti tidak ada penghuninya. Seperti tidak dimiliki. Padahal sudah ada pemiliknya. Hanya saja ti

Lanjutkan membaca28 Sep 2015

Prospek Ruko di Tahun 2016

RumahCom – Lesunya perekonomian nasional di tahun 2015, cukup memberi imbas menyakitkan bagi pelaku bisnis properti yang bergerak di bidang ruko (rumah toko). Hal lain yang menjadi penyebab loyonya

Lanjutkan membaca28 Des 2015

Ruko Strategis, Harga di Bawah Rp1 Miliar

RumahCom – Modal berinvestasi properti tak hanya berupa rumah tapak, apartemen, atau tanah kavling saja. Ruko atau rumah toko juga bisa menjadi salah satu alternatif, karena dinilai mampu mendatangk

Lanjutkan membaca22 Apr 2016

Masukan