Cara Memutihkan Bantal yang Mulai Menguning

Anto ErawanMei 25, 2016

RumahCom – Bantal putih bisa berubah warna menjadi kuning seiring waktu. Salah satu penyebabnya adalah terpapar keringat. Pasalnya, meskipun tidur, tubuh tetap berkeringat karena menyesuaikan dengan suhu ruang sehingga tetap nyaman. Beberapa bahan bantal menyerap keringat tersebut yang ketika kering akan menjadi noda berwarna kuning.

Meskipun Anda menggunakan sarung bantal, noda kuning yang disebabkan oleh keringat tetap dapat terjadi. Sebelumnya, mungkin Anda hanya akan membuang bantal-bantal tersebut dan menggantinya dengan yang baru, walaupun sebenarnya hal ini sangat disayangkan menggingat bantal-bantal tersebut masih cukup nyaman digunakan.

Anda sebenarnya tak perlu membuang bantal tesebut, karena ada cara untuk mencuci dan membuat bantal menjadi putih kembali.

Siapkan bahan-bahan pembersih sebagai berikut:

  • Air Panas
  • 1 cangkir deterjen
  • 1 cangkir pemutih pakaian
  • ½ cangkir boraks


Cara Mencuci:

1. Sebelum memulai, cek ulang label di bantal apakah dapat dicuci di mesin cuci, apakah berbahaya jika menggunakan pemutih? Jika pemutih pakaian tidak disarankan untuk bantal tersebut, ganti dengan perasan lemon dan baking soda.

2. Buka sarung bantal, dan kain penutup bantal lainnya.

3. Isi mesin cuci dengan air panas hingga 1/3 tabung.

4. Masukkan campuran bahan pembersih dan mulai nyalakan mesin. Biarkan beberapa saat agar tercampur dengan air panas.

TipsMemutihkanBantal-MesinCuci

5. Setelah bahan pembersih tercampur rata, masukkan bantal-bantal tersebut. Maksimalkan dua bantal dalam satu waktu pencucian agar mesin cuci tidak terlalu berat memutarnya.

6. Putar bantal tersebut dalam beberapa menit, dan juga balik-balikkan bantal agar bahan pembersih dapat mengenai semua bagian bantal.

7. Ulang proses pencucian sebanyak dua kali untuk hasil yang maksimal

Mengeringkan bantal:

  • Untuk bantal berbahan bulu Anda bisa menjemurnya di udara luar, jika bantal berbahan sintetis Anda bisa mengeringkannya di mesin cuci.
  • Tips mengeringkan bantal di mesin cuci: tambahkan beberapa bola tenis yang sudah ditutupi oleh kaos kaki bersih agar bentuk bantal tidak berubah. Setelah dikeringkan di mesin cuci tetap di jemur di bawah sinar matahari untuk hasil yang maksimal.

TipsMemutihkanBantal-BolaTenis

Anda juga dapat menggosok noda kuning di bantal dengan cara manual menggunakan baking soda dan cuka. Campurkan kedua bahan hingga berbentuk pasta, gosokkan di bagian noda dan cuci bersih seperti biasa.

Ada cara lain untuk menghilangkan bakteri dan kotoran lain yang menempel di bantal. Rendam bantal di dalam air panas, tambahkan potongan buah lemon dan juga beberapa bubuk baking soda, biarkan beberapa menit. Kemudian cuci dengan tangan atau di dalam mesin cuci. Tambahkan deterjen dan juga baking soda dalam proses pencucian.

Mita Agustina

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Tips Terbaru Mencuci Spring Bed dan Kasur

RumahCom - Kasur sangat mempengaruhi kualitas tidur. Jika dibiarkan kotor dan bau maka bisa menggagu istirahat bahkan menimbulkan alergi. Apalagi jika Anda masih memiliki anak kecil yang kerap mengomp

Lanjutkan membacaNovember 30, 2015

Cara Tepat dan Praktis Mencuci Bantal

RumahCom - Untuk menjaga kondisi bantal tetap bersih dan baik, sering kali Anda hanya menjemurnya di bawah sinar matahari. Atau jika dirasa sedikit kotor, menggebuk-gebuknya untuk menghilangkan debu d

Lanjutkan membacaApril 4, 2016

5 Tips Pintar Menata Kamar Tidur Sempit

RumahCom – Apakah Anda memiliki kamar tidur yang berukuran kecil hingga kesulitan menata interiornya? Padahal, ada orang yang bisa memanfaatkan kamar tidur sebagai tempat bekerja, bahkan perpustak

Lanjutkan membacaApril 20, 2016

Lima Alasan Wajib Mengganti Kasur

RumahCom – Idealnya, kasur digunakan maksimal 8 - 10 tahun. Tapi, pasti ada saja yang menggunakan kasur hingga lebih dari itu. Pasalnya, harga kasur tidak murah, dan mungkin bagi Anda selama kasu

Lanjutkan membacaMei 2, 2016

Sulit Tidur, Saatnya Dekor Ulang Kamar Anda!

RumahCom - Manusia dianjurkan untuk tidur delapan jam per hari. Namun karena kesibukan, biasanya sulit mendapatkan waktu bahkan kualitas tidur yang baik. Jika Anda sudah mencoba mandi air hangat, m

Lanjutkan membacaMei 9, 2016

Masukan